Skip to toolbar

Memahami Niat Qurban dan Aqiqah

kambing Aqiqah

Bolehkah Menggabungkan Niat Qurban dan Aqiqah?

Akikah dan kurban ialah dua beribadah yang sama menyembelih hewan. Ke-2 nya sama dihukumi sunah mu’akkadah (yang paling disarankan) realisasinya. Waktu penerapan semasing terang. Kurban di hari raya Idul Adha dan 3 hari tasyrik, sedang akikah di hari ke-7 , ke-14, dan ke-21 kelahiran.

Lalu, bila waktu akikah dan kurban bersamaan, bolehkah realisasinya sekalian saja? Berarti, ada satu amalan dikerjakan dengan 2 kemauan, yakni kemauan berkurban dan kemauan berakikah. Persoalan muncul untuk mereka yang sudah dewasa dan belum diakikahkan oleh orang tuanya. Bila dia memiliki kesanggupan, mana yang paling utama untuknya, berkurban atau mengakikahkan dianya lebih dulu? Atau, dapatkah keduanya dikombinasi terwujud sekalian.

Baca Juga Paket Aqiqah Bogor

Mengenai persoalan ini, ada ketidaksamaan opini ulama. Ada yang menjelaskan, bila waktu kurban bersamaan dengan waktu akikah, cukup lakukan satu macam sembelihan saja, yakni akikah.

Al-Hasan al-Bashri menjelaskan, “Bila seorang anak pengin disyukuri dengan kurban, karena itu kurban itu bisa saja satu dengan akikah.” Hisyam dan Ibnu Sirin menjelaskan, “Masih dipandang resmi bila kurban dipadukan dengan akikah,” begitu seperti dijelaskan dalam kitab Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah.

Mereka berdalil, beberapa beribadah dapat memenuhi beribadah yang lain seperti pada masalah kur ban dapat memenuhi akikah atau kebalikannya. Seperti orang yang menyembelih dam saat menjalankan haji tamattu’. Sembelihan itu dia niatkan untuk kurban, karena itu dia memperoleh pahala dam dan pahala kurban. Demikian pula shalat Id yang jatuh di hari Jumat, karena itu dibolehkan tidak mengikut shalat Jumat sebab telah menjalankan shalat Id pada paginya.

Sesaat dalam penglihatan Mazhab Syafi’i, Ibn Bantai al-Haitami, salah seorang ulama mazhab Syafii pernah mengulas masalah ini. Dalam kitab kelompok fatwanya, al-Fataawa al-Fiqhiyyah al-Kubra dia mengatakan:

“(Al-Imam Ibn Bantai al-Haytami) pernah ditanyakan mengenai hukum menyembelih kambing pada hari-hari berkurban, dengan menyatukan kemauan kurban dan akikah. Apa ke-2 nya jadi resmi atau mungkin tidak (dengan seekor kambing saja). Beliau – mudah-mudahan Allah Swt. meluapkan faedah dengan ilmu-ilmunya – mengatakan jika yang diartikan oleh beberapa Ashhaab al-Syafi’i (ulama-ulama mazhab Syafi’i) dan yang kami kerjakan semenjak sekian tahun ialah ke-2 nya tidak dapat dipadukan.

Baca Juga Aqiqah Bogor

Sebab, kurban dan akikah itu semasing ialah kesunahan yang kemauan dan pemicu dilakukan semasing berlainan. Kurban maksudnya ialah penebusan untuk jiwa, sesaat akikah itu “penebusan” untuk anak. Sebab dengan pelunasan untuk anak ini, diinginkan dia bisa tumbuh secara baik dan memperoleh kebaikan dan syafaat.” (al-Fatawa al-Fiqhiyyah al-Kubra: 4/256 dan Tuhfah al-Muhtaj fi Syarh al-Minhaj)

Berdasar fatwa di atas, kurban dan akikah tidak dapat digabungkan tujuannya, sebab tidak bisanya digabungkan di antara kemauan kurban dengan kemauan akikah. Pembicaraan lahir dari ketidaksamaan mengenai apa boleh lakukan satu beribadah untuk dua arah (Tashriiku al-Niyyah fi al-‘Ibaadah).

Tetapi – masih menurut Ibn Bantai al-Haitami – ini karena seekor kambing cuman sebagai wakil seseorang, dan tidak dapat lakukan dua beribadah sekalian. Berlainan bila kita menggunting seekor sapi, yang dapat sebagai wakil tujuh orang. tujuh orang ini dikatakan sebagai tujuh kemauan, hingga bila ada orang yang menggunting satu ekor sapi dengan kemauan berkurban, akikah anak wanita, dan 5 kafarat karena itu kurban dan akikah ini jadi resmi hukumnya.

Baca Juga Tips Memilih Kambing Aqiqah

Bila keadaan ekonomi memang jadi fakta untuk lakukan kurban dan akikah secara bertepatan, karena itu seharusnya orangtua memprioritaskan akikah lebih dulu. Sebab walau ke-2 nya ialah beribadah sunah yang mempunyai tujuan mensyukuri anugerah Allah, tetapi Islam tidak memberatkan penganutnya untuk lakukan hal yang di luar kekuatannya.

Memahami Kualitas Struktur Bangunan

struktur bangunan

Ketika melakukan proses pembangunan sebuah konstruksi bangunan terutama untuk perumahan, salah satu perihal yang terpenting ialah kualitas dari susunan bangunan. Susunan bangunan bila dimisalkan dengan badan kita, sepertu susunan bangunan adalah tulang/ kerangka badan kita yang akan membuat badan kita kuat berdiri. Susunan bangunan ini akan terima beban dari bangunan dan membagikannya. Hingga dalam membuat susunan bangunan jangan sembarangan. Susunan bangunan yang sembarangan akan membuat bangunan cepat ambruk dan mencelakakan yang tinggal di rumah.

Di saat pembuatan rumah, yang terhitung dalam susunan bangunan ialah fondasi, beton sloof, beton kolom dan ring balok beton. Seluruh beban dari bangunan akan didukung dan dialokasikan ke tanah oleh ke 4 susunan bangunan ini. Jika kemampuan dari susunan bangunan lebih rendah dari beban bangunan, karena itu dapat ditegaskan bangunan akan cepat ambruk. Hingga dalam membuat rumah, diperlukan pakar konstruksi supaya susunan bangun tidak dibuat secara sembarangan.

Baca Juga Harga Ready Mix Bandung

Pondasi yang Kuat

Fondasi adalah susunan bangunan paling bawah. Harus Anda kenali jika fondasi untuk rumah satu lantai berlainan dengan bangunan tempat tinggal lebih satu lantai (2 lantai, 3 lantai, dst). Kedalaman galian fondasi untuk rumah satu lantai pasti berlainan dengan kedalaman galian fondasi rumah 2 lantai.

Dalam membuat fondasi, dimulai dari pekerjaan galian tanah sampai penempatan fondasi harus ditangani secara benar. Material yang dipakai juga harus betul- betul dilihat kualitas dan kemampuannya. Pakar konstruksi perlu diikutsertakan dalam membuat dan penempatan fondasi ini. Hingga fondasi yang terpasang sesuai beban rumah yang kita rencakan. Saat sebelum menempatkan fondasi, umumnya pakar konstruksi akan memberi RAB dan gambar desain.

Yakinkan material yang dipakai untuk pengerjaan fondasi sama dengan material yang tertera di RAB dan gambar desain. Umumnya kontraktor nakal akan bermain dengan material yang dipakai. Pilih kontraktor yang andal dan dipercayai. Hingga dalam membuat fondasi ini, material yang dipakai akan sesuai RAB dan gambar desain. Kontraktor yang andal dan paling dipercaya akan jaga kualitas dari susunan bangunan yang ditanganinya.

Waktu membuat rumah, formasi laporkan semen dan pasir untuk fondasi harus juga dipertimbangan. Formasi laporkan seme dan pasir pada pasangan fondasi batu kali pada bangunan tempat tinggal yakni 1 semen : 3 pasir (benar-benar disarankan), atau laporkan 1 semen : 4 pasir, dan terjelek 1 semen : 5 pasir. Lebih dari itu kurang bisa dipertanggung jawabkan, dan tentu saja harus memakai pasir pasang bermutu baik (kandung tanahnya kecil).

Baca Juga Harga Ready Mix Bekasi

Beton Sloof

Beton sloof adalah balok beton yang terpasang di atas susunan fondasi fondasi Beton sloof mempunyai ukuran penampang yang lain untuk bangunan 1 lantai dan 2 lantai.

Beton Sloof Project Rumah Eksklusif 2 Lantai Nangka (Doa Jaya Konstruksi_Kontraktor Bangunan 2 Lantai Terhebat di Bali) Beton sloof adalah balok beton yang terpasang di atas susunan fondasi fondasi Beton sloof mempunyai ukuran penampang yang lain untuk bangunan 1 lantai dan 2 lantai. Waktu membuat rumah, seharusnya Anda diskusi dan membuat gambar konstruksi pada pakar konstruksi. Pakar konstruksi akan memberi referensi untuk susunan yang sesuai rumah Anda.

Pada bangunan 1 lantai ukuran penampang beton sloof cukup memakai 12 x 20 cm dengan tulangan khusus beton memakai minimal besi diameter 10 mm, sedang untuk ring memakai besi beton diameter 8 mm dalam jarak antar ring 20 cm. Laporkan beton minimal memakai perbedaan 1 semen : 2 pasir beton : 3 split (koral beton). Pasir beton dan split harus memakai yang bermutu baik.

Saat itu, pada bangunan 2 lantai, ukuran penampang sloof ialah 15 x 25 cm, atau bisa lebih, besi beton yang dipakai minimal besi beton berdiameter 12 mm, atau 16 mm, ring cukup besi beton 8 mm. Laporkan beton dengan kombinasi sama dengan di atas, atau lebih baik kembali memakai laporkan ready mix (beton kualitas K-225, K-250, atau K-275).

Baca Juga Mengenal Jenis Semen

Tiang Kolom dan Ring Balok Beton

Pada tiang kolom dan ring balok beton hampir serupa memakai besi beton seperti pada atas. Spesial untuk bangunan 2 lantai, tiang kolom memakai besi beton diameter 16 mm (ulir).

Pengecoran Tiang Kolom Project Rumah Eksklusif 2 Lantai Nangka Pada tiang kolom dan ring balok beton hampir serupa memakai besi beton seperti pada atas. Spesial untuk bangunan 2 lantai, tiang kolom memakai besi beton diameter 16 mm (ulir).

Jika bangunan tempat tinggal Anda mempunyai konstruksi susunan yang bermutu, karena itu untuk bahan material dinding macam apa saja tidak dampak, ingin bata merah, batako putih, atau hebel sama juga, karena dinding bukan susunan bangunan.

Demikian keutamaan kualitas dari 4 susunan bangunan yang harus Anda kenali waktu membuat rumah. Jika Anda orang pemula dalam soal konstruksi, karena itu waktu membuat rumah dianjurkan ditemani layanan pakar konstruksi yang andal dan paling dipercaya. Hingga rumah yang Anda bangun akan kuat dan tidak cepat ambruk.

Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna untuk kita. Supaya artikel ini berguna membagi-bagi beberapa orang, silakan dibagikan. Selanjutnya untuk memperoleh artikel silakan di follow situsnya. Terima kasih.

Mengenal Jenis Semen (Portland Cement)

semen portland cement

Semen (Portland Cement)

Portland cement adalah bahan pengikat khusus untuk laporkan beton dan pasangan batu yang dipakai untuk menjadikan satu bahan jadi satu kesatuan yang kuat. Macam atau type semen yang dipakai adalah salah satunya factor yang memengaruhi kuat pencet beton, dalam masalah ini harus dipahami type semen yang distandardisasi di Indonesia.

Air

Peranan dari air di sini diantaranya sebagai bahan pencampurdan pengaduk di antara semen dan agregat. Biasanya air yang bisa diminum penuhi syarat selaku air pencampur beton, air ini harus bebas dari padatan tersuspensi atau padatan terlarut yang kebanyakan, dan bebas bermaterial organik (Mindess et al.,2003).

Syarat air selaku bahan bangunan, sesuai pemakaiannya harus penuhi persyaratan menurut Syarat Umum Bahan Bangunan Di Indonesia (PUBI-1982), diantaranya:

  • Air harus bersih.
  • Tidak memiliki kandungan lumpur, minyak dan benda terapung yang lain yang bisa disaksikan secara visual. Jangan memiliki kandungan beberapa benda tersuspensi lebih dari 2 gr/ liter.
  • Tidak memiliki kandungan garam-garam yang bisa larut dan dapatmerusak beton (asam-asam, zat organik dan lain-lain) lebih dari 15 gr / liter. Kandung klorida (Cl), tidak lebih dari 500 p.p.m. dan senyawa sulfat tidak lebih dari 1000 p.p.m. selaku SO3.
  • Seluruh air yang kualitasnya menyangsikan harus dianalisa secara kimia dan dipelajari.

Baca Juga Harga Ready Mix K225

Beton Kualitas Tinggi

Beton kualitas tinggi adalah beton yang memiliki karakter spesial yang lain dengan beton biasa, seperti tingkat turun (shrinkage) rendah, permeabilitas rendah, modulus fleksibilitas tinggi, dan kuat pencet tinggi. Beton kualitas tinggi biasanya mempunyai factor air semen yang rendah dengan bentang 0,2-0,35. Makin rendah fas, karena itu porositas beton condong rendah.

Persyaratan beton kualitas tinggi terus berbeda sesuai perkembangan tingkat kualitas yang sukses diraih. Tahun 1950-an, beton dengan kuat pencet 30 MPa telah digolongkan selaku beton kualitas tinggi. Tahun 1960-an sampai awalnya 1970-an, criterianya lebih wajar jadi 40 MPa. Sekarang ini, disebutkan kualitas tinggi untuk kuat pencet di atas 50 MPa-80 MPa (Supartono, 1998).

Saat itu, Beton kualitas tinggi (high strength concrete) yang tertera dalam SNI 03-6468-2000 (Pd T-18-1999-03) diartikan selaku beton yang memiliki kuat pencet yang diisyaratkan semakin besar sama dengan 41,4 MPa. Usaha untukmendapatkan beton kualitas tinggi yakni dengan tingkatkan kualitas material pembentuknya, misalkan kekerasan agregat dan kelembutan butir semen.

Menurut American Concrete Institude (ACI) Committee, Beton Kualitas Tinggi ialah beton yang penuhi gabungan performa spesial sesui yang diharapkan yang tidak dijumpai secara teratur pada beton konservatif, salah satunya:

  • Gampang pembuatan
  • Memiliki kekuatan tinggi di umur dini
  • Kedap dan padat
  • Durable pada lingkungan, kekerasan yang ideal
  • Usia layan semakin lama (lebih dari 75 tahun)
  • Panas hidrasi rendah
  • Kestabilan volume yang ideal
  • Kekuatan mengucur yang ideal

Baca Juga Harga Ready Mix K250

Ketidaksamaan perancangan beton kualitas tinggi dengan beton normal ialah, bagaimana cari formasi gradasi ukuran butir yang bisa isi ruangan kosong pada matrix semen. Sedang, pada beton kualitas tinggi dengan filler nanomaterial ukuran butir yang dipakai dalam bentang nanometer, yang dipersingkat nm. Dengan penyeleksian kemunduran yang pas, akan didapat kepadatan per unit volum (packing densitas).

Readymix ialah arti yang biaasa dipakai untuk beton yang telah di-blend dengan bermacam macam jenis material yang dipakai seperti, Pasir, Split (krikil), air, dan dipadukan dengan formula spesial.

Baca Juga Harga Ready Mix K300

Beberapa bahan spesial barusan lalu di mix (dipadukan) jadi satu di tempat Pemrosesan beton yang umum disebutkan dengan arti Batching plant, Sampai jadi beton cor siap gunakan dengan bermacam macam dan kualitas.

Pengerjaan Beton instant ini biasa ditangani oleh beberapa pakar spesial di bagian mixing, Hingga bisa hasilkan kualitas yang mengasilkan kualitas beton yang bermutu tinggi.

Baca Juga Tips Membangun Rumah Minimalis

Pembikin adonan beton berkualitas tinggi disebutkan mix desain, perancang, formulator sekalian penentu kekekuatan beton yang dibikin.

Pemrosesan ready mix berlainan dengan pengerjaan beton cor yang umum dikerjakan oleh beberapa karyawan bangunan biasa, dalam memberi ukuran yang terkadang disamakan dengan hasrat.

Dalam pencampuran material-material beton yakni krikil, pasir dan semen biasa dikasih zat tambahan spesial yakni admixture,

Tips Hemat Bangun Rumah Minimalis

Tips Hemat Bangun Rumah Minimalis

Tips Hemat Bangun Rumah Minimalis-Banyak pengembang yang jual rumah atau property lain dengan memakai design yang telah ada. Pengembang lakukan design, serta membuat sama bentuknya. Hingga, konsumen tinggal beli tempat tinggal yang sesuai design pengembang.

Namun, banyak warga yang kurang pas dengan design yang dijajakan oleh beberapa pengembang. Walau sebenarnya, posisi, luas tanah, sarana seputar, serta harga tempat tinggal telah pas. Ini membuat beberapa konsumen yang pada akhirnya tidak jadi beli rumah.

Baca Juga harga ready mix k225

Tetapi ada permasalahan lain, membuat rumah dengan design sendiri sering mendapati beberapa masalah. Diantaranya, pemilik tanah harus cermat untuk kerjakan semua kepentingan pembangunan sendiri. Dan, membuat rumah sendiri bukan hal yang mudah; belum juga ongkosnya yang bisa juga membesar bersamaan pembangunan. Ini muncul karena harga bahan bangunan umumnya condong naik seiring berjalannya waktu.

Ini selanjutnya membuat beberapa warga yang pada awalnya tertarik untuk hemat, malahan keluarkan dana semakin banyak. Belum juga permasalahan saat yang umumnya memerlukan waktu lumayan lama, hingga pemilik harus menanti semakin lama untuk tempati rumah.

Karena itu, lihatlah beberapa tips berikut supaya anda bisa membuat rumah sendiri dengan murah dan terencana.

  • Targetkan Pembangunan dengan Perencanaan yang Matang

Bikinlah catatan gagasan pembuatan rumah yang akan Anda kerjakan. Dimulai dari dana, bahan material, denah, luas, ukuran bangunan, karyawan, sampai waktu pembuatan rumah.

Ini penting untuk dikerjakan sebab tersangkut waktu dan uang. Bila ada gagasan yang meleset hingga memerlukan saat yang semakin lama dari yang diperkirakan, karena itu Anda harus bayar ongkos tukang semakin banyak.

Jadi, targetkan secara baik segalanya supaya rumah bisa usai on time serta Anda tak perlu keluarkan kantong lebih.

Pilih beberapa karyawan atau tukang bangunan yang telah pakar di sektornya. Ini penting supaya rumah yang dibuat bukan hanya usai on time, dan juga mempunyai kualitas yang bagus hingga aman untuk Anda dan keluarga.

Baca Juga harga ready mix k250

  • Bikinlah Rumah Type Minimalis atau Tumbuh

Membuat rumah sendiri umumnya ialah taktik untuk kurangi ongkos membeli rumah. ini bisa dikerjakan dengan membuat rumah minimalis; dalam pengertian rumah yang tidak begitu besar.

Ada beberapa mode rumah minimalis yang dipasang di Internet, Anda tinggal mengimplementasikannya. Pilih mode rumah minimalis yang bukan hanya cantik, tetapi dapat kurangi ongkos pembangunan.

Rumah minimalis umumnya tidak banyak mempunyai ruang, hingga tidak banyak juga memerlukan bahan bangunan untuk membuatnya.

Kecuali rumah minimalis, Anda dapat mendesain rumah Anda dengan design rumah tumbuh. Rumah tumbuh sendiri adalah rumah yang nanti bisa ditingkatkan.

Dengan demikian, Anda bisa menambahkan ruang beberapa tahu di depan saat Anda mempunyai ongkos untuk membuatnya.

  • Tentukan Wujud Persegi atau Persegi Panjang

Bila Anda pengin mempunyai rumah dengan wujud segitiga atau lingkaran, sudah pasti itu jadi hak serta keputusan Anda. Tetapi, penting untuk dipahami jika membuat rumah dengan wujud segitiga atau lingkaran mempunyai banyak resiko.

Rumah dengan pojok seperti segitiga umumnya akan tersisa banyak material. Hal yang juga sama akan berlangsung bila Anda membuat rumah dengan wujud lingkaran.

Tidak itu saja, rumah segitiga atau rumah lingkaran memerlukan tenaga yang spesial untuk melakukannya. Bila karyawan yang lakukan pembangunan tidak mempunyai ketrampilan, umumnya ini segera dapat membuat wujud bangunan tidak prima.

Sebab tidak cantik, Anda akan tertarik untuk menggantinya kembali lagi. Berarti? Anda akan memerlukan ongkos tambahan kembali untuk melakukan perbaikan.

Membuat rumah standard dengan wujud persegi atau persegi panjang mempunyai lebih beberapa keuntungan. Wujud ini banyak diketahui oleh beberapa karyawan bangunan, hingga lebih gampang untuk ditangani.

Disamping itu, ongkos yang dikeluarkan untuk membuat rumah berupa persegi atau persegi panjang tambah murah.

Baca Juga harga ready mix k300

  • Kenali Harga Bahan Bangunan

Harga bangunan yang tinggi umumnya jadi factor yang penting untuk dipahami. Ini karena umumnya harga bahan bangunan bisa naik serta turun waktu Anda membuat rumah.

Berikut fakta yang membuat ongkos pembuatan rumah sering membesar hingga Anda alami rugi.

Harus dipahami, tidak seluruhnya bahan bangunan mempunyai harga yang serupa di toko bahan bangunan.

Oleh karena itu, akan baik bila Anda untuk lakukan survey harga bahan bangunan yang ada. Tak perlu malu untuk menanyakan ke tiap toko bangunan serta bertanya harga material.

Banding harga bahan di toko satu dengan yang lain. Selanjutnya samakanlah keperluan bahan bangunan yang Anda harapkan untuk rumah, dengan keadaan keuangan Anda.

Dengan demikian Anda akan memperoleh harga yang terhebat, dengan kualitas bahan bangunan yang terhebat.

  • Pilih Tukang Bangunan Terhebat

Pilih tukang bangunan yang terhebat ialah hal yang perlu Anda yakinkan. Sebab, nanti, kualitas bangunan tempat tinggal Anda bergantung pada karyawan yang Anda tentukan untuk membuat rumah.

Sebab mutunya serta popularitasnya yang bagus, umumnya beberapa karyawan pun tidak mempunyai bayaran yang kecil. Tetapi hal itu lumrah ingat proses pembuatan memerlukan ketrampilan.

Cari beberapa karyawan yang mempunyai rekam jejak yang baik dalam kerjakan pembuatan rumah. Jangan malu untuk menanyakan beberapa karyawan, mana rumah yang sempat mereka bangun. Jika memang perlu, tanya penghuni apa mereka senang dengan pekerjaan si tukang.

Kecuali rekam jejak, dan pekerjaan yang bagus, yakinkan mereka mempunyai trek record pembuatan yang on time. Supaya Anda tak perlu keluarkan uang semakin banyak sebab pekerjaan pembangunan tempat tinggalnya “ngaret”.

  • Bangunlah Sesuai dengan Budget

Ingat panduan membuat dengan ide rumah tumbuh? Anda dapat mengaplikasikannya sesuai kondisi keuangan yang Anda punyai.

Sebab membuat sendiri, Anda mempunyai kebebasan akan ini. Misalkan saja, Anda mempunyai bujet untuk membuat rumah awalnya cuman ruangan tamu, dapur, kamar mandi, serta satu kamar.

Nanti, seiring berjalannya waktu saat Anda mempunyai dana lebih, Anda bisa membuat kamar tambahan atau ruang baru.

Dengan demikian, Anda tidak harus membuat secara sekalian bangunan tempat tinggal. Bangunlah cuman sisi yang dibutuhkan lebih dulu.

Sesudah sekian tahun, waktu Anda mempunyai anak misalkan, Anda bisa membuat kamar buatnya.

Tentu saja ini bergantung pada keperluan keluarga, dengan kekuatan keuangan Anda.

  • Gunakan Bahan Bangunan Lokal atau Sisa

Cari bahan bangunan murah dapat dikerjakan dengan memakai bahan bangunan lokal. Benar-benar material luar negeri mempunyai kualitas yang bagus. Tetapi, bahan bangunan dari dalam negeri pun tidak kalah baiknya. Bahan lokal dapat dengan gampang dicari di sekitar lingkungan rumah.

Misalkan saja, pakai kayu di kebun dekat rumah Anda. Atau Anda bisa beli bambu dari pemilik tanah pada harga yang lebih miring. Anda dapat manfaatkan kayu sisa untuk membuat rumah Anda. Tak perlu cemas, bila Anda bisa mengenali mutunya, karena itu kayu sisa tidak kalah baik dengan kayu baru.

Kayu sisa sendiri mempunyai harga yang relatif murah. Bahkan juga, bila Anda mujur, Anda bisa memperoleh kayu sisa secara gratis. Gunakan kayu berumur tua yang terhebat. Kayu dengan umur tua umumnya telah bisa dibuktikan bisa tahan pada rayap, panas, dan cuaca berlebihan. Dengan demikian, bukan hanya memperoleh bahan yang murah, Anda pun memperoleh bahan yang kuat untuk rumah Anda.

Baca juga Mengenal Besi H Beam

  • Design Ruang Multifungsi

Makin banyak ruang yang dibuat, karena itu makin banyak ongkos yang perlu dikeluarkan. Kebalikannya, makin berkurang ruang yang dibuat, makin irit Anda harus keluarkan dana. Ini karena membuat ruang akan memerlukan banyak bahan bangunan. Dengan demikian, bahan bangunan yang dipakai akan makin banyak bila Anda membuat banyak ruang.

Oleh karena itu, desainlah rumah Anda dengan ruang multifungsi. Misalkan, satukan ruangan tamu dengan tempat keluarga, tempat keluarga dengan kamar makan, atau dapur dengan kamar makan. Dengan demikian, Anda tak perlu membuat kebanyakan ruang. Lihatlah design rumah minimalis yang tersedia banyak di Internet serta gunakan design itu.