Skip to toolbar

Apa itu android?

Apa itu Android? Uraian Luar biasa Lengkap Android Terdapat Disini!

by Achmed Islamic Hernawan29 Oktober 2018

Kita seluruh ketahui gimana Android dikala ini sudah merajai pasar smartphone, bukannya cuma di Indonesia tetapi di segala dunia. Mengenali apa itu Android secara lengkap bisa jadi butuh kita tahu supaya jadi rujukan kala kamu berencana membeli smartphone Android. Mengingat Android begitu luas secara pemakaian serta banyak vendor yang memakainya.

Apa itu Android?

Android LogoAndroid merupakan suatu sistem pembedahan yang dirancang oleh Google yang berbasiskan kernel Linux serta bermacam fitur lunak Open Source yang lain dan biasa digunakan buat fitur dengan layar sentuh semacam smartphone serta tablet.

Walaupun Android merupakan kepunyaan Google, Google tidak memungut bayaran untuk siapapun yang mau memakai Android sebab Android merupakan fitur lunak open source. Perihal ini sangat bertolak balik dengan sistem pembedahan Windows 10 Mobile kepunyaan Microsoft, dimana industri wajib membayar royalti bila mau memakai sistem pembedahan tersebut. Sebaliknya iOS kepunyaan Apple cuma dapat digunakan di fitur iPhone serta iPad saja serta Apple tidak merilisnya buat fitur lain.

Oleh sebab itu, banyak sekali pihak ataupun industri yang memakai sistem pembedahan Android. Bila kamu bertanya, apa keuntungan yang di miliki Google dari Android? Google cuma memperoleh keuntungan bila terdapat industri yang mengunggah aplikasi mereka ke Play Store ataupun iklan yang terdapat kala kamu memakai aplikasi ataupun permainan. Misalnya saja kamu bermain Subway Surfer, pasti kamu dapat memandang iklan disitu.

Sejarah singkat

Pada awal mulanya, Android ditargetkan buat digunakan buat fitur kamera digital. Tetapi, si pembuat Android yang terdiri dari Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, serta Chris White berkomentar kalau pasar buat kamera digital bukanlah begitu besar, sehingga pemakaian Android diganti jadi smartphone.

Pada tahun 2004, Android dipasarkan selaku saingan buat smartphone berbasis Symbian serta Windows Mobile. Tetapi, industri kesusahan dalam mencari investor. Tetapi, Android sukses memperoleh bonus dana sebesar$10. 000 dari Steve Perlman yang dikala itu mau menolong Andy Rubin.

Pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android Inc. dengan mahar sebanyak$50 juta. Pendiri- pendiri Android semacam Andy Rubin serta yang lain pula turut bergabung dengan Google serta mengetuai proyek Android ini. Dikala itu, bermacam media memberitakan kalau Google pada kesimpulannya berkompetisi pula dalam fitur smartphone dengan dibelinya Android sampai pada kesimpulannya Google membuat prototipe.

Prototipe tersebut merupakan suatu smartphone yang mempunyai keyboard seperti smartphone Blackberry. Kabar prototipe tersebut terus bergulir sampai bulan Desember tahun 2006.

Tetapi tidak disangka- sangka, Apple menghasilkan iPhone pada tahun 2007 dengan desain smartphone yang nyaris segala permukaan depan memakai layar sentuh. Sebab perihal itu, Google wajib memikirkan ulang gimana smartphone Android kedepan, mengingat prototype dini fitur Android memakai keyboard tanpa layar sentuh. Serta banyaknya dev download apk yang bisa memodiifikasi agar support dengan perangkat android.

Htc Dream Android Smartphone

Akela NDE, HTC Dream Orange FR, CC BY- SA 3. 0

Pada tahun 2008, Blackberry serta Nokia merilis smartphone yang mempunyai layar sentuh buat menyaingi iPhone. Tidak ketinggalan pula Google yang merilis HTC Dream ataupun T- Mobile G1. Smartphone ini mencampurkan layar sentuh dengan keyboard yang dikeluarkan dengan mekanisme slider semacam foto diatas.

Mengenal variable dan tipe data

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang ilmu pemrograman, beberapa fundamental yang harus kita miliki ialah diantaranya yaitu pendalaman tentang apa itu tipe data, variabel, dan konstanta. Ketiga poin ini wajib dimiliki oleh beginer dalam ilmu pemrograman, karena ketiga poin ini pasti akan digunakan oleh bahasa pemrograman apapun.

Pada poin yang pertama adalah tipe data, secara makna kata tipe data terbentuk dari 2 kata yaitu tipe dan data. Tipe berarti sesuatu mereprentasikan model atau jenis. Sedangkan untuk data adalah bahan/komponen atau hasil dari suatu proses pengolahan, hal ini dapat berupa subyek atau obyek, benda, digital files (gambar, musik, dll).

Tipe Data

Tipe data adalah suatu kelompok yang mempunyai jenis-jenis tertentu. Dengan kata lain, tipe data adalah sebuah cara yang digunakan untuk menentukan jenis suatu data tersebut, kata lain dari hal ini ialah “deklarasi variabel“. Dalam bahasa pemrograman mempunyai banyak jenis-jenis tipe data yang bisa digunakan. Namun setiap bahasa pemrograman mempunyai tipe data yang mungkin tidak ada di bahasa pemrograman lain. Namun secara umum, dalam bahasa pemrograman apapun mengenal 5 tipe data ini, yaitu integer, float, char, string, dan boolean. Masing masing tipe data ini mempunyai kegunaan masing-masing. Oleh karena itu, jika pada saat pengolahan data yang terdapat data yang mempunyai tipe data berbeda, maka harus dilakukan konversi terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan dari keempat tipe data.

  • Integer, tipe data integer ini digunakan untuk mendeklarasikan data/variable sebagai bilangan bulat. Misalkan nilai 10, 7,29,100, adn 22. Penggunaan tipe data integer biasanya digunakan untuk data yang akan dilakukan pengoprasian penjumlahan, pengurangan, pembagian, atau perkalian.
  • Float, seperti halnya integer, tipe data ini digunakan untuk data angka, namun untuk angka/nilai yang berupa pecahan. Jadi apabila ingin mendapatkan hasil yang terbaik pada suatu proses pengoprasian angka, maka kita bisa menggunakan tipe data float. Contohnya nilai 1.5, 3.5, 3.14, dan lain bilangan pecahan lainnya.
  • Char, char adalah tipe data yang digunakan untuk deklarasi variable berupa karakter. Karakter tersebut bisa berupa simbol, alfabet, atau angka.
  • String, khusus untuk string, tipe data yang digunakan untuk mendeklarasikan data yang berisi kalimat atau kata.
  • Boolean, tipe data ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Karena tipe data boolean ini hanya digunakan untuk data yang mempunyai 2 nilai saja, yaitu true atau false.

Contoh Tipe Data pada Bahaha Pemrograman PHP

var $a; // deklarasi variabel tanpa menggunakan tipe data

Contoh Tipe Data pada Bahaha Pemrograman VB/VB .NET

Dim nama As String `deklarasi variabel nama sebagai data string

Dim umur As IntegerĀ `deklarasi variabel nama sebagai data integer

Contoh Tipe Data pada Bahaha Pemrograman JAVA

int umur; // deklarasi variabel umur sebagai integer

String nama; // deklarasi variabel nama sebagai string

 

float volumebola; // deklarasi variabel volumebola sebagai float untuk pecahan

Contoh Tipe Data pada Bahaha Pemrograman JAVASCRIPT

var data; // deklarasi variable di javascript cukup menggunakan var saja

Dari beberapa contoh diatas dapat kita ketahui beberapa perbedaan disetiap bahasa pemrograman. Apabila anda mendalami salah satu bahasa pemrograman lambat laun Anda akan mengetahui berbagai macam tipe data yang ada.

Variabel

Variabel adalah suatu data yang nilainya dapat berubah-ubah. Variabel sangat erat kaitannya dengan tipe data. Karena sebagai keberadaan suatu data perlu di tentukan tipe datanya untuk pengenalan processor dalam mengolah data tersebut. Contohnya dari variable seperti script dibawah ini

int a;

Maskud dari satu baris script diatas ialah memberi instruksi pada processor untuk membuat variable a yang dialokasikan pada memori sebesar bit tipe data integer dengan nilai NULL (tidak terisi apapun)

Dalam mempelajari bahasa permrograman selain Asembly, kita tidak perlu memikirkan dimana alamat memori untuk menyimpan variabel tersebut. Namun yang perlu dipahami ialah kapan dan untuk apa kita memilih tipe data untuk suatu variabel. Dengan kata lain, kita harus tahu dan paham dalam penggunaan tipe data pada variabel.

Algoritme, makanan apa itu?

Sumber : google.com
Sumber : google.com

Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritme adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritme digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

~Wikipedia

Sebenarnya algoritma selalu kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari.Misalnya, kita ingin membuat nasi goreng kita pasti mengetahui cara-cara nya dan bahan-bahan yang di butuhkan. Bayangkan bila urutan tersebut di bolak-balik pasti nasi goreng kita tidak akan jadi seperti yang kita inginkan.

Dengan demikian, algoritme itu urutan cara yang logis untuk menyelesaikan masalah agar menjadi hasil yang kita inginkan. Lalu bagaimana dengan algoritma di dalam pemrograman? Kita akan sama-sama mempelajarinya pada artikel ini.

Algoritma Pemrograman

Seperti yang sudah kita bahas di atas, suatu program atau bisa kita sebut suatu masalah pasti membutuhkan cara atau solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Contohnya kita mempunyai masalah bagaimana cara menyelesaikan perhitungan aritmatika 1 + 1? Tanpa menggunakan algoritma pasti kita sudah langsung bisa menyelesaikan masalah tersebut 1 + 1 = 2.

Namun dalam pemrograman, suatu masalah harus di selesaikan secara urut dan logis. Kurang lebih contoh penyelesaiannya sebagai berikut:

  1. Menentukan bilangan awal : 1
  2. Menentukan bilangan akhir : 1
  3. Menentukan operasi aritmatika : +
  4. Melakukan perhitungan bilangan awal + bilangan akhir
  5. Menyatakan hasil perhitungan : 2

Sekian pembelajaran pertama kita. Untuk selanjutnya kita akan belajar lebih jauh lagi tentang pemrograman. Terimakasih.