Perbedaan Starter DOL dengan Starter Star Delta Elektronika

Saya ingin membahas ketidaksamaan di antara starter DOL dengan starter STAR DELTA. Awalnya saya menuliskan secara terpisah, jadi tidak pada sebuah frame post yang serupa. Kesempatan ini saya beri ulasan pada sebuah frame post yang serupa, mudah-mudahan lebih gampang untuk dimengerti.

Awalnya anda dapat membaca keterangan saya mengenai starter DOL dan star delta sebagai landasan referensi.

motor induksi

Photo di atas ialah photo motor induksi. Untuk menjaringnkannya dapat secara langsung (DOL – Direct On Line) atau mungkin dengan memakai 3 biji kontaktor (Star Delta).

Keterangan Simpel

Simpelnya starter DOL ialah starter di mana anda segera menyambungkan motor ke sumber listrik, tepat saat anda menempatkan perlengkapan listrik di dalam rumah anda. Tanpa embel-embel apa saja ujung kabel (steker/colokan) langsung tersambung ke sumber listrik.

Sedang starter star delta memiliki 3 biji kontaktor saat sebelum tersambung ke sumber listrik.

Ketidaksamaan Material

Sumber listrik, kabel dan motor tersebut diperlukan oleh ke-2 nya, baik DOL atau star delta. Tetapi, pada DOL tidak diperlukan tambahan apa saja. Sedang star delta memerlukan tambahan, yaitu 3 biji kontaktor.

Langkah Ketahui Starting Motor dari Terminal Box Motor

Bila anda punyai motor induksi 3 fasa sisa dan tidak tersambung ke mana saja. Anda bisa ketahui tipe starting apa yang awalnya dipakai untuk motor itu berdasar winding motor yang ada dalam terminal box.

Anda cukup buka terminal box dan anda akan menyaksikan komposisi winding motor pada terminal box. Ada 3 tipe yang sejauh ini saya kenali:

  1. Delta Starter (terhitung ke DOL)

delta starter
Bila anda menyaksikan komposisi di atas dengan lurus besi terhubung antar winding, karena itu bisa ditegaskan itu ialah delta starter.

  1. Star Starter (terhitung ke DOL)

star starter
Kira kabel tidak ada. Yang ada hanya lurus besi yang memberi komposisi di atas yang membuat titik netral untuk komposisi star starter.

  1. Star Delta Starter

Dan.. bila anda tidak mendapati lurus besi yang tersambung antar winding dapat ditegaskan itu ialah star delta starter.

Tetapi, sistem di atas dapat error. Bila ada orang yang melepaskan besi yang menyambungkan antar winding motor. Sistem di atas saya anjurkan sebagai rujukan, untuk tentunya anda bisa menyaksikan nameplate motor itu atau mekanik yang berkaitan.

Arus Start (Inrush Current)

Pengalaman saya untuk DOL starter dapat 7-8 kali arus nominal yang tercantum pada nameplate motor, sedang untuk star delta bisa 3-5 kali arus nominal yang tercantum pada nameplate motor.

Keunggulan dan Kekurangan

Keunggulan pada star delta ialah arus start yang masuk kecil, dan ini akan kurangi biaya listrik dan motor yang lebih tahan lama. Sedang kekurangannya ialah pembelian 3 biji kontaktor.

Sedang untuk DOL kekurangannya ialah arus start yang besar, dan keunggulannya ialah lebih ringkas karena tidak memerlukan kontaktor tambahan. Tetapi, sebagai pertanyaan bagaimana bila DOL menggunakan komposisi star? Apa kekurangan ini berlaku untuk DOL?

Sumber : https://wikielektronika.com/