Anti Ribet, Berikut Cara Mensetting Jam Digital Masjid dengan Android

Teknologi jam digital masjid merupakan salah satu penemuan yang dapat membantu umat muslim dalam menentukan waktu sholat yang tepat. Bahkan saat ini sudah banyak jenis jam masjid yang digital dengan teknologi canggih, salah satunya adalah dilengkapi konektivitas bluetooth dan wifi. Kini jika Anda ingin mensetting jam masjid yang digital tidak perlu repot, hanya dengan menggunakan smartphone Android semua beres. Bagaimana caranya? Yuk cek disini.

Melakukan Sambungan Dengan Perangkat Android

Ketika jam masjid yang digital sudah dilengkapi dengan wifi dan bluetooth, maka pengaturan bisa dilakukan dengan mudah. Meskipun remote jam hilang entah kemana. Namun sebelum itu, pastikan bahwa di masjid terdapat koneksi internet yang kuat untuk bisa melakukan pengaturan ini. Setelah itu, unduh dan install aplikasi untuk pengaturan jam digital di Playstore.

Jika sudah terinstall, sambungkan ke SSID dan masukkan nama masjid dan lokasinya. Jangan lupa untuk masukkan password. Ketika password sudah diterima, maka akan muncul perintah untuk membuka aplikasi pengaturan jam digital masjid. Pilih menu yang ada di layar sesuai dengan jenis jam digital yang ada di masjid Anda. Kemudian masukkan password yang terdiri dari 4 angka. Password ini, bisa didapatkan dari tempat Anda membeli jam tersebut.

Melakukan Setting Jadwal Sholat dan Jeda Iqomah

Ketika jam masjid yang digital sudah tersambung dengan aplikasi di smartphone Android, maka saatnya melakukan pengaturan jadwal sholat. Anda bisa menekan opsi tombol “AMBIL GPS ANDROID” di layar handphone, setelah itu tekan tombol OK. Ketika perintah telah diterima, jadwal sholat akan terinstall secara otomatis saat layar sudah menunjukkan beranda aplikasi.

Setelah pengaturan pada jadwal sholat selesai, maka bisa dilanjutkan dengan melakukan pengaturan pada waktu jeda iqomah. Cara mengaturnya cukup mudah, pertama masuk pada menu SETTING IQOMAH. Kemudian masukkan waktu iqomah yang Anda inginkan, contohnya selama 4 menit. Maka Anda bisa memilih opsi pada layar handphone sesuai dengan apa yang sudah disepakati tersebut. Setelah itu, pengaturan jeda iqomah bisa dilakukan dan pilih option OK.

Setelah selesai dengan setting jeda iqomah, tahapan selanjutnya adalah setiing jam atau biasa disebut dengan Setting Board pada jam digital masjid. Pada langkah ini Anda bisa masuk pada MENU SETTING BOARD di aplikasi Android, kemudian pilih mengaktifkan posisi jam pada ON atau OFF. Disini Anda bisa melakukan pengaturan pada jumlah beep atau bunyi alarm yang diinginkan. Jika sudah maka bisa diakhiri dengan option OK.

Itulah langkah langkah yang diperlukan untuk mengatur jam masjid yang digital dengan menggunakan aplikasi di ponsel Android. Tentu saja langkah ini hanya bisa diaplikasikan pada beberapa jenis jam saja. Jika Anda mencari jam digital khusus masjid yang sejenis ini, maka bisa menghubungi kami di alamat jamdigitalmasjid.id. Kami menawarkan jam digital khusus masjid dengan berbagai jenis dan ukuran.

Leave a Comment

Skip to toolbar