Cara Mencari Jurnal Di Internet

cara mencari jurnal

Apa kalian pernah ditugaskan untuk membuat atau mencari jurnal atau mungkin hanya sekedar mencari referensi jurnal untuk di contoh?

Mungkin bagi kalian yang pemula atau merupakan pengguna baru internet kalian masih bingung untuk mencari jurnal yang sesuai.

Sebenarnya mencari sesuatu di internet merupakan sesuatu yang bisa dibilang sangat mudah untuk dilakukan, untuk itu simak uraian dibawah ini yaitu cara mencari jurnal di internet.

Cara Mencari Jurnal Di Internet

Dibawah ini merupakan tata cara mencari jurnal di internet antara lain sebagai berikut.

  1. Buka mesin pencari atau browser apapun yang ada pada perangkat kalian.
  2. Ketikkan judul yang akan kalian cari secara detail jika perlu cantumkan tahunnya agar hasil yang nantinya akan muncul sesuai dengan yang kalian tuju, misal : contoh jurnal ilmiah bertema narkoba, lalu klik telusuri atau enter.
  3. Setelah itu akan muncul banyak halaman website yang memuat judul yang kalian cari.
  4. Atau jika kalian disuruh membuat jurnal bertema bebas dan kalian masih bingung kalian dapat membuka beberapa situs jurnal gratis yang sering digunakan oleh orang lain seperti Perpusnas (e-resources.perpusnas.go.id), Scholar Google (scholar.google.co.id), Microsoft Academic (academic.microsoft.com),Directory of Open Access Journals (doaj.org), Academia (academia.edu).
  5. Setelah muncul kalian akan mendapat banyak sekali contoh jurnal dengan berbagai tema baik nasional maupun internasional.
  6. Di halaman tersebut akan terdapat banyak sekali hasil penelusuran dan kalian bisa memilih salah satunya.
  7. Klik salah satu judul yang sesuai dengan apa yang kalian cari.
  8. Dan setelah itu akan muncul halaman yang berisi jurnal selesai, jika kalian akan mendowload jurnal tersebut kalian dapat memilih file dengan tulisan download atau file yang berformat .pdf untuk diunduh, kalian dapat menggunakan jurnal yang tercantum dalam website tersebut sesuai kebutuhan kalian, namun perlu diketahui jika kalian akan mengcopy apapun dalam website kalian biasanya harus izin terlebih dahulu kepada pemilik website tersebut atau kepada penulisnya dan mencantumkan link halaman website tersebut.

Ternyata mudah sekali ya mencari sesuatu di internet hanya dengan memasukkan judul yang kalian cari maka akan muncul berbagai referensi.

Kemudahan fasilitas yang ada pada saat ini termasuk kemudahan mengakses internet membuat manusia lebih mudah dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun hal tersebut jangan sampai membuat kita memanfaatkan internet secara salah untuk hal-hal buruk atau tidak bermanfaat.

Demikian sedikit informasi mengenai cara mencari jurnal di internet secarang singkat, semoga dengan adanya artikel ini kalian dapat lebih memahami dan menjadi tahu bagaimana cara mencari jurnal di internet.

Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih sumber inspirasi pintarnesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar