Jenis Kertas untuk Cetak Ijazah

Kertas Art Paper untuk Brosur

Ijazah merupakan salah satu aset paling berharga yang menunjukkan bahwa Anda sudah lulus dari lembaga pendidikan tertentu. Berbicara mengenai hal ini, jenis kertas untuk cetak ijazahyang biasanya digunakan juga dikhususkan agar tak mudah rusak sehingga selalu tampak awet.

Apa Saja Jenis Kertas untuk Cetak Ijazah?

Pemilihan kertas untuk pembuatan ijazah ini sengaja dipilih agar nantinya tidak mudah rusak sehingga selalu tampak awet / tahan lama. Jika memilih kertas yang salah, justru akan membuat hasil cetaknya tidak memuaskan serta tampilan ijazah tak bersih dan mengkilau.

  • Kertas Manila

Kertas Manila yang juga dikenal sebagai BC atau Brief Card ini merupakan salah satu kertas yang bertekstur sedikit kasar dan sedikit kaku. Biasanya jenis kertas seperti ini selalu dibuat atau dipakai dalam pembuatan kartu record di sekolah atau bahkan di kantor.

Sama halnya seperti ketika akan cetak buku, bahan dasar dalam pembuatan ijazah ini juga perlu diperhatikan. Kertas Manila ini salah satunya, memiliki bentuk kaku serta tak mudah lecet bahkan warnanya pun bervariasi. Harganya pun dikenal lebih murah dibandingkan dengan lainnya.

  • Kertas Blues White

Kemudian salah satu jenis kertas yang seringkali digunakan dalam pembuatan ijazah ialah kertas blues white. Gramasi dari kertas BW ini relatif tinggi dibandingkan dengan Manila diantaranya yaitu 210gsm sampai dengan 250gsm.

Biasanya jenis kertas blues white ini seringkali dijadikan bahan dasar dalam pembuatan cover buku, sertifikat bahkan kartu nama juga. Teksturnya yang kasar itu justru membuat warna tinta cetak memudar bila terkena panas diakibatkan oleh laminating.

  • Kertas Asturo

Selanjutnya, kertas Asturo yang dikenal sebagai kertas kerajinan atau prakarya ini juga bisa digunakan dalam pembuatan sertifikat apalagi ijazah. Kualitasnya pun jauh lebih baik bila dibandingkan dengan kertas Manila sebelumnya. Itu karena kertas ini bertekstur rapat dan halus.

Kertas Asturo ini mempunyai permukaan yang berbeda-beda yaitu putih dan ada pula paduan warna lainnya. Gramasinya diantara 210 hingga 250, dengan begini dinyatakan bahwa kertas satu ini bisa dijadikan sebagai pengganti kertas Manila dalam pembuatan sertifikat.

Demikian pembahasan yang bisa Anda baca terkait jenis kertas untuk cetak ijazah yang mungkin akan berguna dan bermanfaat bila ingin membuat sertifikat atau bahkan ijazah dengan tampilan cukup menarik.