Penerapan E-bisnis AirAsia

Penerapan E-bisnis Pada AirAsia

logo-air-asia

 

 Air asia adalah sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah yang berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur. AirAsia sendiri adalah maskapai swasta terbesar di Malaysia. Dengan jaringan rute di Indonesia, Arab Saudi, Jepang, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam serta rute carter menuju Cina dan Hong Kong, AirAsia menjadikan dirinya sebagai pemain Regional yang akan berkompetisi dengan Lion Air dari Indonesia.

Penerapan E-BISNIS diperusahaan

E-Business merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan bisnis yang dijalankan pada internet, atau penggunaaan teknologi internet untuk meningkatkan produktivitas dan keutungan dari suatu bisnis. E-Business sendiri mempunyai pengertian sebagai suatu praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini dilakukan oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan, baik berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, serta peningkatan produktivitas dan profit.

penerapan e-bisnis pada perusahaan AirAsia tersebut yaitu perusahaan dapat memasarkan tiket perusahaan mereka melalui internet Melalui AirAsia.com, maka customer hanya perlu mengakses situs dari AirAsia.com untuk melakukan reservasi tiket pesawat.

Penerapan e-bisnis dari sisi menejemen

Penggunaan internet sebagai bisnis model inti dalam perusahaan juga biasa dikenal dengan e-business. Melalui AirAsia.com, maka customer hanya perlu mengakses situs dari AirAsia.com untuk melakukan reservasi tiket pesawat, bahkan lebih jauh lagi, mereka dapat melakukan reservasi untuk hotel dan berbagai paket menarik yang ditawarkan oleh AirAsia.com. Dengan sistem e-Business tersebut, AirAsia dapat melakukan efisiensi biaya seperti komisi untuk travel agent, dan juga AirAsia tidak perlu membuat sistem Human Resource sebanyak pada perusahaan penerbangan lainnya. E-Business yang diterapkan AirAsia termasuk dalam aplikasi B2C (Business to Consumer) dimana aplikasi ini ditujukan agar consumer dapat langsung berhubungan dengan pihak perusahaan tanpa harus melalui perantara (travel agent) seperti sistem reservasi konvensional.

Sistem yang digunakan sebagai POS (Point Of Sales) disebut dengan Global Distribution System (GDS). GDS memiliki interface yang berupa GUI (Graphical User Interface) yang langsung berhadapan dengan pelanggan. Saat pelanggan berinteraksi dengan sistem malalui GUI, maka sistem tersebut secara real-time akan melakukan proses-proses back-office diantaranya melakukan validasi, otorisasi dan konfirmasi yang akhirnya akan memberikan pelanggan suatu bukti penjualan tiket sehingga bukti penjualan ini yang akhirnya akan digunakan sebagai tiket pesawat.

Penerapa E-bisnis dari sisi teknologi

Dalam sisi teknologi AirAsia menggunakan Computer Reservation System (CRS) dari Navitaire’s Open Skies Technology yaitu  reservasi berbasis web yang terintegrasi dan sistem inventori termasuk didalamnya adalah internet, call center dan kontrol fungsional keberangkatan airport (booking, check-in,baggage).
AirAsia adalah salah satu armada penerbangan pertama yang memperkenalkan opsi tanpa harus mencetak tiket serta menyediakan boardingpass secara online.
Untuk menunjang website AirAsia, www.airasia.com, perusahaan sudah menunjuk Dynamic Site Acceleration dari Akamai untuk masa 10 tahun memegang tanggung jawab dan peran dalam memelihara dan mengembangkan web. AirAsia sangat mengutamakan kualitas servis yang tinggi dengan konsumen dan juga berbagai fitur kemudahan terbang dengan Air Asia seperti penjadwalan dan juga kemudahan untuk memesan tiket secara online dikarenakan besarnya kapasitas web yang dikunjungi yakni sekitar 1 juta pengunjung web AirAsia tiap bulannya. Dengan permasalahan yang ada,
 Akamai’sDynamic Site Acceleration memberikan solusi dengan meningkatkan performansi web menjadi5x lebih cepat dan hal tersebut dapat dicapai tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih untuk perangkat kerasnya
Berikut merupakan contoh menu pesan AirAsia:
tiket-air-asia-4
AirAsia memudahkan costumer dalam melakukan sistem pembayaran dimana costumer dapat membayar mengunakan semua jenis Rekening.
airasia-1
 AirAsia menyediakan checkin secara online sehingga mempermudah costumer untuk melakukan checkin dimanasaja dalam catatan waktu 24 jam sebelum keberangkatan,tidak hanya checkin AirAsia menyediakan menu untuk memesan makanan didalam pesawat.

KESIMPULAN:

1) Dengan sistem e-business, Air Asia dapat melakukan efisiensi biaya seperti komisi untuk travel agent.

2) Dengan e-business, Air Asia tidak perlu membuat sistem Human Resource sebanyak pada perusahaan penerbangan lainnya.

3) E-business yang diterapkan Air Asia termasuk dalam Business to Consumer dimana aplikasi ini  ditujukan agar konsumer dapat langsung berhubungan dengan pihak perusahaan tanpa harus melalui perantara seperti sistem reservasi konvensional.

4) Penerapan e-business pada Air Asia memberikan keuntungan baik untuk pihak perusahaan maupun bagi pihak customer.

5) Sistem yang digunakan sebagai Point of Sales disebut dengan Global Distribution System (GDS) dimana GDS ini memiliki interface yang berupa Graphical User Intrface (GUI) yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Saat pelanggan berinteraksi dengan sistem melalui GUI, maka sistem tersebut secara real-time akan melakukan proses-proses back office diantaranya melakukan validasi, otorisasi, dan konfirmasi yang akhirnya akan memberikan pelanggan suatu bukti penjualan tiket dan bukti tersebutlah yang digunakan sebagai tiket pesawat.

6)E-bisnis mempermudah perusahaan dalam memasarkan produknya tanpa mengunakan agent.

daftar pustaka

https://en.wikipedia.org/wiki/Indonesia_AirAsia

[Anonim].(2008). “Cara mendapatkan tiket AirAsia”.[Internet]. [diunduh 2014Maret 07]. Tersedia pada:http://imbalo.wordpress.com/2008/09/20/air-asia-.jpg.

https://www.airasia.com/en/home.page?

pada:http://maskapai.wordpress.com/2008/11/20/sistem-informasi-manajemen-transportasi-udara-2/.

https://www.academia.edu/23846797/ANALISA_E-BUSINESS_AIR_ASIA_Oleh