Latest Posts

Cara Oprek Mesin Motor yang Aman & Tidak Jebo

Mesin adalah inti dari kendaraan, baik itu untuk mobil atau pun motor. Komponen tersebut mempunyai peranan yang sangat vital bagi seluruh kendaraan.

Dikarenakan komponen mesin mempunyai peran penting pada seluruh kendaraan, banyak orang-orang yang sering melakukan perubahan (modifikasi) terhadap mesin tersebut, padahal merubah mesin (oprek) bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan mesin motor (walaupun performa pada mesin akan bertambah).

Ya memang benar, tapi perlu diketahui bahwa tidak semua mesin yang di bore-up akan berbahaya terhadap mesin. Serius? Lantas bagaimana caranya? Dari pada basa-basi, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini tentang Cara Oprek Mesin Motor yang aman.

Pengertian Oprek Mesin

Oprek mesin adalah mesin dimodifikasi dengan cara mengolter terhdapa blok silinder, yang mana dilakukan bagian ini bertujuan untuk memperlebar ukuran diameter silinder yang membuat kapasitas mesin akan jauh lebih besar.

Kenapa kapasitas mesin diperbesar, dan apa alasan dari tujuan tersebut? Tak lain, yaitu menambah kecepatan mesin sepeda motor.

Lah kok bisa? Tentu saja bisa, karena mesin yang sudah diperbesar kapasitas nya akan mengkonsumsi BBM lebih banyak (boros). Hal itu bisa membuat tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan terasa lebih besar, sehingga kecepatan pada motor pun akan bertambah.

Itulah alasan kenapa orang yang gemar dengan dunia racing atau modifikasi sering melakukan perubahan pada bagian mesin, maka jangan heran apabila kamu mempunyai seorang teman yang hobinya ngoprek motor. Hehe.

Gimana Cara Oprek Mesin Motor yang Aman?

Melakukan bore-up terhadap mesin motor sebenarnya cukup berbahaya, kenapa? Karena ketahanan mesin pun akan semakin berkurang, dan bisa mengakibatkan mesin motor menjadi jebol.

Lalu apakah ada cara oprek mesin motor yang aman agar tidak mudah jebol? Tentu saja ada, nah sebelum kamu memutuskan untuk melakukan modifikasi terhadap mesin motor, alangkah baiknya ketahui ulasan yang sudah tertulis di bawah ini.

1. Perhitungkan Rasio pada Kompresi Mesin

Cara oprek mesin motor yang paling aman dan ampuh ialah, memperhatikan hitungan rasio terhadap kompresi mesin.

Kenapa? Karena kompresi yang ada pada bagian mesin akan berhubungan langsung dengan bahan bakar yang akan dikonsumsi oleh motor tersebut. 

Sedangkan untuk penyesuaian rasio kompresi terhadap mesin adalah salah satu cara yang aman dalam melakukan oprek mesin.

Bagaimana cara menyesuaikannya? Caranya ialah membentuk permukaan pada bagian kepala seher.

2.  Mengganti Noken As

Biasanya. setiap sepeda motor yang bagian mesinnya sudah dirubah atau dimodifikasi akan mempunyai speed dan juga torsi yang lebih tinggi. Hal tersebut bisa dirasakan pada putaran awal dan menenang keatas.

Tapi kebanyakan dari mesin yang sudah di bore-up namun tidak mengganti pada bagian Noken As nya, biasanya ketika memasuki RPM atas tarikan pada mesin pun tidak power full lagi, alias akan sering loyo.

Maka dari itu betapa pentingnya mengganti Noken As terhadap mesin motor yang sudah di oprek. Untuk penggantian Noken As ini kamu bisa menggunakan dari beberapa brand otomotif ternama, diantaranya seperti:

  • BRT
  • KAWAHARA
  • TDR
  • FAITHO

Kamu bisa memilih beberapa brand diatas, usahakan membeli dengan uang yang kamu miliki.

3. Jangan Menggunakan ECU Standar

Pertanyaannya kenapa tidak boleh menggunakan ECU Standar? Karena kapasitas yang ada di dalam ruang bakar mesin motor sudah besar, maka dari itu sepeda motor yang mesinnya telah di oprek dianjurkan jangan menggunakan ECU standar.

Sekian ulasan mengenai cara oprek mesin motor yang aman dan tidak mudah jebol. Terimakasih

Bahaya Sering Gonta Ganti BBM Terhadap Mesin

Kini masih banyak pengendara mobil dan motor yang masih salah tanggapan mengenai konsumsi BBM, terlebih sekarang sudah banyak jenis bahan bakar yang dijual secara eceran.

Lantas ada berapa jenis bahan bakar minyak di Indonesia? Ada tiga, diantaranya:

  • Diesel (Solara)
  • Bensin
  • Shell

Berapa kadar oktan dari masing-masing bahan bakar tersebut? Untuk bensin sendiri kadar oktannya: 88, 90, 92 dan 95.

Sedangkan untuk bahan bakar diesel seperti solar, kadar setana nya ada di urutan paling bawah, yaitu 48.

Jika bensin dan solar kadar oktannya seperti itu, apakah kadar oktan yang dimiliki oleh shell ini lebih besar atau kecil? Untuk shell reguler mempunyai nilai oktan 90, hal ini sama dengan pertalite.

Sementara, untuk shell super mempunyai nilai oktan yang jumlahnya mencapai 92. Jika disesuaikan, kadar oktan yang dimiliki oleh BBM shell super ini sama dengan pertamax bahan bakar dari Pertamina.

Pertanyannya seperti ini, apakah bahaya jika kendaraan yang kamu miliki sering asal dalam penggunaan bahan bakar minyak? Atau gonta ganti bahan bakar sesuka hati?

Untuk menjawab pertanyaan itu semua, mari kita simak bareng-bareng ulasan di bawah ini yang dikutip dari website Otomodiv.

Bahaya Gonta Ganti BBM Terhadap Kendaraan

Sering dijumpai bahwa setiap pengendara yang selalu melakukan gonta ganti bahan bakar minyak untuk kendaraannya karena panik, panik ketika mengetahui bahwa sebenarnya keadaan didalam tangki sudah kehabisan bensin.

Seperti apa sih asal-asalan dalam penggunaan BBM? Misal seperti ini, apabila sebelumnya kendaraan yang kamu miliki selalu menggunakan BBM jenis Pertamax, dan kemudian diganti dengan Pertalite.

Sebenarnya hal ini bisa saja dilakukan untuk sekali, itu pun jika benar-benar kepepet dan di SPBU tersebut hanya menyediakan satu jenis BBM yang sebelumnya belum pernah digunakan untuk konsumsi bahan bakar pada kendaraan kita.

Namun yang sangat bahaya itu jika bensin dicampur dengan diesel, tentu saja hal seperti itu sama sekali tidak bisa dilakukan untuk semua jenis kendaraan yang berjenis bensin maupun diesel.

Lalu seperti apa dampaknya jika kita sebagai pengendara sering melakukan penggantian dalam konsumsi bahan bakar? Setidaknya ada tiga dampak yang perlu kamu ketahui, diantaranya seperti:

1. Uang Terbuang Sia-Sia

Sebenarnya gonta-ganti BBM ini dapat berdampak terhadap uang yang terbuang sia-sia, kenapa? Misal seperti ini, terkadang kalian berharap bahwa menggunakan bahan bakar dengan harga mahal akan merubah performa pada mesin agar bekerja lebih baik lagi.

Begitu pun sebaliknya, apabila menggunakan BBM dengan harga murah agar bisa menghemat pengeluaran uang.

Ternyata alesan seperti di atas ini belum tentu semuanya benar, jikalau kamu mengganti BBM dengan kadar oktan yang lebih tinggi, hal tersebut bukan berarti performa pada mesin akan lebih baik. Karena setiap mesin itu mempunyai kadar oktannya sendiri.

Saran saya lebih baik menggunakan BBM yang kadar oktannya sesuai dengan kebutuhan mesin pada kendaraan yang kamu miliki, kenapa? Supaya kompresi dan oktan cock dan menghasilkan performa mesin yang sempurna.

2. Nilai Plus BBM

Apakah kamu mengetahui kenapa harga RON 92 dan BBM lebih mahal? Untuk contohnya bisa diambil dari Pertamax, perlu kamu ketahui BBM jenis Pertamax ini sudah dilengkapi oleh zat aditif ecosave technology.

Zat aditif sendiri mempunyai banyak keunggulannya, dan kehadirannya pun bisa dijadikan sebagai pembeda antara Pertamax dan Premium.

Seperti apa kemampuan yang dimiliki oleh zat aditif ini? Perlu kamu ketahui, zat aditif bisa memberikan perlindungan terhadap masing-masing komponen mesin dengan cara memberikan lapisan pelindung terhadap dinding mesin.

Lapisan tersebut mempunyai fungsi sebagai antikarat dan juga bisa membersihkan karat-karat yang ada pada komponen mesin. Lebih jelasnya, zat aditif ini mempunyai 3 fungsi. Diantaranya ialah:

  • Corrotion Inhibitor
  • Demulsifer
  • Ladetergency

3. Mesin akan Berkerak

Jika kamu sering gonta ganti dalam mengkonsumsi BBM untuk kendaraan, hal tersebut bisa bermasalah terhadap mesin. Salah satu masalah yang akan kena terhadap mesin ialah ‘Mesin Berkerak’.

Jika mesin berkerak karena BBM yang digunakan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh mesin, maka hasil dari pembakaran pun tidak akan bekerja secara maksimal.

Residu pun akan berubah menjadi kerak, jika hal ini dibiarkan begitu saja, al hasil mesin pada kendaraan pun akan menjadi kotor dan berwarna hitam. Seperti apa kendala yang akan timbul jika mesin kotor dan mengerak?

  1. Kurangnya performa pada mesin
  2. Tenaga berkurang
  3. Boros dalam konsumsi bahan bakar

Cara Mencari Jurnal Di Internet

cara mencari jurnal

Apa kalian pernah ditugaskan untuk membuat atau mencari jurnal atau mungkin hanya sekedar mencari referensi jurnal untuk di contoh?

Mungkin bagi kalian yang pemula atau merupakan pengguna baru internet kalian masih bingung untuk mencari jurnal yang sesuai.

Sebenarnya mencari sesuatu di internet merupakan sesuatu yang bisa dibilang sangat mudah untuk dilakukan, untuk itu simak uraian dibawah ini yaitu cara mencari jurnal di internet.

Cara Mencari Jurnal Di Internet

Dibawah ini merupakan tata cara mencari jurnal di internet antara lain sebagai berikut.

  1. Buka mesin pencari atau browser apapun yang ada pada perangkat kalian.
  2. Ketikkan judul yang akan kalian cari secara detail jika perlu cantumkan tahunnya agar hasil yang nantinya akan muncul sesuai dengan yang kalian tuju, misal : contoh jurnal ilmiah bertema narkoba, lalu klik telusuri atau enter.
  3. Setelah itu akan muncul banyak halaman website yang memuat judul yang kalian cari.
  4. Atau jika kalian disuruh membuat jurnal bertema bebas dan kalian masih bingung kalian dapat membuka beberapa situs jurnal gratis yang sering digunakan oleh orang lain seperti Perpusnas (e-resources.perpusnas.go.id), Scholar Google (scholar.google.co.id), Microsoft Academic (academic.microsoft.com),Directory of Open Access Journals (doaj.org), Academia (academia.edu).
  5. Setelah muncul kalian akan mendapat banyak sekali contoh jurnal dengan berbagai tema baik nasional maupun internasional.
  6. Di halaman tersebut akan terdapat banyak sekali hasil penelusuran dan kalian bisa memilih salah satunya.
  7. Klik salah satu judul yang sesuai dengan apa yang kalian cari.
  8. Dan setelah itu akan muncul halaman yang berisi jurnal selesai, jika kalian akan mendowload jurnal tersebut kalian dapat memilih file dengan tulisan download atau file yang berformat .pdf untuk diunduh, kalian dapat menggunakan jurnal yang tercantum dalam website tersebut sesuai kebutuhan kalian, namun perlu diketahui jika kalian akan mengcopy apapun dalam website kalian biasanya harus izin terlebih dahulu kepada pemilik website tersebut atau kepada penulisnya dan mencantumkan link halaman website tersebut.

Ternyata mudah sekali ya mencari sesuatu di internet hanya dengan memasukkan judul yang kalian cari maka akan muncul berbagai referensi.

Kemudahan fasilitas yang ada pada saat ini termasuk kemudahan mengakses internet membuat manusia lebih mudah dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun hal tersebut jangan sampai membuat kita memanfaatkan internet secara salah untuk hal-hal buruk atau tidak bermanfaat.

Demikian sedikit informasi mengenai cara mencari jurnal di internet secarang singkat, semoga dengan adanya artikel ini kalian dapat lebih memahami dan menjadi tahu bagaimana cara mencari jurnal di internet.

Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih sumber inspirasi pintarnesia.

Cara Mematikan Centang Biru di WhatsApp

Cara-Mematikan-Centang-Biru-di-WhatsApp

Fitur centang biru di WhatsApp sebenarnya cukup berguna bagi pengirim chat. Dengan adanya fitur ini, si pengirim chat akan tahu bahwa pesan yang ia kirim sudah sampai dan sudah dibaca penerima.

Dengan begitu, si pengirim bisa tenang dan tidak khawatir lagi kalau-kalau pesannya tidak sampai. Namun, ada kalanya kita malas atau tidak sempat jika harus cepat-cepat membalas chat WA yang dikirim teman.

(more…)

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Contoh-Surat-Kuasa-Pengambilan-BPKB

Kini banyak orang yang tidak bisa mengambil BPKB mereka sendiri sebab kesibukan tertentu.

Mewakilkan pengambilan BPKB menjadi hal yang biasa dan legal asalkan ada surat kuasa dari pihak yang bersangkutan.

Dalam hal itu, sebaiknya mengutus orang kepercayaan menggunakan surat kuasa sesuai dengan jenisnya sebagaimana contoh surat kuasa pengambilan BPKB di bawah ini.

(more…)

Contoh Soal Psikotes

Contoh-Soal-Psikotes

Psikotes merupakan suatu hal yang lazim di beberapa proses rekrutmen pegawai baik itu pegawai negeri maupun swasta yang berskala besar.

Seringkali orang gagal dalam psikotes karena memang soalnya yang tidak biasa. Karena itu Anda yang akan mengikuti tes tersebut harus sering membaca contoh soal psikotes dan mengerjakan soal yang serupa sebagai pembelajaran.

(more…)

Majas Asosiasi

Majas Asosiasi

Pada artikel kali ini kita akan mengulas secara ringkas mengenai majas asosiasi? Apa sih yang dimaksud dengan majas asosiasi? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Majas Asosiasi

Majas asosiasi merupakan gaya bahasa yang membandingkan dua hal berbeda, namun dianggap sama. Tujuan dari penggunaan majas ini yaitu untuk memberikan kesan kepada pembaca atau pendengar. Majas ini biasanya ditandai dengan penggunaan kata laksana, seperti, bak, bagaikan, ibarat dan lain sebagainya.

(more…)

Kalimat Perintah

Contoh Kalimat Perintah

Ada banyak sekali jenis kalimat, misalnya kalimat majemuk, kalimat tanya, kalimat perintah dan masih banyak lagi. Nah pada artikel kali ini kita akan mengulas secara ringkas mengenai kalimat perintah. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kalimat perintah? Jika belum tahu, yuk simak ulasan berikut ini.

(more…)

Cara Menggunakan WhatsApp Mod

whatsapp mod anti baned

Sangat banyak yang mencari dan menginginkan untuk download aplikasi WhatsApp Mod hanya demi mendapatkan fitur-fitur sakti seperti: selalu terlihat offline, melihat status tanpa harus diketahui pemilik status, menghilangkan fitur centang satu, dan sebagainya.

Bagi kalian yang ingin download aplikasi WhatsApp mod, kalian sudah datang ke tempat yang tepat!

Pada artikel ini, saya akan berbagi link download aplikasi WhatsApp mod + cara menambahkan Mod pada WhatsApp lewat LuckyPatcher dengan sangat mudah!

(more…)

Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A20

Di awal tahun 2019 ini, Samsung kembali mengeluarkan smartphone seri A-nya, yaitu Samsung Galaxy A20. Ponsel ini dirilis sebagai bentuk penyempurnaan dari Samsung Galaxy A10 yang telah lebih dahulu dirilis ke pasaran. Apabila dilihat dari nomor serinya, tentu pengguna sudah dapat memahami bahwa seri ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan Samsung Galaxy A30 dan A50.

(more…)
Skip to toolbar