IMK – USER & HARDWARE PROFILE

Image result for user profile interaksi manusia komputer

Pengertian:

Merupakan suatu bentuk karakteristik user dalam. Hal ini sumber
daya manusia yang akan mengoperasikan personal
komputer dimana dalam sebuah interaksi sangat
dibutuhkan sebuah karakteristik manusianya agar
antara komputer dan manusia bisa saling memahami apa
yang dimaksud.

Usability:

Suatu sistem yang dapat bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh
pengguna, sehingga semua kemampuan sistem dapat dapat bermanfaat secara maksimal. Usability
memiliki lima komponen yaitu :
1. Learnability
2. Efficiency
3. Memorability
4. Errors
5. Satisfaction

Design (UI):

User Interface (UI) suatu sistem yang merupakan bagian
terpenting dari setiap program, karena menentukan
seberapa mudah program tersebut memberikan respon
atau timbal balik dari yang diperintahkan pengguna.

Selain itu, desain dalam suatu tampilan user juga mempengaruhi suatu
kinerja pemrosesan dalam informasi seperti :
1. Short command mengoptimalkan Response phase, tetapi menyebabkan
Read-scan phase dan Think phase menjadi kurang optimal.
2. Menu hierarchy dengan sedikit level dan banyak pilihan pada setiap
layar akan mengoptimalkan Response phase, tetapi menyebabkan
Read-scan phase dan Think phase menjadi kurang optimal.

1. Perceptual system (Read-scan)

Sensory buffer : Immediate memory, very short term memory.
• Tempat menyimpan apa saja yang ditangkap indera.
• Periode retensi informasi dalam orde 1/10 detik, kemudian hilang atau ke STM.

The human pattern recognition adalah proses yang sangat hebat dan kompleks.
1. Manusia mampu mengenali suara manusia lain yang sangat bervariasi.
2. Manusia mampu mengenali informasi yang ambigu dan tidak lengkap.

2. The Cognitive System (Think)

1. Short-Term Memory (STM): Menyimpan hasil interpretasi sensory buffer “sementara”.
● Kapasitas dan durasi memori rendah/terbatas.
● Kata-kata yang berakhiran atau pengucapannya sama (rhyme) sulit dibedakan.
● Informasi yang kecil dan manageable (mudah) akan hilang dari STM hanya dalam beberapa detik jika
kurang konsentrasi atau ada aktivitas lain.
2. Long-Term Memory (LTM): Menyimpan makna dan informasi secara “permanen”.
● Retrive informasi dari LTM semakin mudah jika kesesuaian antara cues/isyarat dan konteks pada saat
penyimpanan serta cues dan konteks pada saat recall semakin besar.
● Keberhasilan recall semakin besar jika informasi di LTM semakin berbeda dan unik.
● Recall gambar lebih baik daripada kata dan recall visualizable words lebih baikdaripada nonvisualizable words.

3. Motor System (Respone)

➞ Motor movements yang relevan dengan perancangan antarmuka meliputi gerakan :
1. Kepala : Sebagai pusat pengolahan data yang di transfer melalui pergerakan yang
dilakukan user.
2. Mata : Digunakan untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir akan gerakan,
ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur dan warna.
3. Tangan : Mengoperasikan seluruh kegiatan yang dilakukan user.
4. Jari-Jari : Melakukan kegiatan typing.

Sistem Proses Informasi:

Pengolahan informasi sebagai suatu proses kognitif yang terdiri atas serangkaian
proses, yakni :
● Penyimpanan (Storage)
● Retensi (Pengambilan)
● Pengumpulan informasi (Information Gathering).

The User’s Psychology characteristic:

Users Psychology merupakan faktor pendukung utama dari cara berfikir, belajar, dan berkomunikasi
dengan sistem. User Pyschology characteristic dibedakan menjadi 3, yaitu :
● Cognitive Style
● Attitude
● Motivation
● Patience
● Expectations
● Stress Level

The User’s Knowledge & Experience:

Karakteristik Pengguna:
– Rendah motivasi, penggunaan bebas – Mudah dipelajari (easy of learning)
– Rendah motivasi, berdasarkan perintah

-Motivasi tinggi, gugup, ada rasa takut

-Motivasi tinggi, perhatian

– Kontrol, memiliki kekuatan

Rancangan yang harus dicapai:

– Mudah dipelajari (easy of learning)

– Kontrol, memiliki kekuatan

– Mudah dipelajari, kokoh, kontrol,memiliki kekuatan

– Memiliki kekuatan, mudah digunakan

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi User Experience :
● Bagaimana sebuah situs/sistem sesuai dengan tujuan awal
● Kemampuan dan keterbatasan sistem
● Isi dan tampilan sistem
● Fungsionalitas sistem

The User’s Physical Characteristics:

● Handedness dapat mempengaruhi kemudahan dalam menggunakan keyboard dan input devices yang lain.
● Color-blindness sudah pasti mempengaruhi performansi user saat menggunakan layar-layar berwarna yang
erat berhubungan dengan tugas.
● Gender mempunyai dampak terhadap performansi Motor dan cognitive. Wanita memiliki Motor yang relatif
lebih lemah dan lambat daripada pria. Wanita memberikan performansi lebih baik pada antarmuka
berbasis warna.

The User’s Physical Environment:

● Noise level mempengaruhi kemampuan user untuk berkonsentrasi.
● Privacy harus dipertimbangkan, untuk alasan kemanan dan psikologi. Kurangnya privacy dapat
menyebabkan stress dalam situasi tertentu.
● Lighting mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap user.Kurangnya cahaya menyebabkan user cepat
merasa lelah saat membaca atau mencari tombol pada keyboard.
● Workspace dimension dan layout (tata ruang)
● Furniture dan equipment (peralatan)

The User’s Tools:

Secara umum kita tidak dapat mengubah the user’s information processing system atau physical characteristic.
Sebagai system developer, satu-satunya determinan yang dapat kita gunakan untuk mempengaruhi performansi
user adalah The user’s tools.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa dengan diketahui perfomansi dari profile pengguna membuat seorang perancang sistem
menjadi mudah dalam menentukan rancangan antarmuka perangkat lunak yang harus dicapai. Namun dari profile
pengguna ada 2 karakteristik pengguna yang tidak dapat diperbaiki performansinya oleh perancang adalah :
– Kapabilitas Pengolahan Informasi dari pengguna (user’s information processing capability)
– Karakteristik Pengguna secara fisik (user’s physical characteristic)
Perkembangan teknologi di dunia ini sudah sangat cepat bergerak. Sampai saat ini teknologi sudah sangat
membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Akan tetapi jangan sampai para pengguna terlalu bergantung
pada teknologi,karena sebenarnya bukan sistem yang mengatur pengguna,tapi pengguna yang mengatur sistem.