Home » Startup » Poin Penting Sebelum Membangun StartUp IoT

Poin Penting Sebelum Membangun StartUp IoT

 

Anda salah satu orang yang ingin terjun ke dalam dunia IoT ? Memang dengan hadirnya sebagian dari startup dan juga enterprise yang saat ini tengah membuat ramai dunia Internet of Things (IoT) tentunya harus terdapat perbedaan yang dimiliki kalau Anda juga ingin terjun ke dunia Internet of Things yang sama.

Ketika nantinya mayoritas startup IoT memberikan ide – ide tentang IoT, tentang prototype atau bahkan tentang bagaimana membuat sebuah proof of concept untuk produk – produk mereka, sebenarnya mereka telah melewatkan kesempatan untuk masuk menuju market lebih awal.

Lantas seperti apa sajakah poin penting yang harus dimiliki sebelum membangun sebuah start up IoT? Berikut informasi lengkapnya yang Anda wajib simak!

Poin Penting Sebelum Membangun Start Up IoT

Ketika Anda ingin memulai berjalan di start up IoT, sebenarnya ada beberapa poin yang sangat penting Anda lakukan diantaranya :

Security (Lakukan pengamanan)

Setiap hari tentu saja akan banyak ancaman demi ancaman yang hadir dan tentu saja Anda tidak boleh mengabaikan komunikasi dan juga data konfidensial atau menganggap bahwa security itu hanyalah sebagai fitur tambahan semata.

Anda perlu mengutamakan soal keamanan dan juga keselamatan data Anda walaupun hanya sebatas link. Anda perlu berpikir soal keamanan secara menyeluruh dari device dan juga sistem enterprice. Karena itu pastikan bahwa keamanan ada didalam produk Anda supaya nantinya Anda tidak akan kebakaran jenggot.

Jangan lupa scalability

Seperti yang kita tahu bahwa banyak perusahaan yang berbulan – bulan membuat prototype yang pada akhirnya harus mengulang sebuah proses desain dari awal agar mereka dapat menjangkau skala pasar yang nantinya lebih luas. Karena itu Anda perlu berpikir soal scalability dari awal dan Anda juga perlu membuat keputusan yang nantinya dapat membantu mempercepat proses dari awal Anda membuat desain sampai dengan menyebarkan skala yang besar. Anda upayakan langsung memasarkan produk Anda kepada pelanggan ketika sudah siap. Dan Anda bisa langsung kemudian mengembangkan produk yang lebih baik lagi.

Baca juga 18 tips kritis jika ingin memiliki bisnis startup yang sustainable

Jangan lupakan time to market

Sebelum Anda memulai melakukan perjalanan IoT tentu Anda perlu tahu aplikasi baru atau yang sudah ada dan akan Anda perlukan didalam menyambung data, infrastruktur dan juga skill yang diperlukan didalam mengatur penyebaran produk.

Anda juga perlu dalam menambahkan konektivitas wireless, integrasi beragam sistem dan juga membangun sebuah aplikasi baru. Kuncinya didalam melakukan bisnis start up IoT adalah Anda perlu melakukan leverage partner IoT untuk kemudian membantu menangani hal integrasi dan juga konektivitas sementara Anda juga dapat fokus membangun sebuah aplikasi atau membangun solusi yang tepat.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Poin Penting Sebelum Membangun Start Up IoT bermanfaat.

Skip to toolbar