5 Ciri Mesin Mobil Masih Bagus yang Harus Diketahui

Mengenali ciri mesin mobil masih bagus akan sangat berguna saat mencari mobil bekas. Selain itu, mengetahui ciri mesin mobil yang masih bagus atau tidak juga akan bermanfaat ketika hendak melakukan perbaikan.

Faktanya, mesin mobil yang dalam keadaan bagus memang memiliki ciri tersendiri. Tidak hanya bergantung pada usia mobil atau perawatan yang dilakukan.

5 Ciri Mesin Mobil Masih Bagus yang Harus Diketahui

1. Suara Halus

Mesin mobil dengan suara yang terdengar kasar sudah pasti dalam keadaan tidak prima. Di sisi lain, sering kali salah menilai apakah mesin mobil benar-benar bersuara halus atau tidak.

Untuk mengetahuinya cukup mudah. Bawa mobil ke tempat sepi agar tidak ada distraksi suara. Kemudian nyalakan dan buka tutup kap mobil beberapa kali. Perhatikan suara yang dihasilkan mesin.

2. Tidak Bocor

Mesin mobil yang tidak mengalami kebocoran oli atau bahan bakar juga merupakan ciri dalam kondisi yang bagus. Perhatikan selang yang terpasang dan juga tangki bahan bakar untuk melihat adanya kebocoran atau tidak.

3. Ujung Knalpot Bersih

Bila ujung knalpot terlihat kotor, ini merupakan tanda mesin mobil tidak dalam kondisi bagus. Mesin yang mobil yang masih bagus bisa dilihat bila ujung knalpot berwarna agak merah kecoklatan. Bukannya hitam.

Warna merah kecoklatan ini dihasilkan dari pencampuran bahan bakar dan udara di ruang dengan komposisi yang pas. Dimana berarti pembakaran mesin dalam kondisi sehat.

4. Temperatur Mesin Tidak Panas atau Dingin

Ciri lain merupakan temperatur mesin. Normalnya memang mesin mobil tidak terlalu dingin atau panas. Suhu pada temperatur mobil ini harusnya antara 85 sampai 95 derajat celcius.

Bila mesin mobil memiliki suhu di atas atau di bawah tersebut, berarti tidak benar-benar dalam kondisi bagus.

5. Tenaga Maksimal

Untuk mengetahui tenaga mesin harus dicoba melaju dengan kecepatan tinggi. Mesin dengan tenaga maksimal tidak akan ada masalah saat tarikan hingga kecepatan tinggi. Sebaliknya, bila tenaga mesin melemah maka tarikan juga tidak bisa cepat.

Nah, ciri mesin mobil masih bagus di atas harus diketahui dan dipahami untuk memastikan kondisi kendaraan.