Pentingnya Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja atau bisa disebut juga paklaring yaitu sebuah surat yang bisa digunakan sebagai bukti bahwa si karyawan tersebut sudah pernah bekerja pada suatu perusahaan.

Dan selanjutnya, surat itu nantinya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan lain dengan jenis bidang yang sama.

Jadi fungsi dari surat keterangan kerja hanya itu saja. Namun biasanya banyak urusan yang masih membutuhkan surat tersebut sebagai pelengkap administrasi.

Selanjutnya jika Anda sebagai HR, pasti surat keterangan kerja sangat membantu dalam proses perekrutan karyawan baru.

Namun sebenarnya surat keterangan kerja manfaatnya apa saja sih? Berikut ini akan kami bahas tentang pentingnya surat keterangan kerja untuk karyawan:

Menunjukkan Kinerja & PHK yang Baik

Umumnya, surat keterangan kerja yang berisi data diri dan penilaian dari kinerja karyawan yang bersangkutan selama bekerja di perusahaan tersebut.

Dan tentunya berlaku juga untuk karyawan yang sudah habis masa kerjanya atau karyawan kontrak. Jadi artinya surat keterangan kerja tidak untuk karyawan tetap saja.

Untuk syarat mendapatkan surat ini yaitu memiliki kelaukan baik dan keluar secara baik-baik. Sehingga ketika para calon karyawansudah membawa surat tersebut, bisa dipastikan mereka tidak mempunyai masalah apapun dengan perusahaan sebelumnya.

Untuk masalah kinerjanya bisa jadi tidak mempunyai prestasi, tapi setidaknya masih terbilang normal.

Bentuk Apresiasi dari Perusahaan

Meski dalam surat tersebut peniliannya hanya kata-kata ringkasan saja, ternyata hal itu sudah bisammenggambarkan bahwa secarakeseluruhan, karyawan yang bersangkutan sudah cukup dan sduah profesional dalam bidang tersebut.

Surat tersebut bisa berfungsi juga untuk menunjukan bahwa perusahaan menghargai atau bisa dalam artian mengapresiasi karyawannya dengan baik dan benar.

Untuk perusahaan ketika mengeluarkan surat keterangan kerja akan dianggap baik terkait dalam menghargai para karyawannya.

Bukti Resmi Pengalaman Kerja

Surat keterangan kerja begitu berharga bagi yang masih berusia 25 tahun kebawah. Hal tersebut biasanya ketika umur segitu kerap sekali pindah perusahaan dengan alasan ingin mencari pengalaman. Maka surat tersebut bisa menjadi bukti sebagai surat pengalaman kerja mereka secara resmi.

Karyawan yang berusia sangat muda dan memiliki jiwa yang penyuka tantangan akan cenderung untuk mengumpulkan surat keterangan kerja guna mendapatkan perusahaan yang bisa dikatakan besar.

Namun untuk anda yang mengeluarkan surat ini, akan dipandang perusahaan lain atau kompetitor perusahaan sebagai perusahaan yang mempunyai kredibilitas. Hanya karena mengeluarkan surat keterangan kerja.

Kepentingan Jaminan Sosial

Surat keterangan kerja terkadang juga bisa keluar sebeleum karyawan tersebut keluar dari perusahaan. Namun tentunya isi dari surat tersebut sedikit berbeda dengan surat keterangan kerja untuk keluar dar perusahaan. Fungsi surat pada jenis ini biasanya sebagai pelengkap persyaratan administrasi untuk urusan yang berkaitan dengan jaminan sosial, seperti BPJS misalnya.

Syarat Administratif saat Perekrutan

Yang terpenting dan paling utama dari surat keterangan kerja adalah sebagai pelengkap syarat administrasi. Surat keterangan kerja sebenarnya bisa dijadikan sebagai tolak ukur penilaian apakah karyawan tersebut memiliki pengalaman kerja atau tidak.

Selain sebagai melamar pekerjaan lain, surat keterangan kerja juga bia digunakan sebagai syarat administratif ketika untuk melanjutkan pendidikan.

Entah pendidikan yang pakai biaya sendiri atau pendidikan yang dibiayai oleh perusahaan. Karena hal tersebut sangat mungkin dilakukan perusahaan agar mengembangkan kemampuan dan karir perusahaan para karyawan yang berpotensi menjadi kunci perusahaan.

Itu tadi beberapa poin dan manfaat yang menjelaskan pentingnya surat keterangan kerja bagi karyawan yang keluar dari perusahaan. Untuk contoh artikel dari surat keterangan kerja bisa baca disini ( Contoh Surat Keterangan Kerja )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *