Situ Mustika Kota Banjar, Wana Wisata Menarik di Tengah Kota

Situ Mustika Kota Banjar, Wana Wisata Menarik di Tengah Kota

Situ Mustika Kota Banjar menyajikan keindahan alam Kota Banjar yang sangat memanjakan mata. Meskipun sempat ditutup selama tiga bulan karena dampak Covid-19, pemerintah kota tampaknya tengah bersiap dalam menghadapi lonjakan pengunjung kali ini. Tempat wisata di Banjar ini tentu sudah sangat populer bagi kalangan masyarakat Jawa Barat, khususnya Kota Banjar.

Situ Mustika Kota Banjar

Provinsi Jawa Barat memang tak akan pernah berhenti menghadirkan destinasi wisata andalan. Salah satunya adalah objek wisata Situ Mustika. Di tempat ini pengunjung akan menikmati segala hal yang mampu membius mata anda karena keindahannya.

Bahkan objek wisata andalan Jawa Barat ini tak jarang menghadapi lonjakan pengunjung, apalagi jika memasuki masa liburan. Pengunjung hampir mencapai 100 ribu orang. Wisata ini memiliki nama lain yakni wana wisata Mustika Taman Anggrek.

Seperti namanya, pengunjung juga disajikan berbagai macam tanaman anggrek. Anggrek yang ditanam tersebut berada di sebuah taman khusus sehingga dapat menghipnotis mata pengunjung untuk berlama-lama berada di Situ Mustika Kota Banjar tersebut.

Fasilitas Wana Wisata Mustika

Selain memberikan pemandangan taman anggrek andalannya, Situ Mustika juga memberikan beberapa wahana lain dan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati.

Diantaranya adalah kampung militer, kolam arus, kampung satwa, area public (saung Banjar), dusun bambu, permainan air bebek-bebekan, camping ground, taman nusa, dan juga area food court.

Bahkan, pengelola objek wisata tersebut juga akan menambahkan wahana lain seperti out bond dan juga flying fox. Selain itu, pengelola juga menggaet keamanan setempat seperti kepolisian sektor Banjar. Kemudian pengelola juga menyiapkan medical team untuk stand by di objek wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati objek wisata Situ Mustika Kota Banjar, pengunjung dapat membayar retribusi sebesar Rp 15.000 untuk weekdays (hari-hari biasa), sebesar Rp 20.000 untuk akhir pekan (weekend), dan hari libur nasional atau hari cuti bersama.

Selain itu, anda juga dapat menikmati paket terusan yang juga sudah disiapkan oleh pengelola, yakni Rp 50.000 per orang (usia di atas 2 tahun). Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati enam wahana wisata, seperti wisata kampung seni, wisata kampung militer, kampung satwa, wahana air, istana balon, dan juga taman anggrek.

Promo Tiket Khusus Pembukaan Kembali

Pengelola wisata Situ Mustika Banjar ini pun mengatakan jika harga tiket yang baru ini dipersiapkan dalam rangka pembukaan kembali. Hal ini seperti yang sudah diketahui jika objek Situ Mustika ini telah ditutup sementara sejak pandemi Covid-19 ini merebak.

Kini Situ Mustika Kota Banjar kembali dibuka dengan harga tiket yang ditawarkan lebih murah dibandingkan biasanya. Harga tersebut adalah sebesar Rp 10.000. Harga tersebut sudah termasuk tiket ke semua wahana, kecuali wahana istana balon dan juga wahana air yang tetap membayar seperti biasa.

Menurut pengelola, rencana pembukaan dengan promo harga tiket tersebut akan tetap berlangsung selama empat bulan kedepan. Dengan artian jika pengunjung dapat menikmati promo tiket murah sampai dengan bulan Oktober mendatang.

Meskipun kini sudah dibuka, namun Situ Mustika di Kota Banjar masih belum menambahkan wahana baru. Mereka masih berfokus pada pembenahan di setiap wahana agar semakin menambah kenyamanan pengunjung. Kemudian pengelola juga masih memaksimalkan fasilitas yang ada di Situ Mustika Kota Banjar dan potensi pemandangan alam yang sangat asri tersebut.

Sekilas Fakta Situ Mustika Banjar

Objek wisata yang merupakan hasil pengelolaan atau objek wisata buatan yang ada di pusat Kota Banjar ini terletak di Desa Karang Panimbal, Kecamatan Purwaharja, Banjar, Jawa Barat. Kemudian mampu menawarkan sebuah panorama sejuk di tengah Kota Banjar.

Dalam objek wisata ini terdapat sebuah situ yang di tengahnya terdapat sebuah pulau yang kecil. Kemudian juga dihubungkan dengan jembatan gantung menuju ke pinggir situ.

Area objek wisata ini memiliki luas sekitar 8,5 hektar dengan 3,5 hektar merupakan situ dan 5 hektar berupa daratan. Objek Situ Mustika Kota Banjar yang juga dikenal dengan nama Mustika Taman Anggrek ini juga sudah bertransformasi lebih indah.

Leave a Comment

Skip to toolbar