Panduan Cara Belanja di Alibaba dengan Rupiah, Gampang Banget!

Mau belanja di Alibaba? Berikut adalah panduan cara belanja di Alibaba dengan rupiah yang mudah bisa Anda ikuti.

Seperti yang diketahui, Alibaba merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar yang didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999. Menjadi marketplace raksasa di dunia, Alibaba memiliki jumlah pembeli yang sudah menjangkau sekitar 190 negara.

Penggunanya pun tidak hanya individu, melainkan juga pengecer, produsen, pedagang skala besar, hingga UKM yang bergerak di bisnis ekspor import atau pun agen perdagangan. Pastinya hal tersebut bukan perjalanan yang mudah, ada banyak pelajaran yang bisa diambil dalam bisnisnya yang mampu menembus hingga ke pasar global.

Panduan Cara Belanja di Alibaba dengan Rupiah

Buat Akun Alibaba

Sebenarnya cara belanja di Alibaba mudah sekali, pertama adalah memastikan Anda sudah memiliki akun Alibaba. Jika belum, maka Anda harus mendaftar atau membuat akun terlebih dulu. Setelah itu, login menggunakan akun Alibaba yang Anda miliki.

Cara daftar akun Alibaba bukan perkara yang sulit, Anda hanya perlu mengeklik tombol register dan memasukkan biodata yang diminta, seperti email dan password. Demi keamanan, pastikan untuk menggunakan password atau kata kunci yang rumit dan sulit ditebak, namun tetap mudah untuk Anda ingat.

Memilih Barang yang Ingin Dibeli

Selanjutnya adalah mencari barang – barang yang ingin dibeli dengan rupiah. Ingat, jangan buru – buru memutuskan untuk membeli barang yang dicari. Pastikan untuk terlebih dulu membandingkan dari satu penjual dengan penjual lain untuk mendapatkan harga yang terbaik. Jangan lupa, lihat detail barang, bahan, ulasan atau review dari konsumen lain tentang barang yang sedang Anda lihat.

Namun demikian, untuk berbelanja di Alibaba sangat disarankan agar Anda memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris atau Mandari. Karena kedua bahasa asing tersebut adalah yang paling banyak digunakan penjual di Alibaba. Tetapi jika tidak, Anda bisa gunakan bantuan kamus atau aplikasi penerjemah.

Memilih Penjual yang Pakai Email Bisnis

Sudah kami singgung di awal, Alibaba adalah salah satu e-commerce terbesar di dunia. Sayangnya, masih banyak penjual nakal yang berkeliaran di marketplace tersebut. Untuk mendapatkan penjual yang terpercaya, Anda bisa melihat dari ulasan dan jumlah barang yang berhasil dijual.

Cara lain adalah dengan memastikan penjual memiliki verifikasi dari Alibaba. Hindari pula penjual yang menggunakan alamat email pribadi. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih penjual yang menggunakan alamat email bisnis.

Menawarkan Banyak Metode Pengiriman

Berikutnya adalah memilih penjual di Alibaba yang menawarkan banyak metode pengiriman. Ini penting untuk memudahkan Anda mendapat biaya pengiriman barang yang lebih murah. Namun demikian, jangan lupa pula untuk memperhatikan keamanan barang yang Anda beli.

Apabila Anda membeli barang dalam jumlah sedikit, disarankan agar memilih jasa kirim barang seperti EMS, DHL, atau Fedex. Namun jika Anda membeli barang dalam jumlah besar sebaiknya memilih jasa forwarding. Alasannya, biaya kirim barang lewat jasa forwarding yang harus Anda keluarkan akan lebih murah. Jangan lupa, perhitungkan juga mengenai pajak dan asuransi.

Metode Pembayaran yang Beragam

Cara belanja di Alibaba selanjutnya ada pada bagian pemilihan metode pembayaran. Jasa pengiriman terbaik pastinya akan menawarkan metode pembayaran yang beragam, antara lain dengan menggunakan kartu kredit, western union, dan paypal.

Namun demikian, untuk belanja di Alibaba dengan rupiah maka Anda bisa memilih metode pembayaran menggunakan western union. Tak perlu khawatir, untuk melakukan pembayaran menggunakan metode tersebut Anda bisa melalui beberapa tempat, seperti kantor Pos, Indomart, Alfamart, Pegadaian, dan lain sebagainya.

Melakukan Konfirmasi Pembayaran

Terakhir adalah melakukan konfirmasi pembayaran agar barang yang Anda beli bisa segera dikirimkan ke alamat Anda. Pastikan untuk memberikan alamat pengiriman secara detail dan jelas. Setelah itu Anda hanya perlu menunggu barang yang dibeli sampai ke tangan Anda sesuai alamat yang Anda cantumkan.

Perlu diketahui, belanja di Alibaba perlu sedikit kesabaran. Kenapa? Estimasi pengiriman barang di Alibaba biasanya paling lambat selama 2 minggu – 1 bulan, bergantung jasa ekspedisi yang Anda pilih dan alamat yang Anda cantumkan.

Demikianlah panduan cara belanja di Alibaba dengan rupiah yang mudah. Semoga informasinya bermanfaat dan membantu.

Leave a Comment

Skip to toolbar