Skip to toolbar

Mengenal Beberapa Jenis Manfaat Besi Wiremesh

besi wiremesh

Wiremesh kerap kali dikenali untuk kawat anyam. Sudah pernahkah Anda memakai wire mesh dalam pekerjaan konstruksi? Bisa jadi beberapa pernah, bahkan juga sering kali. Kemungkinan ada juga yang jarang-jarang atau benar-benar tidak pernah mengimplementasikan material ini. Maka dari itu, dalam artikel kali ini  akan di share mengenai sangkut-paut wiremesh serta aplikasinya untuk pekerjaan konstruksi. Baca, yok!

Detail Wire Mesh Wire mesh ialah material pabrikasi yang dibuat dari tangkai metal (seperti kawat) —besi, baja, atau aluminium. Batang-batang metal dirangkai atau disulam membuat grid atau jala (persegi, iris ketupat) yang homogen sampai membuahkan helaian dengan ukuran spesifik atau yang bisa digulung (rol).

Sambungan antara batang metal bisa dilas (welded wire mesh), sama-sama dihubungkan, atau diikat dengan pin atau lainnya. Ada bermacam macam diameter tangkai yang dipakai, mode serta ukuran anyaman, dan ukuran helaian wire mesh. Ukuran diameter tangkai metal yang dipakai di antara 4-10 mm. Kemampuan ( harga) wire mesh lurus sebanding dengan diameter tangkai metal ini. Helaian wire mesh mempunyai ukuran standard 2,1×5,4 mtr.. Sesaat yang bisa digulung mempunyai lebar 2,1 mtr. dengan panjang sampai 54 mtr. Untuk harga besi wiremesh per roll atau harga besi wiremesh per lembar silahkan kunjungi website tersebut.

Baca Juga Mengenal Proses Pengecoran Beton

Manfaat Wire Mesh Wire mesh mempunyai banyak manfaat, bergantung detailnya.

Dalam aktivitas pembangunan (konstruksi) anyaman metal ini dipakai untuk beberapa kepentingan. Berikut salah satunya:

• Pengayak pasir

Pemakaian helaian wire mesh dalam konstruksi yang relatif sangat sederhana sebagai pengayak pasir manual atau mesin simpel. Pengayak pasir dari wire mesh berlubang kecil bisa meredam kerikil, batu, atau agregat kasar lain dan kotoran dalam pasir yang tidak diharapkan. Ukuran lubang wire mesh untuk ayakan sekitar di antara 0,3-10 mm.

• Pagar atau pemisah

Pemakaian wire mesh untuk pagar pemisah atau pagar tempat tinggal telah jamak. Kecuali makin ringkas dalam penempatan, juga ekonomis. Pagar dari galvanized welded wire mesh relatif anti karat, anti rayap, bertahan lama dan kuat.

• Anak tangga serta balustrade

Sebagaimana untuk pagar, pemakaian wire mesh untuk anak tangga umumnya digabungkan dengan bahan baja. Anak tangga wire mesh cocok untuk bangunan berpenampilan industrial atau minimalis. Wire mesh dapat diterapkan di balustrade untuk pengaman tempat tangga atau bordes.

• Penguat talud (bronjong)

Kawat bronjong wire mesh dalam konstruksi efisien untuk penguat dinding talud untuk memperhitungkan berlangsungnya erosi atau longsor tanah. Anyaman kawat berlubang berupa sisi 6 bermanfaat untuk pengikat atau perkuatan dinding penahan tanah dari formasi batu. Contohnya untuk konstruksi jembatan, tanggul, atau bangunan serta rumah di area berkontur.

• Bahan penguat (tulangan) dalam konstruksi beton

Wire mesh bisa dipakai untuk tulangan penguat di bermacam konstruksi beton, seperti pondasi (plat, cakar ayam), pelat lantai atau cor beton, jalan raya, shear wall, dan lain-lain. Di konstruksi beton bisa dipakai tipe wire mesh yang dilas atau yang dirangkai dengan sama-sama dihubungkan. Untuk contoh, di pengerjaan konstruksi lantai beton cara bondek, helaian wire mesh berperan untuk tulangan atas yang terpasang sebelumnya laporkan beton dituangkan.

Kelebihan WireMesh 

Wire mesh disulam serta dilas dengan otomatis, hingga mempunyai sambungan yang kuat serta stabil. Disamping itu wiremesh mempunyai beberapa keunggulan berikut.

• Dibanding besi beton yang panjangnya capai 12 mtr., wire mesh lebih ringkas sebab ukuran yang tidak mengonsumsi tempat, yang mempermudah pengiriman dari suplier serta penyimpanan di atas lapangan.

• Pemakaian wire mesh untuk beberapa kepentingan relatif cepat dan mudah penempatannya. Kecuali tak perlu menyusun mempunyai ukuran yang relatif presisi.

Pemakaian wiremesh dalam konstruksi beton lebih ekonomis (bisa mendesak ongkos) sebab mengirit bahan, tenaga kerja, serta waktu. Disamping itu mempermudah penghitungan tiada kurangi kualitas bangunan dan mempermudah pemantauan. Pemakaian helaian wire mesh akan tingkatkan kemampuan tarik beton hingga makin kuat.