Lingkungan Makro | Enam Kekuatan Di Lingkungan Bisnis

Perusahaan tidak sendirian dalam lingkungan bisnisnya. Dikelilingi oleh dan beroperasi dalam konteks yang lebih besar.

Konteks ini disebut Lingkungan Makro. Ini terdiri dari semua kekuatan yang membentuk peluang, tetapi juga menimbulkan ancaman bagi perusahaan.

Menurut situs sindunesia lingkungan Makro terdiri dari 6 kekuatan yang berbeda. Ini adalah: D emographic, E conomic, P olitical, E cological, S Ocio-Budaya, dan T echnological Forces. Ini dapat dengan mudah diingat: model DESTEP , juga disebut model DEPEST.

Hal ini sangat membantu dalam mempertimbangkan faktor-faktor berbeda dari Lingkungan Makro.

Berikut keenam daripada kekuatan di lingkungan bisnis makro.

Kekuatan Demografis di Lingkungan Makro

Kekuatan demografis berhubungan dengan orang. Nama mengacu pada istilah Demografi. Yang terakhir mengacu pada studi populasi manusia. Ini termasuk ukuran, kepadatan, usia, jenis kelamin, pekerjaan dan statistik lainnya.

Mengapa orang penting? Karena, secara keseluruhan, kebutuhan mereka adalah alasan bisnis ada. Dengan kata lain, orang adalah kekuatan pendorong untuk pengembangan pasar.

Demografi yang besar dan beragam menawarkan peluang sekaligus tantangan bagi bisnis. Terutama di saat pertumbuhan populasi dunia yang cepat, dan perubahan demografis secara keseluruhan, studi tentang orang sangat penting bagi pemasar.

Alasannya adalah bahwa mengubah demografi berarti mengubah pasar. Lebih jauh, perubahan pasar berarti kebutuhan akan strategi pemasaran yang disesuaikan.

Oleh karena itu, pemasar harus mengawasi demografi. Ini dapat mencakup semua jenis karakteristik populasi, seperti ukuran, pertumbuhan, kepadatan, usia, dan struktur gender, dan sebagainya.

Kekuatan ekonomi di Lingkungan Makro

Kekuatan ekonomi berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli konsumen dan pola pengeluaran.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan seharusnya tidak pernah mulai mengekspor ke suatu negara sebelum memeriksa berapa banyak orang yang dapat dibelanjakan.

Kriteria penting adalah: PDB, tingkat pertumbuhan riil PDB, GNI, tarif Bea Masuk dan pajak penjualan / PPN, Pengangguran, Inflasi, Penghasilan pribadi sekali pakai, dan pola Pengeluaran.

Kekuatan sosial-budaya di Lingkungan Makro

Kekuatan Sosial-Budaya terkait dengan faktor-faktor yang memengaruhi nilai-nilai dasar, preferensi, dan perilaku masyarakat.

Dasar dari faktor-faktor ini dibentuk oleh fakta bahwa orang adalah bagian dari masyarakat dan kelompok budaya yang membentuk kepercayaan dan nilai-nilai mereka. Banyak kesalahan budaya terjadi karena kegagalan bisnis dalam memahami budaya asing. Misalnya, simbol dapat membawa makna negatif dalam budaya lain.

Untuk memahami kekuatan-kekuatan ini, dimensi budaya Hofstede dapat digunakan: Jarak Kekuatan, Individualisme versus Kolektivisme, Maskulinitas lawan Feminitas, Penghindaran Ketidakpastian dll.

Kekuatan teknologi di Lingkungan Makro

Kekuatan teknologi membentuk pengaruh penting dalam Lingkungan Makro. Mereka berhubungan dengan faktor-faktor yang menciptakan teknologi baru dan dengan demikian menciptakan peluang produk dan pasar baru.

Kekuatan teknologi yang dapat dipikirkan semua orang saat ini adalah pengembangan teknik komunikasi nirkabel, smartphone, tablet, dan sebagainya.

Ini mungkin berarti munculnya peluang untuk bisnis, tetapi hati-hati: setiap teknologi baru menggantikan yang lebih lama.

Dengan demikian, pemasar harus memperhatikan lingkungan teknologi dengan cermat dan beradaptasi agar dapat mengikutinya. Jika tidak, produk akan segera kedaluwarsa, dan perusahaan akan kehilangan produk baru dan peluang pasar.

Kekuatan ekologis di Lingkungan Makro

Kekuatan ekologis, atau alami dalam Lingkungan Makro itu penting karena mereka menyangkut sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai input oleh pemasar atau yang dipengaruhi oleh kegiatan pemasaran mereka.

Juga, masalah lingkungan telah tumbuh kuat dalam beberapa tahun terakhir, yang membuat kekuatan ekologis menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan.

Misalnya, polusi dunia, udara, dan air adalah berita utama yang harus diperhatikan oleh setiap pemasar. Dengan kata lain, Anda harus melacak tren di lingkungan ekologis.

Tren penting dalam lingkungan ekologis adalah semakin sedikitnya bahan baku dan kepedulian terhadap sumber daya terbarukan. Selain itu, peningkatan polusi, tetapi juga peningkatan intervensi pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam adalah masalah.

Karena semua kekhawatiran ini dan meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam masalah ekologi, perusahaan lebih dari sebelumnya perlu mempertimbangkan dan menerapkan kelestarian lingkungan.

Ini berarti mereka harus berkontribusi untuk mendukung lingkungan, misalnya dengan menggunakan sumber energi terbarukan. D

engan demikian, bisnis tidak hanya mendukung pemeliharaan planet hijau, tetapi juga menanggapi permintaan konsumen untuk produk yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab.

Kekuatan politik di Lingkungan Makro

Setiap bisnis dibatasi oleh lingkungan politik. Ini melibatkan hukum, lembaga pemerintah dan kelompok penekan. Ini mempengaruhi dan membatasi organisasi dan individu dalam suatu masyarakat.

Karena itu, keputusan pemasaran sangat dipengaruhi dan dipengaruhi oleh perkembangan di lingkungan politik.

Sebelum memasuki pasar baru di negara asing, perusahaan harus tahu segalanya tentang lingkungan hukum dan politik. Bagaimana undang-undang akan memengaruhi bisnis? Aturan apa yang harus dipatuhi? Undang-undang apa yang membatasi kemampuan perusahaan untuk menjadi sukses?

Misalnya, undang-undang yang mencakup masalah seperti perlindungan lingkungan, peraturan keselamatan produk, persaingan, penetapan harga dll. Mungkin mengharuskan perusahaan untuk menyesuaikan aspek dan strategi tertentu dengan pasar baru.

Seperti yang telah kita lihat, perusahaan dikelilingi oleh lingkungan yang kompleks. Lingkungan Makro terdiri dari berbagai macam kekuatan yang berbeda.

Semua ini dapat membentuk peluang bagi perusahaan, tetapi juga dapat menimbulkan ancaman. Karena itu, sangat penting bagi para pemasar untuk memahami dan mengawasi perkembangan di Lingkungan Makro, untuk membuat bisnis mereka tumbuh dalam jangka panjang.

Jenis Jenis Surat Resmi

Apa itu surat resmi? Surat resmi adlaah surat yang sering digunakan untuk keperluan formal/resmi dari pihak-pihak tertentu, baik dari prorangan, lembaga, organisasi, atau instansi tertentu yang saling berkomunikasi satau sama lain dengan secara formal.

Surat resmi dibuat dengan kaidah dan aturan yang sudah ditentukan, misalnya saja penggunaan bahasa baku, isi surat harus jelas dan dibuat dengan cermat sesuai keperluan.

Meski surat resmi sering sekali digunakan untuk keperluan pribadi, surat resmi tersebut tetap menggunakan aturan tertentu. Slah satu cdari contoh surat resmi adalah surat undangan pernikahan.

Fungsi surat Resmi

Surat resmi mempunyai banyak fungsi khusus yang tidak jumpai pada jenis sureat lainnya. Melihat dari pengertian surat resmi diatas. Berikut ini beberapa fungsi surat resmi tersebut:

  • Untuk sarana informasi atau pemberitahuan mengenai beberapa hal yang disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain, misal sebuah penyampaian ide atau gagasan.
  • Surat resmi menjadi bukti tertulis dalam bentuk dokumen yang berupa isinya bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan.
  • Sebagai pedoman kerja untuk melakukan kegiatan atau aktivitas dimana surat resmi tersebut isinya tentang langkah kerja untuk suatu pekerjaan tertentu.
  • Untuk alat penginggat bagi yang menerima surat tersebut baik itu perorangan, organisasi, atau lembaga. Maka dari itu surat resmi perlu di dokumentasi agar bisa digunakan untuk bukti pada kemudian hari.
  • Surat resmi juga berfungsi sebagai bukti historis dan bukti kronologis.

Ciri-Ciri Surat Resmi

Kita bisa mengenali sebuah surat resmi dari karekteristiknya. Berikut ini ciri-ciri surat resmi sehingga bisa dikenali dengan mudah:

  • Surat resmi wajib menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia dan juga EYD dengan benar.
  • Surat resmi harus dibuat dengan bahasa yang singkat, padat, dan efektif, serta mudah dimengerti maksud dan isinya.
  • Surat resmi tidak menggunakan bahasa implisit, tapi bahasa eksplisit.
  • Dibuat dalam bentuk full block atau semi block/ intended block
  • Terdapat kop surat yang menyebutkan pihak yang mengeluarkan surat resmi tersebut.
  • Di dalam surat resmi selalu dicantumkan nomor surat, perihal, tanggal, alamat tujuan, dan lampiran bila ada.
  • Surat resmi membutuhkan stempel atau cap khusus untuk kondisi tertentu. Surat resmi bentuknya sistematis dan dibuat sesuai aturan yang baku.

Jenis-Jenis Surat Resmi

Ketika sudah paham akan pengertian surat resmi, fungsi dan ciri-cirinya, maka kita juga perlu mengetahui jenis-jenis dari surat resmi. Berikut jenis dari surat resmi:

  • Surat Keputusan
  • Surat Permohonan
  • Surat Perintah
  • Surat Kuasa
  • Surat Panggilan/ Undangan

Struktur Surat Resmi

Seperti hal yang sudah dijelaskan diatas, pada surat resmi terdapat beberapa bagian penting yang wajib di isi. Beberapa bagian penulisan surat resmi tersebut adalah:

  • Kepala Surat (Kop Surat)
  • Nomor Surat
  • Tanggal Surat
  • Lampiran atau Hal
  • Alamat Tujuan
  • Salam Pembuka
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Tanda Tangan Pengirim Surat
  • Tembusan

Contoh Surat Resmi

Artikel diatas merupakan penjelasan yang begitu singkat mengenai pengertian surat resmi, fungsi surat resmi, jenis dan ciri-ciri surat resmi, serta struktur surat resmi. Semoga bermanfaat.

Cara Menendang Bola

Menendang bola atau yang disebut dengan shooting sangat membutuhkan kombinasi antara kekuatan dan tingkat akurasi yang akurat dan menjadi salah satu dari teknik sepak bola yang harus dimiliki dan tentunya itu menjadi syarat menjadi pemain sepak bola.

Ketika akan menendang bola, kamu harus menggunakan bantuan dari beberapa anggota tubuh agar bisa menghasilkan tendangan yang keras, dan juga kamu harus bisa megontrol secara baik dan dibutuhkan tenaga agar laju bola bisa lebih cepat.

Agar lebih jelasnya, kamu bisa melihat berikut ini tentang beberapa cara menendang bola dengan keras dan akurat:

Menendang dengan Kaki Bagian Dalam

Tendangan tersebut biasanya dilakukan pas jarak pemain dan gawang begitu dekat, dan cara itu sangat sering dilakukan oleh pemain bola profesional ketika pertandingan, ternyata cara tersebut menjadi salah satu dari teknik dasar sepak bola.

Ketika akan melakukan tendangan tersebut kamu harus biasa memastikan tendangnnya kalau tidak bisa mengarah ke tempat lain.

  • Tempatkan bola pada bagian depan tubuh dan menghadap ke arah sasaran atau gawang lawan.
  • Letakkan kaki kanan atau kiri supaya bola bisa bertumpu di samping serta lutut yang sedikit di tekuk.
  • Tarik kaki yang akan digunakan untuk menendang ke arah belakang lalu ayunkan ke arah depan.
  • Ketika melakukan tendangan ini, pastikan posisi bola berada di bagian tengah kaki bagian dalam dan biarkan kaki anda mengayun ke arah depan untuk mengikuti arah bola.

Menendang dengan Kaki Bagian Luar

Jenis tendangan ini pada umumnya dilakukan untuk mengarahkan bola ke pemain yang posisinya berada pada tempat yang berlawanan dari gawang lawan. Cara ini sering dipakai karena bisa menghasilkan tendangan yang keras dan akurat.

  • Mulai gerakan dengan memposisikan tubuh pada samping bola.
  • Letakkan kaki yang akan dipakai untuk menendang bola sebagai tumpuan sejajar atau sedikit ke arah belakang dari bola tersebut.
  • Tarik kaki yang akan digunakan menendang ke arah belakang kemudian ayunkan secara cepat ke arah samping supaya bola bisa melambung dengan cepat.
  • Ketika tendangan sedang berlangsung, maka tempatkan kaki di samping kanan atau kiri bola kemudian biarkan kaki mengayun sesuai dengan arah bola.

Menendang dengan Punggung Kaki

Para pemain sepak bola sering menggunakan teknik menendang bola dengan bagian punggung kaki, agar menghasilkan tendangan yang kencang dan keras. Agar tengan bisa bagus dan akurat, maka ada beberapa tahapan yang harus dilakukan seperti dibawah ini:

  • Posisikan bola di bagian depan tubuh sedangkan posisi kaki berada di samping bola lalu arahkan kaki ke arah gawang lawan.
  • Tarik kaki yang akan digunakan menendang bola ke arah belakang lalu ayunkan kaki tersebut sekuat mungkin ke depan dan sedikit condongkan badan ke arah depan.
  • Tendang bola tepat di bagian tengah memakai punggung kaki ke arah gawang lawan dan biarkan kaki mengayun sesudah bola selesai di tendang.

Menendang Dengan Ujung Kaki

Tidak seperti menendang bola pada umumnya, menendang bola dengan ujung kaki ini dilakukan ketika posisi pemain sepak bola sedang tertekan atau terhimpit lawannya.

  • Posisikan tubuh di bagian belakang bola sementara kaki kanan atau kaki kiri digunakan untuk menumpu di bagian belakang bola.
  • Tarik kaki yang akan digunakan untuk menendang bola ke arah belakang.
  • Lanjutkan dengan menendang bola tepat di bagian tengah memakai ujung kaki atau sepatu yang sedang dikenakan.
  • Tahan kaki supaya tidak ikut bergerak mengikuti laju dari bola.

Itulah beberapa teknik dari cara menendang bola dengan keras dan benar semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih

Sumber: Olahraganesia.com

Pentingnya Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja atau bisa disebut juga paklaring yaitu sebuah surat yang bisa digunakan sebagai bukti bahwa si karyawan tersebut sudah pernah bekerja pada suatu perusahaan.

Dan selanjutnya, surat itu nantinya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan lain dengan jenis bidang yang sama.

Jadi fungsi dari surat keterangan kerja hanya itu saja. Namun biasanya banyak urusan yang masih membutuhkan surat tersebut sebagai pelengkap administrasi.

Selanjutnya jika Anda sebagai HR, pasti surat keterangan kerja sangat membantu dalam proses perekrutan karyawan baru.

Namun sebenarnya surat keterangan kerja manfaatnya apa saja sih? Berikut ini akan kami bahas tentang pentingnya surat keterangan kerja untuk karyawan:

Menunjukkan Kinerja & PHK yang Baik

Umumnya, surat keterangan kerja yang berisi data diri dan penilaian dari kinerja karyawan yang bersangkutan selama bekerja di perusahaan tersebut.

Dan tentunya berlaku juga untuk karyawan yang sudah habis masa kerjanya atau karyawan kontrak. Jadi artinya surat keterangan kerja tidak untuk karyawan tetap saja.

Untuk syarat mendapatkan surat ini yaitu memiliki kelaukan baik dan keluar secara baik-baik. Sehingga ketika para calon karyawansudah membawa surat tersebut, bisa dipastikan mereka tidak mempunyai masalah apapun dengan perusahaan sebelumnya.

Untuk masalah kinerjanya bisa jadi tidak mempunyai prestasi, tapi setidaknya masih terbilang normal.

Bentuk Apresiasi dari Perusahaan

Meski dalam surat tersebut peniliannya hanya kata-kata ringkasan saja, ternyata hal itu sudah bisammenggambarkan bahwa secarakeseluruhan, karyawan yang bersangkutan sudah cukup dan sduah profesional dalam bidang tersebut.

Surat tersebut bisa berfungsi juga untuk menunjukan bahwa perusahaan menghargai atau bisa dalam artian mengapresiasi karyawannya dengan baik dan benar.

Untuk perusahaan ketika mengeluarkan surat keterangan kerja akan dianggap baik terkait dalam menghargai para karyawannya.

Bukti Resmi Pengalaman Kerja

Surat keterangan kerja begitu berharga bagi yang masih berusia 25 tahun kebawah. Hal tersebut biasanya ketika umur segitu kerap sekali pindah perusahaan dengan alasan ingin mencari pengalaman. Maka surat tersebut bisa menjadi bukti sebagai surat pengalaman kerja mereka secara resmi.

Karyawan yang berusia sangat muda dan memiliki jiwa yang penyuka tantangan akan cenderung untuk mengumpulkan surat keterangan kerja guna mendapatkan perusahaan yang bisa dikatakan besar.

Namun untuk anda yang mengeluarkan surat ini, akan dipandang perusahaan lain atau kompetitor perusahaan sebagai perusahaan yang mempunyai kredibilitas. Hanya karena mengeluarkan surat keterangan kerja.

Kepentingan Jaminan Sosial

Surat keterangan kerja terkadang juga bisa keluar sebeleum karyawan tersebut keluar dari perusahaan. Namun tentunya isi dari surat tersebut sedikit berbeda dengan surat keterangan kerja untuk keluar dar perusahaan. Fungsi surat pada jenis ini biasanya sebagai pelengkap persyaratan administrasi untuk urusan yang berkaitan dengan jaminan sosial, seperti BPJS misalnya.

Syarat Administratif saat Perekrutan

Yang terpenting dan paling utama dari surat keterangan kerja adalah sebagai pelengkap syarat administrasi. Surat keterangan kerja sebenarnya bisa dijadikan sebagai tolak ukur penilaian apakah karyawan tersebut memiliki pengalaman kerja atau tidak.

Selain sebagai melamar pekerjaan lain, surat keterangan kerja juga bia digunakan sebagai syarat administratif ketika untuk melanjutkan pendidikan.

Entah pendidikan yang pakai biaya sendiri atau pendidikan yang dibiayai oleh perusahaan. Karena hal tersebut sangat mungkin dilakukan perusahaan agar mengembangkan kemampuan dan karir perusahaan para karyawan yang berpotensi menjadi kunci perusahaan.

Itu tadi beberapa poin dan manfaat yang menjelaskan pentingnya surat keterangan kerja bagi karyawan yang keluar dari perusahaan. Untuk contoh artikel dari surat keterangan kerja bisa baca disini ( Contoh Surat Keterangan Kerja )

Konsol Game Playstation Dengan Penjualan Terlaris

https://media.skyegrid.id/wp-content/uploads/2020/05/Over-1.56-billion-game-consoles-sold-globally-with-PS2-remaining-dominant-768x512-1.jpg

Playstation adalah sebuah konsol permainan grafis dari era 32-bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar 1990an. Playstation generasi pertama dirilis pertama kali di Jepang pada tahun 1994.

Playstation menjadi sangat terkenal sehingga menciptakan “Generasi Playstation”. Dari generasi-generasi tersebut memunculkan banyak game yang sangat populer. Beberapa diantaranya adalah Grand Theft Auto, Final Fantasy, Tekken, Winning Eleven, Crash Bandicot, dan masih banyak lagi.

Selain itu, penjualan dari konsol-konsol tersebut juga sangat fantastis. Berikut ini adalah data yang kami dapat dari total penjualan konsol-konsol Playstation.

Playstation 2 (PS2)

Konsol Playstation yang paling laris pertama adalah generasi Playstation 2 atau lebih dikenal dengan PS2. PS2 pertama kali dikenalkan pada acara Tokyo Game Show 1999. Kemudian secara resmi dipasarkan pada tahun berikutnya, yakni 2000.

Sampai saat ini, konsol PS2 ini telah terjual sebanyak 159 juta unit diseluruh penjuru dunia. Dengan penjualan yang sangat fantastis tersebut, membuat PS2 merajai konsol game cukup lama dan juga menjadi konsol game dengan penjualan terbanyak. Total tersebut mengalahkan kompetitor lain seperti XBOX dan Nintendo.

Popularitas yang sangat tinggi, memunculkan game PS2 terbaik. Diantaranya adalah Tony Hawk’s Pro Skater 3, Grand Theft Auto San Andreas, Winning Eleven, Tekken, Basara, dan masih banyak game lainnya.

Playstation (PS1/PSX)

Siapa sangka? Ternyata generasi pertama dari konsol Playstation mempunyai penjualan yang besar. Konsol Playstation generasi pertama atau sering dikenal dengan PS1 atau PSX mulai perilisan pada tahun 1994. Kemudian penjualannya secara resmi dihentikan pada tahun 2005.

Sekarang konsol ini telah ditelan jaman, namun kenangannya tetap tak terlupakan, khususnya terhadap anak-anak tahun 90an seperti saya. PS1 benar-benar memberikan warna tersendiri dimasa kecil. Bahkan, hanya untuk memainkannya terkadang sampai dimarahin oleh orang tua.

Dari kepopuleran tersebut banyak bermunculan game PS1 terbaik yang bisa dimainkan. Beberapa diantaranya adalah Crash Team Racing, Winning Eleven, Resident Evil 3: Nemesis, Harvest Moon: Back to Nature, Super Shot Soccer, dan masih banyak lagi.

Playstation 4 (PS4)

Generasi terbaru dari Playstation kembali berhasil mendominasi dalam dunia konsol game. Playstation 4 atau sering dikenal dengan PS4 ini berhasil mengalahkan para pesaingnya, yaitu XBOX One dan Nintendo Switch. Baik dari segi penjualan maupun popularitas gamenya.

Grafis yang realistis dan kecepatan bermain anti lemot berhasil membawa PS4 besutan Sony ini mendominasi dunia konsol game. PS4 pertama kali dirilis pada tahun 2013. Dari tahun tersebut hingga saat ini, penjualan PS4 telah mencapi 91 juta unit di seluruh dunia dan masih bisa terus naik.

Berbagai macam game PS4 terbaik mulai bermunculan. Beberapa diantaranya adalah Red Dead Redemption 2, Grand Theft Auto V, The Last of Us Remastered, Pro Evolution Soccer, dan masih banyak lagi.

Playstation 3 (PS3)

Meskipun konsol Playstation 3 belum bisa mengalahkan generasi sebelum dan sesudahnya, PS3 masih memiliki angka yang cukup tinggi. Konsol ini memulai perilisannya pada tahun 2006. Meskipun saat ini telah dihentikan produksinya, PS3 masih populer hingga kini.

Total penjualan dari konsol PS3 tercatat hingga angka 88 juta unit di seluruh dunia. Beberapa game PS3 terbaik juga banyak sekali. Bahkan masih banyak yang dimainkan hingga saat ini. Game-game tersebut diantaranya adalah Grand Theft Auto IV, Grant Theft Auto V, Uncharted 2: Among Thieves, dan lain-lain.

Playstation Portable (PSP)

Playstation Portable atau sering dikenal dengan PSP merupakan konsol game handheld pertama yang dirilis oleh Sony. Mungkin, Sony ingin merambah platform handheld untuk mengalahkan saingannya yaitu Nintendo.

Konsol ini rilis tahun 2004 dan mampu mencatat hingga 80 juta unit penjualan. Selisih sekitar 1 juta penjualan dari PS3. Beberapa game PSP yang populer adalah God of War: Chains of Olympus, Grand Theft Auto: Chinatown Wars, dan Shin Megami Tensei: Persona 3 Portable, dan masih banyak lagi.