Memahami Makna Qurban

kambing qurban

Tiap beribadah dalam agama Islam, terhitung menyembelih hewan qurban pada saat hari raya Idul adha, dipandang sah secara syariat apabila telah tercukupi persyaratan-syaratnya.

Dalam syariat Islam, ada dua persyaratan yang perlu tercukupi supaya kurban bisa diterima dan dipandang resmi. Berkurban sendiri hukumnya sunah muakadah atau sangat ditegaskan sebab kelebihannya yang agung dalam Islam. Kelebihan berkurban itu tergambar dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, jika Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang mempunyai keluasan [harta], sedang dia tidak berkurban, jangan sampai dekat-dekat mushala kami,” (H.R. Ahmad, Ibnu Majah dan Hakim).

Baca Juga Aqiqah Bogor

Persyaratan Orang yang Berkurban

1. Orang yang berkurban ialah seorang muslim atau Muslimah,
2. Orang itu sudah mencapai umur baligh yang diikuti dengan:
Keluar mani pada anak lelaki atau wanita bagus di dalam kondisi menjaga atau mmpi selaku sinyal beralihnya hormon dalam diri mereka,
Keluar darah haid untuk anak wanita,
3. Bila yang berkurban ialah anak yang belum baligh, jadi tidak disuruh untuk lakukan sembelihan, namun sunnah untuk walinya untuk berkurban atas nama anak itu.
4. Berakal Sehat
5. Sanggup, dalam makna memiliki keunggulan pada makanan dasar, baju, dan rumah untuk diri kita dan keluarganya di Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik.
Siapa saja yang sudah penuhi persyaratan itu, karena itu sunnah untuknya untuk lakukan beribadah kurban.

Melakukan Kurban di Sama Waktunya

Tiap tahunnya, Hari Raya Idul Adha adalah saat yang disunnahkan untuk kita melakukan kurban. Waktu realisasinya bisa dikerjakan dimulai dari matahari keluar sampai tenggelam. Persisnya diawali di saat sesudah usai Shalat Idul Adha s/d Hari Tasyrik yakni 13 Dzulhidjah.

Baca Juga Paket Aqiqah Bogor

Pilih Macam Hewan Kurban dan Memeriksa Keadaan Hewan Itu

Macam hewan yang diperlukan untuk kurban yakni macam hewan-hewan ternak sperti kambing, domba, sapi, unta dan hewan yang lain sesuai persyaratan yang disyariatkan dalam Al Quran dan hadist atau disebutkan dengan Bahiimatul Al An’aam (hewan ternak spesifik).

Persyaratan Hewan Pantas Kurban

Saat sebelum lakukan pemotongan kurban yang dikerjakan, penyembelih atau orang yang akan berkurban harus mengecek hewan kurbannya lebih dulu. Hal itu ditujukan untuk pastikan hewan itu sudah penuhi persyaratan hewan kurban

  • Unta (Usia 5-6 tahun)
  • Sapi/Kerbau (Masuk usia 2 tahun)
  • Kambing (Masuk usia 1-2 tahun)
  • Domba (6 bulan)

Berikut perincian proses pemotongan hewan kurban yang diambil dari kisah-riwayat hadist dan info beberapa ulama,

Baca Juga Memahami Pelaksanaan Aqiqah

Pekurban dan penyembelih pada kondisi suci,
Tempat pemangkasan hewan kurban relative bersih dari kotoran,
Berlaku halus pada hewan kurban, tidak berlaku seperti tarik hewan itu secara kasar, ditambah sekalian dipukul.
Memberinya minum untuk hewan kurban saat sebelum disembelih untuk menearapkan al-Ihsan yang diberikan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkaitan sembelihan,
Menghadapkan hewan kurban yang disembelih menuju kiblat.
Saat menyembelih, penyembelih membaca shalawat: