Cara Membersihkan Dashboard Mobil Dari Debu dan Kotoran

Cara membersihkan dashboard mobil sebenarnya sangat mudah. Langkah-langkah untuk membersihkan dashboard bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Jadi sama sekali tidak ada alasan lagi untuk membiarkan dashboard mobil kotor atau berdebu

Saat berbicara mengenai kebersihan kabin dalam mobil, dashboard memang kerap kali diabaikan. Padahal dashboard yang kotor, berdebu, atau bahkan penuh dengan noda tidak hanya merusak penampilan. Melainkan juga bisa menjadi sumber penyakit.

Di bawah ini merupakan cara-cara mudah untuk membersihkan dashboard mobil.

Cara Membersihkan Dashboard Mobil Dari Debu dan Kotoran

1. Penyedot Debu

Cara pertama untuk membersihkan dashboard mobil merupakan dengan penyedot debu. Langkah ini akan efektif untuk membersihkan area dashboard yang berdebu. Selain itu juga di sela-sela yang akan sulit dijangkau dengan tangan.

Saat membersihkan kabin dalam mobil dengan penyedot debu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya besaran dari kekuatan hisapan.

Bila menggunakan penyedot debu standar, sebaiknya gunakan hisapan paling rendah. Sebaiknya memang menggunakan penyedot debu mini yang dikhususkan untuk membersihkan area kabin dalam mobil. Seperti untuk dashboard.

2. Lap Microfiber

Kain lap microfiber akan efektif membersihkan kotoran yang membandel di dashboard. Lap dengan bahan microfiber ini memiliki permukaan yang halus. Sehingga tidak akan menggores bagian dashboard mobil.

Untuk menggunakan kain lap microfiber, pertama-tama basahi dengan air. Bisa juga dicampur dengan larutan pembersih khusus untuk dashboard mobil. Setelah itu peras sampai benar-benar tidak ada air yang menetes.

Baru lap bagian dashboard mobil. Ketika mengelap dashboard mobil untuk menghilangkan kotoran, lakukan dengan gerakan lembut, tanpa menekan, dan juga satu arah.

3. Sikat Dengan Bulu Halus

Selain kain microfiber, sikat dengan bulu halus merupakan cara lain membersihkan dari kotoran. Cara penggunaannya juga sama. Sikat dibasahi dengan air dan cairan pembersih, baru digosokkan di dashboard.

Saat ini sudah ada banyak sekali sikat khusus untuk kabin mobil. Pilihan lain juga bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Semoga cara membersihkan dashboard mobil di atas berguna untuk menjaga kebersihan dan merawat dalam kabin ya!