IMK – Direct Manipulation

DIRECT MANIPULATION

Pengertian :

Direct Manipulation dapat diartikan sebagai penyajian langsung aktifitas kepada user,sehingga aktifitas akan di kerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer. Direct manipulation mengacu pada sistem yang menggunakan ikon untuk merepresentasikan obyek,yang dapat digerakkan pada layar menggunakan mouse.

Karakteristik Sistem Direct Manipulation :

  • Obyeknya nampak.
  • Respon cepat dan memungkinkan aksi dapat dibatalkan.
  • Menggantikan syntaks sistem perintah yang kompleks dengan manipulasi obyek secara langsung.

Prinsip Kerja :

  1. Representasi terus menerus dari objek dan adanya tindakan kepentingan dengan metafora visual yang bermakna.
  2. Adanya tindakan fisik seperti menekan tombol berlabel, bukan mengetikkan sintaks yang begitu kompleks.
  3. Cepat, incremental, tindakan reversibel yang efeknya pada obyek yang menarik terlihat segera.

Pedoman perancangan icon :

  • Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal.
  • Buat agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya.
  • Pertimbangkan ikon tiga dimensi: menarik tapi bisa mengalihkan perhatian.
  • Pastikan ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih.
  • Pastikan ikon dapat dibedakan dari yang lain
  • Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon.
  • Rancang animasi pergerakan ikon.
  • Tambahkan informasi rinci.

Keuntungan dan Kerugian dari Direct Manipulation :

Keuntungan:

  • Mempunyai analogi yang jelas dalam suatu pekerjaan yang nyata.
  • Membantu mengurangi waktu dalam proses mengedukasi (pembelajaran).
  • Memiliki penampilan secara visual yang menarik.
  • Adanya tantangan untuk mengeksplor suatu pekerjaan.
  • Banyak tersedianya perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi secara langsung.
  • Menjadi mudah untuk dioperasikan.

Kerugian :

  • Dibutuhkan tampilan grafis yang mampu berkinerja dengan tinggi.
  • Dibutuhkannya suatu program yang rumit dan berukuran besar.
  • Diperlukannya perancangan tampila dengan kualifikasi tertentu.
  • Dibutuhkannya piranti masuka seperti mouse, track ball.
  • Adanya permasalahan-permasalahan seperti berikut :
    1. Flowcharts tingkat tinggi dan skema database yang dapat menjadi membingungkan.
    2. Desain diharuskan informatif.
    3. Adanya representasi spasial dan visual yang terlalu menyebar.
    4. User harus mempelajari representasi grafis.
    5. Representasi visual dapat menyesatkan.

Contoh dari Direct Manipulation :

  • SPREADSHEET : Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris yang mendukung makro atau baris.  Contohnya adalah  MS. Excell, Open Office Calc.
  • VIDEO GAMES : Bidang aksi visual yang membangkitkan minat. Perintah berupa aksi fisik dan hasilnya langsung  terlihat . Contoh  : Playstation, Nitendo Wii, Xbox.
2015-05-02_12h17_07
  • COMPUTER – AIDED DESIGN : Digunakan untuk merancang mobil, rangkaian elektronik, arsitektur, pesawat terbang. Aplikasi ini menyenangkan karena dapat digunakan untuk objek yang ingin dimanipulasi secara langsung. Berhubungan : Computer-Aided Manufacturing (CAM).
Computer Aided Design - Shaping the future - Spires Engineering ...

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *