Olahan Buah Mangga

Olahan Mangga – siapa diantara kalian yang suka sama mangga, sekarang ini ada banyak sekali makanan variasi dari mangga.

Tak hanya mangga yang sudah matang, mangga muda juga sangat digemari oleh orang-orang. Tak hanya favorit bagi wanita yang sedang hamil, sekarang ini baik lansia ataupun anak-anak juga suka olahan dari mangga muda ini

Yang perlu kamu perhatikan sebelum mengolah mangga muda yaitu rasanya yang “kecut”, oleh karena itu kamu harus pintar-pintar untuk mengolahnya agar lebih bersahabat dengan lidah.

Berbagai Olahan Mangga

Kamu bingung bagaimana mengolah mangga muda, tenang aja kali ini kita akan membagikan 10 olahan dari mangga muda, tak hanya dari Indonesia tetapi berbagai negara

Silahkan dipilih yang sesuai dengan seleramu.

1. Asinan Bogor

Kita mulai dari kota hujan, yaps Bogor. Kamu sudah pernah mencoba asinan bogor ? kalo belum, berarti kamu telah melewatkan olahan mangga muda terenak di Nusantara

Asinan Bogor adalah makanan khas dari Bogor yang menggunakan bahan dasar dari buah-buahan segar, termasuk mangga muda. Selain itu di dalamnya juga terdapat buah lain seperti nanas, kedondong, mentimun dan bengkuang

Kuahnya sendiri mempunyai rasa yang beragam tetapi menyatu yaitu manis, pedas, dan asam. Dijamin kamu makan ini pasti akan kembali segar

Biasanya kalo kamu beli asinan ini di pedagang, maka akan dapat tambahan topping kol dan kacang goreng, selain itu kamu juga dapat memakan Asinan Bogor dengan dampingan kerupuk mie.

2. Sambal Pencit

Olahan mangga muda selanjutnya yang dapat ngiler yaitu sambal pencit

Sambal pencit merupakan makanan yang berasal dari Indonesia, dan populer di pulau Jawa. Pencit sendiri merupakan nama dari mangga muda dalam bahasa Jawa

Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu memotong memanjang seperti korek api mangga muda yang masih kecut, kemudian potongan mangga tersebut dicampur dengan sambal terasi pedas. Kamu juga boleh menambahkan ikan teri agar rasanya lebih mantap

Sambal pencit dapat dinikmati dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, ikan bakar dan juga tahu atau tempe goreng. Akan lebih nikmat jika kamu memakannya dengan nasi putih yang masih hangat. Dijamin rasanya maknyusss.

3. Rujak Cingur

Pernah jalan-jalan ke Surabaya atau daerah Jawa Timur-an gak ? rasanya kurang lengkap kalo kamu belum pernah makan rujak cingur saat berkunjung ke Jawa Timur.

Mangga muda juga digunakan dalam rujak cingur, tetapi penggunaannya tidak terlalu banyak, didalam rujak cingur sendiri terdapat bahan lain seperti nanas, kedondong, bengkuang serta mentimun

Sesuai namanya rujak cingur menggunakan cingur (bagian mulut sapi) ditambah dengan bahan lain seperti sayur, buah, tahu dan juga tempe. Bahan-bahan tersebut dipotong-potong kecil kemudian disiram dengan bumbu kacang dan petis

5. Manisan

Mau makan manisan mangga muda, tetapi tidak tahu harus beli dimana ? gak perlu khawatir kamu bisa buat sendiri kok di rumah. Kamu juga tak perlu khawatir mengenai bahan dan cara pembuatannya, karena sangat gampang dan praktis sekali

Ayo langsung praktekkan saja

Pertama pilih mangga muda yang baik, kemudian kupas mangga dan iris tipis-tipis. Masukan irisan mangga ke dalam air garam kemudian di remas-remas agar rasa masamnya menghilang

Setelah itu cuci mangga muda dengan air matang. Siapkan air gula hingga mengental (dengan perbandingan 1 kg gula untuk 150 gram air), setelah masukan irisan mangga ke dalam air gula dan sambil diaduk perlahan-lahan hingga matang

Taraaa, olahan mangga bentuk manisan selesai dibuat

6. Green Mango Prawns Curry

Kali ini olahan mangga dari negara India ya

Kalo kamu tahu bahwa di India itu kari tidak harus berasal dari daging sapi maupun daging ayam. Kari di sana juga bisa menggunakan udang segar lho. Tetapi agar kuahnya tidak amis maka kari akan ditambahkan dengan berbagai rempah-rempah dan mangga muda

Nama karinya yaitu Green manggo prawns curry. Perpaduan mangga muda yang asam, rempah-rempah dan santan yang kental menghasilkan rasa kari yang lezat. Bahkan mangga mudanya juga rasanya tidak terlalu kecut ketiak dimakan setelah dimasak jadi kari

7. Saus Salsa Mangga

Kali ini olahan mangga muda berasal dari negara Meksiko, nama nya sendiri seperti tarian yaitu saus salsa mangga. Mangga digunakan untuk memberi rasa asam pada saus tersebut.

Rasa saus salsa sendiri terkesan nano-nano karena kamu bisa menemukan berbagai rasa seperti pedas, manis, dan asam pada saus asal negeri Salsa ini

Karena olahan mangga muda ini berbentuk saus tentunya kurang lengkap tanpa adanya hidangan utama. Saus salsa sendiri biasanya digunakan sebagai dipping sauce pada ikan, nachos atau hidangan lainnya

Apabila kamu kurang suka terhadap rasa mangga yang asam, kamu dapat menggunakan mangga matang agar rasanya manis. Tetapi untuk cita rasa spesial, lebih baik gunakan mangga muda saja

8. Tumis Mangga Muda

Sebenarnya orang Indonesia itu kreatif-kreatif lho. Bukitnya mangga muda saja bisa dibuat tumis. Tumis mangga muda merupakan tumis dari bahan dasar potongan mangga muda

Potongan mangga muda tersebut kemudian di tumis dengan bumbu-bumbu lain seperti cabe merah, cabe merah, bawang putih dan bawang merah, jahe dan juga daun jeruk

Rasa mangga muda setelah ditumis tidak terlalu asam sehingga kamu bisa menyantap nya dengan nasi putih ataupun dengan lauk langsung seperti ayam goreng, empal goreng, dan ikan goreng.

9. Puding Mangga

Ingin menggunakan mangga muda sebagai hidangan penutup atau dessert, kamu dapat mengolahnya menjadi puding lho.

Tak perlu khawatir dengan rasa asam dari mangga muda, kamu dapat menyamarkan rasanya dengan menambahkan susu maupun gula agar rasanya lebih nyaman

Hidangan penutup memang cocok untuk makanan yang segar atau manis, dengan menggunakan mangga muda maka akan mengeluarkan rasa segar dari puding tersebut. Diatas puding juga boleh kamu tambahkan mangga matang, agar rasa mangga dan manis lebih terasa

Bagi kamu yang suka seni, baca juga mengenai Cara Menggambar Buah Mangga dengan Mudah

10. Keripik Mangga

Keripik buah sekarang emang sangat populer saat ini, begitu juga dengan keripik mangga muda. Kamu dapat menjumpai keripik mangga muda di toko oleh-oleh

Kalo kamu hendak membuatnya sendiri, caranya cukup simple kok. Pertama rendam mangga muda di air kapur sirih agar rasa asam mangga yang kuat dapat menghilang, kemudian jemur mangga dibawah terik matahari hingga tekstur nya kering

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan kami lainnya di Neprona

Setelah benar-benar kering, goreng mangga di minyak panas hingga tekstur nya renyah. Setelah matang kamu dapat menambahkan gula pasir agar rasanya manis dan enak

Itulah 10 olahan mangga muda yang dapat kamu buat sendiri di rumah, cara nya mudah-mudah kan. Tetapi jika kamu tidak mempunyai waktu untuk membuatnya kamu dapat membeli juga kok

Bantu share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi kita semua

Dan seperti biasa, terimakasih sudah mampir.

Ketahui Cara Membangun Situs Web Yang Sukses

Baik itu untuk tujuan bisnis, untuk berbagi ide dan pemikiran Anda dengan dunia, atau untuk terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama yang membagikan gairah hidup Anda, Anda mungkin tertarik untuk membuat situs web sendiri untuk membangun audiens.

Jika Anda belum memiliki pengalaman dalam HTML atau desain web, prospek untuk membangun sebuah situs web mungkin tampak menakutkan, namun, mengetahui alat yang tepat untuk digunakan dan langkah-langkah apa yang dapat diambil dapat membantu menghilangkan ide Anda dan mencapai lalu lintas yang Anda bayangkan.

Untuk membantu, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cara membangun situs web yang sukses.

Tetapkan Tujuan Situs Web Anda

Perencanaan dan persiapan adalah kunci sebelum meluncurkan situs web yang sukses. Sebelum Anda mulai membangun situs web Anda, Anda perlu memikirkan tentang apa yang ingin dicapai halaman web Anda.

Jika Anda membuat situs web untuk bisnis Anda, tujuan utama Anda adalah untuk meningkatkan laba perusahaan Anda, tetapi Anda juga harus memecahnya menjadi tujuan yang lebih transisi dan spesifik, seperti meningkatkan kesadaran merek.

Jika hasrat Anda adalah menulis di blog dan Anda ingin berbagi pikiran dan perasaan Anda dengan massa, tujuan Anda seharusnya untuk mengarahkan lalu lintas dan membangun komunitas.

Pilih Nama Domain yang Cocok

Setelah Anda menguraikan alasan di balik pengaturan situs web, langkah selanjutnya adalah memilih nama domain yang cocok yang sesuai dengan siapa Anda dan apa isi halaman Anda.

Memilih nama domain yang tepat bisa jadi sulit, jadi yang terbaik adalah tetap menggunakan yang mudah diingat dan membuat pengunjung tahu siapa Anda sejak awal.

Dengan jutaan situs web aktif di internet, Anda akan menemukan bahwa banyak ide Anda sudah diambil.

Untuk membantu Anda memilih nama domain yang tepat, pastikan untuk bertukar pikiran tentang berbagai konsep dan kata kunci yang relevan dengan apa yang Anda rencanakan untuk ditawarkan di halaman Anda. Atau anda bisa memberi nama web anda dengan nama anda sendiri seperti pemiliki situs Ilhamteguh ini.

Temukan Penyedia Hosting

Menemukan penyedia hosting web yang tepat adalah penting karena beberapa alasan. Host web Anda bertanggung jawab untuk memperbarui perangkat keras dan perangkat lunak, serta pemeliharaan server.

 Banyak penyedia hosting web memasukkan nama domain yang diperhitungkan dalam biaya hosting yang dapat menghemat uang Anda.

Untuk menemukan penyedia hosting web yang memiliki reputasi baik, ada banyak pertanyaan yang perlu Anda tanyakan, seperti apakah penyedia memiliki server yang andal, dan apakah mereka dapat menangani lalu lintas Anda.

Jika situs web Anda lepas landas dan mendapatkan daya tarik, Anda akan ingin memiliki penyedia hosting yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Rencanakan Organisasi Situs Anda

Situs web yang sukses membutuhkan perencanaan dan organisasi yang tepat. Sebelum mengerjakan desain situs web, yang terbaik adalah duduk dan mencari tahu apa kategori dan halaman utama halaman web Anda akan miliki.

Halaman yang paling penting harus terdaftar di menu utama Anda, sehingga memudahkan pengunjung ketika menavigasi ke area paling penting dari situs Anda.

Untuk memberikan struktur situs web Anda, Anda harus membuat daftar halaman situs web Anda, menetapkan ajakan bertindak yang jelas pada setiap halaman, serta menggunakan hierarki visual untuk mengarahkan konsumen ke konten yang paling bermanfaat.

Kembangkan Desain Situs Web yang Sukses

Setelah Anda yakin dengan halaman utama yang akan Anda buat, langkah selanjutnya adalah merancang situs web Anda.

Dua opsi yang dapat Anda pilih menggunakan pembuat situs web atau meminta bantuan perancang web profesional. Jika Anda memilih yang pertama, penting bagi Anda untuk meneliti berbagai penyedia pembuat web yang tersedia.

Banyak pemilik situs web mencari penyedia terkemuka seperti Wix atau WordPress. Ada perbedaan utama antara Wix dan WordPress yang dapat membantu Anda mengambil keputusan.

Salah satu perbedaan antara Wix dan WordPress dapat ditemukan dalam jenis templat / tema mereka. Mereka memiliki tingkat kemampuan penyesuaian yang berbeda, dan satu platform mungkin lebih cocok untuk kebutuhan situs web Anda.

Setelah Anda mempertimbangkan persamaan dan perbedaan antara Wix vs WordPress , Anda akan merasa lebih percaya diri dengan keputusan akhir Anda.

Optimalkan untuk SEO

Agar orang menemukan situs web Anda, Anda perlu memahami pentingnya SEO dan bagaimana hal itu dapat membantu membangun traffic.

Mempelajari dasar-dasar SEO dan mengoptimalkan halaman Anda sebelum ditayangkan akan membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Anda.

Menggunakan kata kunci yang relevan dan menambahkan deskripsi meta untuk setiap halaman di situs web Anda harus menjadi langkah pertama Anda.

Meskipun optimasi mesin pencari banyak yang harus ditangani pada awalnya, setelah Anda mempelajari dasar-dasarnya, Anda dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda pada platform seperti Google dan Yahoo.

Rencanakan Strategi Pemasaran Anda

Terlepas dari betapa hebatnya desain situs web Anda, Anda perlu memiliki strategi pemasaran yang solid agar situs web Anda dapat dilihat oleh massa.

Taktik seperti pemasaran media sosial, pemasaran konten, dan pemasaran berbayar adalah semua cara untuk dipertimbangkan. Menyiapkan halaman bisnis di Facebook dan menautkan situs web Anda akan membantu mengarahkan pengunjung ke arah yang benar.

Saat meluncurkan situs web, wajar jika Anda menginginkan pengunjung sebanyak mungkin. Agar situs web Anda mendapatkan lalu lintas, semua kiat yang tercantum di atas dapat membantu Anda dalam perjalanan menuju sukses.

Pengertian Ta’aruf

Bagi sebagian orang, mereka tidak ingin mengambil risiko menikah tanpa benar-benar mengetahui pasangan mereka terlebih dahulu.

Itu sebabnya mereka sering berkencan satu sama lain untuk jangka waktu tertentu. Gaya berpacaran setiap pasangan berbeda tetapi masing-masing memiliki tujuan yang sama.

Tujuan akhirnya adalah untuk mengetahui lebih banyak tentang orang yang mereka sukai dengan harapan untuk menikah dengan mereka.

Jadi, apakah pernikahan dijamin akan terjadi? Tidak juga. Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan itu. Pacaran tidak selalu dijamin memiliki akhir yang bahagia.

Banyak pasangan sering putus setelah bertahun-tahun berpacaran dan menikah dengan orang lain. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, berikut adalah pengertian taaruf beserta penjelasan selengkapnya.

Ta’aruf dalam Islam

Untuk menghindari penyesalan dalam memilih orang yang salah, penting untuk mengetahui orang yang akan menikah.

Jadi, jenis PDKT yang tepat dalam Islam dikenal sebagai ta’aruf. Dalam hal ini, secara umum pengertian taaruf yaitu dimana seorang pria dan wanita berkenalan sebelum menikah tanpa melakukan pacaran.

Poin utama ta’aruf adalah saling mengenal satu sama lain dengan baik sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Ta’aruf juga tentang saling memperkenalkan sifat-sifat keluarga, memahami harapan dan impian satu sama lain.

Melalui hal ini, mereka dapat memutuskan apakah mereka pasangan yang cocok atau tidak. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan ta’aruf.

1. Bicara dengan Orang-Orang yang Dekat dengan Mereka

Berbicara adalah proses konsep penting Taaruf dalam Islam. Untuk mengetahui lebih banyak tentang pasangan masa depan Anda, bicarakan dengan orang-orang yang dekat dengan mereka.

Orang-orang terbaik untuk diajak bicara adalah anggota keluarga mereka. Tanyakan kepada mereka tentang kebiasaan, kepribadian, dan karakter mereka.

Tidak apa-apa untuk berbicara dengan teman terdekat mereka. Mereka mungkin tahu sesuatu yang tidak dimiliki keluarga mereka.

2. Temukan Kualitas yang Menarik tentang Mereka

Dari semua percakapan yang dilakukan oleh keluarga dan pasangan potensial, temukan kualitas yang menarik dari orang yang akan menghabiskan sisa hidup Anda.

Kekuatan mereka benar-benar dapat membantu Anda untuk mendapatkan gambar karakter mereka dengan lebih baik. Bagi para wanita, sifat-sifat positif mereka dapat menjadi Tanda sebagai Calon Suami yang Baik untuk menuju jenjang pernikahan.

3. Kenali Lingkungan Sekitar Mereka

Cari tahu seperti apa lingkungan mereka. Hal ini berarti mengenal tempat-tempat mereka berkumpul dari waktu ke waktu. Anda mungkin juga ingin tahu apakah tempat-tempat ini baik dan kompatibel dengan norma sosial dan juga Islam.

Salah satu hal tentang orang baik adalah bahwa mereka terbuka untuk mengatakan semua tentang kebiasaan sehari-hari dan tempat-tempat yang sering mereka kunjungi. 

4. Pelajari Kebiasaan Mereka

Biasakan diri dengan semua kebiasaan mereka. Mungkin ada beberapa hal buruk yang tidak bisa Anda terima. Penting untuk mengetahui kebiasaan baik dan buruk mereka.

Jangan mengejutkan diri Anda dengan kebiasaan buruk mereka setelah menikah. Mungkin akan lebih sulit untuk menghadapinya.

5. Ketahui Prinsip Hidup mereka

Menikah berarti memiliki tujuan hidup yang sama. Penting untuk mengetahui apakah tujuan dan prinsip hidup Anda cocok dengan prinsip mereka.

Perbedaan apa pun bisa sangat sulit dikompromikan jika Anda baru tahu nanti setelah menikah.

6. Khitbah

Proses selanjutnya setelah konsep Taaruf dalam Islam disebut khitbah. Di sinilah kedua belah pihak merasa bahwa setiap persyaratan dan informasi sudah cukup.

Ketika mereka merasa benar satu tujuan, maka proposal tersebut dapat dilanjutkan. Khitbah membuka jalan untuk menikah. Perencanaan untuk pernikahan sekarang dapat dimulai.

Pernikahan tanpa pacaran seharusnya bukan sesuatu yang akan menyebabkan penyesalan. Proses ta’aruf mencakup seluruh aspek mengenal pasangan secara sangat rinci. Apa yang diharapkan dari ta’aruf adalah pernikahan yang berlangsung lama.

Janagn lupa baca juga artikel Islami lainnya di Imujio

Lingkungan Makro | Enam Kekuatan Di Lingkungan Bisnis

Perusahaan tidak sendirian dalam lingkungan bisnisnya. Dikelilingi oleh dan beroperasi dalam konteks yang lebih besar.

Konteks ini disebut Lingkungan Makro. Ini terdiri dari semua kekuatan yang membentuk peluang, tetapi juga menimbulkan ancaman bagi perusahaan.

Menurut situs sindunesia lingkungan Makro terdiri dari 6 kekuatan yang berbeda. Ini adalah: D emographic, E conomic, P olitical, E cological, S Ocio-Budaya, dan T echnological Forces. Ini dapat dengan mudah diingat: model DESTEP , juga disebut model DEPEST.

Hal ini sangat membantu dalam mempertimbangkan faktor-faktor berbeda dari Lingkungan Makro.

Berikut keenam daripada kekuatan di lingkungan bisnis makro.

Kekuatan Demografis di Lingkungan Makro

Kekuatan demografis berhubungan dengan orang. Nama mengacu pada istilah Demografi. Yang terakhir mengacu pada studi populasi manusia. Ini termasuk ukuran, kepadatan, usia, jenis kelamin, pekerjaan dan statistik lainnya.

Mengapa orang penting? Karena, secara keseluruhan, kebutuhan mereka adalah alasan bisnis ada. Dengan kata lain, orang adalah kekuatan pendorong untuk pengembangan pasar.

Demografi yang besar dan beragam menawarkan peluang sekaligus tantangan bagi bisnis. Terutama di saat pertumbuhan populasi dunia yang cepat, dan perubahan demografis secara keseluruhan, studi tentang orang sangat penting bagi pemasar.

Alasannya adalah bahwa mengubah demografi berarti mengubah pasar. Lebih jauh, perubahan pasar berarti kebutuhan akan strategi pemasaran yang disesuaikan.

Oleh karena itu, pemasar harus mengawasi demografi. Ini dapat mencakup semua jenis karakteristik populasi, seperti ukuran, pertumbuhan, kepadatan, usia, dan struktur gender, dan sebagainya.

Kekuatan ekonomi di Lingkungan Makro

Kekuatan ekonomi berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli konsumen dan pola pengeluaran.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan seharusnya tidak pernah mulai mengekspor ke suatu negara sebelum memeriksa berapa banyak orang yang dapat dibelanjakan.

Kriteria penting adalah: PDB, tingkat pertumbuhan riil PDB, GNI, tarif Bea Masuk dan pajak penjualan / PPN, Pengangguran, Inflasi, Penghasilan pribadi sekali pakai, dan pola Pengeluaran.

Kekuatan sosial-budaya di Lingkungan Makro

Kekuatan Sosial-Budaya terkait dengan faktor-faktor yang memengaruhi nilai-nilai dasar, preferensi, dan perilaku masyarakat.

Dasar dari faktor-faktor ini dibentuk oleh fakta bahwa orang adalah bagian dari masyarakat dan kelompok budaya yang membentuk kepercayaan dan nilai-nilai mereka. Banyak kesalahan budaya terjadi karena kegagalan bisnis dalam memahami budaya asing. Misalnya, simbol dapat membawa makna negatif dalam budaya lain.

Untuk memahami kekuatan-kekuatan ini, dimensi budaya Hofstede dapat digunakan: Jarak Kekuatan, Individualisme versus Kolektivisme, Maskulinitas lawan Feminitas, Penghindaran Ketidakpastian dll.

Kekuatan teknologi di Lingkungan Makro

Kekuatan teknologi membentuk pengaruh penting dalam Lingkungan Makro. Mereka berhubungan dengan faktor-faktor yang menciptakan teknologi baru dan dengan demikian menciptakan peluang produk dan pasar baru.

Kekuatan teknologi yang dapat dipikirkan semua orang saat ini adalah pengembangan teknik komunikasi nirkabel, smartphone, tablet, dan sebagainya.

Ini mungkin berarti munculnya peluang untuk bisnis, tetapi hati-hati: setiap teknologi baru menggantikan yang lebih lama.

Dengan demikian, pemasar harus memperhatikan lingkungan teknologi dengan cermat dan beradaptasi agar dapat mengikutinya. Jika tidak, produk akan segera kedaluwarsa, dan perusahaan akan kehilangan produk baru dan peluang pasar.

Kekuatan ekologis di Lingkungan Makro

Kekuatan ekologis, atau alami dalam Lingkungan Makro itu penting karena mereka menyangkut sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai input oleh pemasar atau yang dipengaruhi oleh kegiatan pemasaran mereka.

Juga, masalah lingkungan telah tumbuh kuat dalam beberapa tahun terakhir, yang membuat kekuatan ekologis menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan.

Misalnya, polusi dunia, udara, dan air adalah berita utama yang harus diperhatikan oleh setiap pemasar. Dengan kata lain, Anda harus melacak tren di lingkungan ekologis.

Tren penting dalam lingkungan ekologis adalah semakin sedikitnya bahan baku dan kepedulian terhadap sumber daya terbarukan. Selain itu, peningkatan polusi, tetapi juga peningkatan intervensi pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam adalah masalah.

Karena semua kekhawatiran ini dan meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam masalah ekologi, perusahaan lebih dari sebelumnya perlu mempertimbangkan dan menerapkan kelestarian lingkungan.

Ini berarti mereka harus berkontribusi untuk mendukung lingkungan, misalnya dengan menggunakan sumber energi terbarukan. D

engan demikian, bisnis tidak hanya mendukung pemeliharaan planet hijau, tetapi juga menanggapi permintaan konsumen untuk produk yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab.

Kekuatan politik di Lingkungan Makro

Setiap bisnis dibatasi oleh lingkungan politik. Ini melibatkan hukum, lembaga pemerintah dan kelompok penekan. Ini mempengaruhi dan membatasi organisasi dan individu dalam suatu masyarakat.

Karena itu, keputusan pemasaran sangat dipengaruhi dan dipengaruhi oleh perkembangan di lingkungan politik.

Sebelum memasuki pasar baru di negara asing, perusahaan harus tahu segalanya tentang lingkungan hukum dan politik. Bagaimana undang-undang akan memengaruhi bisnis? Aturan apa yang harus dipatuhi? Undang-undang apa yang membatasi kemampuan perusahaan untuk menjadi sukses?

Misalnya, undang-undang yang mencakup masalah seperti perlindungan lingkungan, peraturan keselamatan produk, persaingan, penetapan harga dll. Mungkin mengharuskan perusahaan untuk menyesuaikan aspek dan strategi tertentu dengan pasar baru.

Seperti yang telah kita lihat, perusahaan dikelilingi oleh lingkungan yang kompleks. Lingkungan Makro terdiri dari berbagai macam kekuatan yang berbeda.

Semua ini dapat membentuk peluang bagi perusahaan, tetapi juga dapat menimbulkan ancaman. Karena itu, sangat penting bagi para pemasar untuk memahami dan mengawasi perkembangan di Lingkungan Makro, untuk membuat bisnis mereka tumbuh dalam jangka panjang.

Jenis Jenis Surat Resmi

Apa itu surat resmi? Surat resmi adlaah surat yang sering digunakan untuk keperluan formal/resmi dari pihak-pihak tertentu, baik dari prorangan, lembaga, organisasi, atau instansi tertentu yang saling berkomunikasi satau sama lain dengan secara formal.

Surat resmi dibuat dengan kaidah dan aturan yang sudah ditentukan, misalnya saja penggunaan bahasa baku, isi surat harus jelas dan dibuat dengan cermat sesuai keperluan.

Meski surat resmi sering sekali digunakan untuk keperluan pribadi, surat resmi tersebut tetap menggunakan aturan tertentu. Slah satu cdari contoh surat resmi adalah surat undangan pernikahan.

Fungsi surat Resmi

Surat resmi mempunyai banyak fungsi khusus yang tidak jumpai pada jenis sureat lainnya. Melihat dari pengertian surat resmi diatas. Berikut ini beberapa fungsi surat resmi tersebut:

  • Untuk sarana informasi atau pemberitahuan mengenai beberapa hal yang disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain, misal sebuah penyampaian ide atau gagasan.
  • Surat resmi menjadi bukti tertulis dalam bentuk dokumen yang berupa isinya bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan.
  • Sebagai pedoman kerja untuk melakukan kegiatan atau aktivitas dimana surat resmi tersebut isinya tentang langkah kerja untuk suatu pekerjaan tertentu.
  • Untuk alat penginggat bagi yang menerima surat tersebut baik itu perorangan, organisasi, atau lembaga. Maka dari itu surat resmi perlu di dokumentasi agar bisa digunakan untuk bukti pada kemudian hari.
  • Surat resmi juga berfungsi sebagai bukti historis dan bukti kronologis.

Ciri-Ciri Surat Resmi

Kita bisa mengenali sebuah surat resmi dari karekteristiknya. Berikut ini ciri-ciri surat resmi sehingga bisa dikenali dengan mudah:

  • Surat resmi wajib menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia dan juga EYD dengan benar.
  • Surat resmi harus dibuat dengan bahasa yang singkat, padat, dan efektif, serta mudah dimengerti maksud dan isinya.
  • Surat resmi tidak menggunakan bahasa implisit, tapi bahasa eksplisit.
  • Dibuat dalam bentuk full block atau semi block/ intended block
  • Terdapat kop surat yang menyebutkan pihak yang mengeluarkan surat resmi tersebut.
  • Di dalam surat resmi selalu dicantumkan nomor surat, perihal, tanggal, alamat tujuan, dan lampiran bila ada.
  • Surat resmi membutuhkan stempel atau cap khusus untuk kondisi tertentu. Surat resmi bentuknya sistematis dan dibuat sesuai aturan yang baku.

Jenis-Jenis Surat Resmi

Ketika sudah paham akan pengertian surat resmi, fungsi dan ciri-cirinya, maka kita juga perlu mengetahui jenis-jenis dari surat resmi. Berikut jenis dari surat resmi:

  • Surat Keputusan
  • Surat Permohonan
  • Surat Perintah
  • Surat Kuasa
  • Surat Panggilan/ Undangan

Struktur Surat Resmi

Seperti hal yang sudah dijelaskan diatas, pada surat resmi terdapat beberapa bagian penting yang wajib di isi. Beberapa bagian penulisan surat resmi tersebut adalah:

  • Kepala Surat (Kop Surat)
  • Nomor Surat
  • Tanggal Surat
  • Lampiran atau Hal
  • Alamat Tujuan
  • Salam Pembuka
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Tanda Tangan Pengirim Surat
  • Tembusan

Contoh Surat Resmi

Artikel diatas merupakan penjelasan yang begitu singkat mengenai pengertian surat resmi, fungsi surat resmi, jenis dan ciri-ciri surat resmi, serta struktur surat resmi. Semoga bermanfaat.