Cara Oprek Mesin Motor yang Aman & Tidak Jebo

Mesin adalah inti dari kendaraan, baik itu untuk mobil atau pun motor. Komponen tersebut mempunyai peranan yang sangat vital bagi seluruh kendaraan.

Dikarenakan komponen mesin mempunyai peran penting pada seluruh kendaraan, banyak orang-orang yang sering melakukan perubahan (modifikasi) terhadap mesin tersebut, padahal merubah mesin (oprek) bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan mesin motor (walaupun performa pada mesin akan bertambah).

Ya memang benar, tapi perlu diketahui bahwa tidak semua mesin yang di bore-up akan berbahaya terhadap mesin. Serius? Lantas bagaimana caranya? Dari pada basa-basi, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini tentang Cara Oprek Mesin Motor yang aman.

Pengertian Oprek Mesin

Oprek mesin adalah mesin dimodifikasi dengan cara mengolter terhdapa blok silinder, yang mana dilakukan bagian ini bertujuan untuk memperlebar ukuran diameter silinder yang membuat kapasitas mesin akan jauh lebih besar.

Kenapa kapasitas mesin diperbesar, dan apa alasan dari tujuan tersebut? Tak lain, yaitu menambah kecepatan mesin sepeda motor.

Lah kok bisa? Tentu saja bisa, karena mesin yang sudah diperbesar kapasitas nya akan mengkonsumsi BBM lebih banyak (boros). Hal itu bisa membuat tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan terasa lebih besar, sehingga kecepatan pada motor pun akan bertambah.

Itulah alasan kenapa orang yang gemar dengan dunia racing atau modifikasi sering melakukan perubahan pada bagian mesin, maka jangan heran apabila kamu mempunyai seorang teman yang hobinya ngoprek motor. Hehe.

Gimana Cara Oprek Mesin Motor yang Aman?

Melakukan bore-up terhadap mesin motor sebenarnya cukup berbahaya, kenapa? Karena ketahanan mesin pun akan semakin berkurang, dan bisa mengakibatkan mesin motor menjadi jebol.

Lalu apakah ada cara oprek mesin motor yang aman agar tidak mudah jebol? Tentu saja ada, nah sebelum kamu memutuskan untuk melakukan modifikasi terhadap mesin motor, alangkah baiknya ketahui ulasan yang sudah tertulis di bawah ini.

1. Perhitungkan Rasio pada Kompresi Mesin

Cara oprek mesin motor yang paling aman dan ampuh ialah, memperhatikan hitungan rasio terhadap kompresi mesin.

Kenapa? Karena kompresi yang ada pada bagian mesin akan berhubungan langsung dengan bahan bakar yang akan dikonsumsi oleh motor tersebut. 

Sedangkan untuk penyesuaian rasio kompresi terhadap mesin adalah salah satu cara yang aman dalam melakukan oprek mesin.

Bagaimana cara menyesuaikannya? Caranya ialah membentuk permukaan pada bagian kepala seher.

2.  Mengganti Noken As

Biasanya. setiap sepeda motor yang bagian mesinnya sudah dirubah atau dimodifikasi akan mempunyai speed dan juga torsi yang lebih tinggi. Hal tersebut bisa dirasakan pada putaran awal dan menenang keatas.

Tapi kebanyakan dari mesin yang sudah di bore-up namun tidak mengganti pada bagian Noken As nya, biasanya ketika memasuki RPM atas tarikan pada mesin pun tidak power full lagi, alias akan sering loyo.

Maka dari itu betapa pentingnya mengganti Noken As terhadap mesin motor yang sudah di oprek. Untuk penggantian Noken As ini kamu bisa menggunakan dari beberapa brand otomotif ternama, diantaranya seperti:

  • BRT
  • KAWAHARA
  • TDR
  • FAITHO

Kamu bisa memilih beberapa brand diatas, usahakan membeli dengan uang yang kamu miliki.

3. Jangan Menggunakan ECU Standar

Pertanyaannya kenapa tidak boleh menggunakan ECU Standar? Karena kapasitas yang ada di dalam ruang bakar mesin motor sudah besar, maka dari itu sepeda motor yang mesinnya telah di oprek dianjurkan jangan menggunakan ECU standar.

Sekian ulasan mengenai cara oprek mesin motor yang aman dan tidak mudah jebol. Terimakasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar