Pengertian Gerbang Logika Dan Penjelasannya

Apa itu gerbang logika? gerbang logika adalah suatu piranti dalam dunia elektronika yang menjadi pembentuk sistem digital yang melakukan pengolahan data masukan (input) menjadi sinyal (output) Gerbang Logika sendiri menerapkan dalam Sistem Elektronika Digital pada dasarnya menggunakan Komponen-komponen Elektronika seperti Integrated Circuit (IC), Dioda, Transistor, Relay, Optik maupun Elemen Mekanikal.

Pada rangkaian sendiri ada 7 jenis gerbang logika dasar yang membentuk sebuah elektronika digital :
-Gerbang AND

-Gerbang OR

-Gerbang NOT

-Gerbang NAND

-Gerbang NOR

-Gerbang X-OR (Exclusive OR)

-Gerbang X-NOR (Exlusive NOR)


Ada juga tabel kebenaran gerbang logika atau truth label. Tabel logika sendiri adalah suatu tabel kemungkinan/variabel nilai/ logika biner yang mungkin diberikan ke input gerbang logika dan digunakan untuk menganalisa nilai kebenarannya. Tabel ini sendiri merupakan tabel yang menganalisa suatu kebenaran dari suatu pernyataan yang ada dalam dunia elektronika identik dengan kuat.

Dari penjelasan tersebut apakah anda sudah paham? kami pikir kami sudah menjelaskan secara detail tentang pengertian,fungsi,simbol dan jenisnya. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan wawasan anda hari ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.