IMK – Error Message

Salah satu tujuan dari Interaksi manusia dengan komputer adalah Safety. Saya akan menjabarkan informasi yang berhubungan dengan Safety di Interaksi Manusia dengan Komputer.

Adanya keterbatasan manusia mengakibatkan sumber daya manusia ini justru menjadi sumber kesalahan dalam sebuah organisasi. Hal ini dikenal dengan Human Error.

Human Error adalah kesalahan yang diakibatkan oleh lalainya sumber daya manusia baik secara sengaja maupun tidak sengaja. berjalan tidak seperti apa yang kita inginkan sehingga kita gagal mencapai target yang diharapkan.

Namun human error tidak mutlak disebabkan oleh kesalahan manusia. Peters meneliti lebih dalam lagi dan menemukan bahwa human error bisa juga terjadi karena kesalahan pada perancangan serta prosedur kerja.

Human error juga didefenisikan sebagai perencanaan yang disusun secara fisik namun mengalami kegagalan dan tidak dapat diganti oleh atribut apapun.

Human error dapat terjadi dikarenakan oleh banyak faktor seperti,

1. Induced Human Error System, dimana mekanisme sistem kerja yang memungkinkan pekerjanya melakukan kesalahan. Misalnya tidak adanya penerapan disiplin yang baik dari pihak manajemen

2. Induced human error design, yaitu terjadinya kesalahan akibat dari kesalahan rancangan siste m kerja yang kurang baik

3. Pure human error, ketika kesalahan itu berasal dari manusia itu sendiri. Misalnya karena kemampuan dan pengalamn kerja yang terbatas.

Kategori Human error dibagi menjadi 3 :

  1. Mistake : Kesalahan ini terjadi ketika user berpikir bahwa sudah melakukan hal yang benar, namun sebenarnya yang terjadi adalah user sedang melakukan kesalahan. Contoh yang sering terjadi adalah user membuka file yang doesn’t exist dan user salah mengartikan suatu icon atau menu.
  2. Slip : Terjadi kesalahan di luar keinginan atau kehendak user. Contoh : terjadi kesalahan pengetikan atau salah meng-klik menu yang diinginkan.
  3. Lapse : Terjadi secara tidak sengaja, ada part yang missing. kesalahan dilakukan oleh orang yang punya skill

Untuk mengatasi error yang terjadi dan lebih memudahkan pada sistem yaitu Error handling.

Error handling adalah sistem penanganan kesalahan (error) pada berbagai macam keadaan dalam program. Dengan adanya error handling ini maka program akan semakin user friendly bagi para penggunanya (user), baik user tingkat pemula hingga expert.

Bentuk — bentuk pencegahan dan perbaikan kesalahan (Error Handling) :

  • Error Prevention : Hal ini bertujuan untuk mencegah kesalahan user sehingga skala kesalahan user dapat diminimalisir agar tidak terjadi error yang lebih fatal di suatu sistem. Contoh yang sering digunakan adalah Saat terjadi sebuah error, memunculkan error message untuk menghindari adanya kesalahan yang lebih fatal. berisi kesalahan apa yang dilakukan oleh user, kesalahan nya terletak dimana.
  • Error Recovery : Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kesalahan atau melakukan koreksi, terhadap suatu kesalahan yang sudah terlanjur dilakukan oleh user. Contoh yang sering dilakukan adalah adanya sistem “undo” dan “cancel” di dalam suatu sistem.

Ketika kita membuat suatu sistem Error Handling ada beberapa penggunaan bahasa yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh user.
  2. Jangan menggunakan kata-kata yang terkesan menyalahkan user.
  3. Hindari kata-kata seperti : bad, dummy, dll karena hal ini dapat menyebabkan user merasa dirinya bodoh.
  4. Hindari kalimat perintah, sehingga user merasa sistem yang dibuat sudah menyediakan apa yang dibutuhkan oleh user.

Untuk mencegah kesalahan diatas diperlukan safety agar user tetap dalam rute yang benar saat menggunakan sistem, dan juga membantu user pemula agar tidak kebingungan dan salah mengambil langkah dalam menjalankan tugas. Beberapa tindak pencegahan slip yaitu :

· Menyertakan kendala yang bermanfaat

Meskipun tidak selalu merupakan ide yang baik untuk membatasi pilihan pengguna, dalam kasus di mana ada aturan yang jelas yang menentukan opsi yang dapat diterima, itu bisa menjadi strategi yang baik untuk membatasi jenis input yang dapat dibuat pengguna. Misalnya, pemesanan penerbangan biasanya melibatkan pemilihan tanggal perjalanan, dan ada beberapa aturan yang mengatur tanggal mana yang dapat diterima. Salah satu aturan utama adalah bahwa penerbangan kembali tidak dapat terjadi sebelum keberangkatan. Jika pengguna tidak dibatasi pada tanggal yang dapat mereka pilih, mereka dapat menyelinap dan secara tidak sengaja memilih serangkaian tanggal untuk penerbangan mereka yang tidak mengikuti aturan. Kendala yang membantu di sini akan memaksa pengguna untuk memilih rentang tanggal yang sesuai.

· Saran Penawaran

Di situs web yang menawarkan ribuan produk, pencarian adalah cara yang efektif untuk membantu pengguna menemukan produk yang diinginkan.Namun, pengetikan bisa tidak akurat, terutama pada layar sentuh di mana tidak ada umpan balik taktil (juga dikenal sebagai haptic). Meskipun tidak dapat mencegah user membuat kesalahan ketik .Hal ini dapat mencegah kesalahan ketik untuk berubah menjadi masalah dengan menawarkan saran kontekstual saat pengguna mengetik. Misalnya dengan menawarkan saran pencarian barang, hal ini penting saat user salah mengingat nama barang atau konten yang dicari.

· Error Prevention

bertujuan untuk mencegah kesalahan user sehingga skala kesalahan user dapat diminimalisir agar tidak terjadi error yang lebih fatal di suatu sistem. Contoh yang sering digunakan adalah memunculkan error message untuk menghindari adanya kesalahan yang lebih fatal.

· Error Recovery

bertujuan untuk memperbaiki kesalahan atau melakukan koreksi, terhadap suatu kesalahan yang sudah terlanjur dilakukan oleh user. Contoh yang sering dilakukan adalah adanya sistem “undo” dan “cancel” di dalam suatu sistem.

Contoh pesan error yang buruk

1. Pesan yang diberikan tidak dengan style bahasa komputer namun seperti seolah-olah manusia, seingga tergolong message errror yang buruk.

2. Pesan yang ditampilkan tidak memberikan penjelasan secara detail dari kesalahan, sehingga mampersulit user karena harus mencari tau maksud dari pesan yang ditampilkan.

3. Pesan error yang tampil terlihat arogan dengan menggunakan huruf kapiltal, seakan akan kesalahan yang dibuat user sangat fatal.

4. Pada pesan error yang ditampilkan tidak dijelaskan pengertian dari insertdisc.

5. Pesan error yang ditampilkan tidak menjelaskan bagian ethernal control yang sedang rusak.

Contoh pesan error yang baik

1. Pesan kesalahan tersebut baik karena pesan kesalahan tersebut singkat dan jelas, serta menyediakan beberapa solusi yang dibutuhkan.

2. Pesan kesalahan tersebut baik karena menjelaskan eror yang terjadi dengan title pada task barnya, juga mendeskripsikan dan menjelaskan masalah yang terjadi, bahkan solusinya sekaligus.

3. Pesan kesalahan tersebut baik, karena selain menggunakan bahasa yang singkat dan padat, ia juga memberitahukan seputar masalah yang terjadi, yaitu alamat tempat penyimpanan yang ternyata full.

4. Pesan kesalahan diatas adalah pesan kesalahan yang baik karena jelas perintahnya juga menggunakan perpaduan huruf besar dan huruf kecil.

5. Pesan kesalahan tersebut merupakan pesan kesalahan yang baik karena menggunakan perintah yang singkat dan jelas hingga user langsung mengetahui masalah tersebut.

Referensi :

https://medium.com/@laxojun1/safety-human-error-pada-interaksi-manusia-dengan-komputer-cab2b64aea92 https://medium.com/@wiraeprianaambaritha/safety-dalam-interaksi-manusia-dan-komputer-12549fadecd6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *