Skip to toolbar

Daftar Universitas Negeri di Jakarta dan Jurusanya

Daftar Universitas Negeri di Jakarta dan Jurusanya

Sebagian orang berfikir bahwa untuk menempuh pendidikan yang baik kita harus pindah di kota yang lebih besar agar tidak ketinggalan dengan perubahan moderenisasi saat ini, pendapat seperti itu sebenarnya tidak bisa di salahkan serta tidak bisa dibenarkan. Kemudian juga ada yang tetap tinggal di kota mereka sebab tidak ingin meninggalkan kampung halaman, untuk mereka yang ingin menempuh pendidikan dengan suasana lain misalnya Daftar Universitas Negeri di Jakarta dan Jurusanya memang biaya pendidikan yang ada di Jakarta terkesan lebih mahal di bandingkan dengan biaya pendidikan di Jawa. Namun hal tersebut tidak perlu di khawatirkan sebab akan banyak kemudahan jika kalian bisa masuk di Universitas Negeri di Jakarta.

Kelebihan dan kekurangan Universitas Negeri

Saat kita ingin masuk di Perguruaan Tinggi pastilah banyak kelebihan dan kekurangan Universitas Negeri sebab tidak semua Universitas Negeri mempunyai kelebihan dan tidak semua Universitas Swasta mempunyai banyak kekurangan, untuk itu kita akan belajar mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing Perguruaan Tinggi.

Kelebihan dan kekurangan PTN dan PTS

Kelebihan PTN

  1. Nama PTN sangat bergengsi, orang yang masuk PTN akan di anggap cerdas
  2. PTN memiliki kelengkapan akademik yang bagus
  3. Mudah mendapatkan beasiswa
  4. Biaya yang rata-rata lebih murah dibanding PTS
  5. Fasilitas terjamin karena ada standar tersendiri dari pemerintah
  6. Memiliki staf pengajar yang berkualitas

Kelebihan PTS

  1. Masuk PTS lebih mudah dibandingkan masuk PTN
  2. Mahasiswa di PTS benar-benar diperhatikan oleh dosen karena jumlah mahasiswanya yang lebih sedikit di bandingkan dengan PTN
  3. Kegiatan akademik yang tidak begitu ketat, sehingga mahasiswa dapat memanage waktunya dengan baik
  4. Biaya lebih murah (tidak semua PTS)
  5. Mempunyai kampus cabang.

Kekurangan PTN

  1. Mahasiswa tidak begitu diperhatikan karena jumlah mahasiswa yang banyak
  2. Kegiatan akademik yang banyak sering kali membuat para mahasiswa jenuh dan sulit memanage waktu.
  3. Masuk PTM sangat sulit.
  4. Sebagian PTN tidak concern ke pengembangan mahasiswa, yang penting nama PTN tetap bergengsi.

Kekurangan PTS

  1. Biaya di beberapa PTS memang relatif mahal
  2. Fasilitas yang ada di kampus harus kita observasi terlebih dahulu, seperti gedung,laboraturium,perpustakaan, kelas, dan lain-lain.
  3. Peluang beasiswa tidak sebanyak PTN.
  4. Kelengkapan akademik yang kurang.

Daftar Universitas Negeri di Jakarta dan Jurusanya

Baca Juga : Universitas di Indonesia

Persiapan Masuk Perguruaan Tinggi Negeri

Ketika kita ingin masuk di perguruaan tinggi negeri tentunya kita punya banyak Persiapan Masuk Peguruaan Tinggi Negeri agar kita mampu bersaing dengan calon mahasiswa yang ingin masuk di perguruaan tinggi negeri sebab bersaing dengan calon mahasiswa lainya yang sangat banyak dan tentunya persiapan yang harus di lakukan banyak sekali misalnya mengikut les untuk persiapan masuk di perguruaan tinggi negeri serta belajar mengerjakan soal-soal sebelumnya.

Berikut adalah beberapa Universitas Negeri di Jakarta

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia, biasa di singkat sebagai UI adalah sebuah perguruaan tinggi di Indonesia kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainya terdapat di daerah salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas.

Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara juga di kenal dengan Binus University adalah salah satu universitas swasta di Indonesia yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Universitas ini bermaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara.

Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan adalah sebuah perguruaan tinggi swasta (kristen) yang berlokasi di tangerang dengan lokasi seperti, program sarjana S-1 Lippo Village, Tangerang,Banten, Program Master Universitas Pelita Harapan terletak di kawasan Semanggi, Jakarta.

Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri adalah perguruaan tinggi negeri yang terdapat di Kota Jakarta, Indonesia, beridiri pada tahun 196

Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara adalah sebuah universitas yang berdiri pada tahun 2006 dengan kampus definitif yang berada di daerah Kelapa Dua Summarecon Serpong, Kabupaten tangerang. .

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Adalah sebuah universitas islam negeri yang terletak di Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan sebelumnya, perguruaan tinggi ini dikenal dengan nama IAIAN Syafir Hidayatullah atau IAIAN Jakarta .

Universitas Trisakti

Universitas Trisakti merupakan satu-satunya perguruaan tinggi swasta di Indonesia dan perguruaan tinggi swasta terbesar yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965 melalui Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 013/da/1965 yang ditandatangani oleh Dr. Sjarif Thajeb. Tanggal 29 November ini kemudian di teteapkan sebagai hari kelahiran Universitas Trisakti.

Diatas adalah beberapa daftar Universitas Negeri yang ada di Jakarta, jika kalian ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai masing-masing Universitas negeri tersebut maka kalian bisa mencari informasi lewat website masing-masing Universitas Negeri yang ingin kalian ketahui. Agar mampu masuk di Perguruaan Tinggi Negeri yang kalian inginkan tentunya banyak usaha yang harus di lakukan, misalnya mempersiapkan semua ujian yang akan digunakan dalam tes untuk masuk di Perguruaan Tinggi Negeri.

Dalam pelaksanaan ujian untuk masuk di perguruaan tinggi tentunya akan ada banyak pesaing yang akan bersaing dalam seleksi masuk di perguruaan tinggi, karena akan ada banyak sekali calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan yang sangat cerdas dan yang mempunyai persiapan sejak lama. Memang banyak yang bilang jika bisa masuk di perguruaan tinggi negeri adalah sebagian dari keberuntungan namun sebenarnya hal terebut mampu di sebut keburuntungan sebab sebelum melakukan tes untuk masuk di Perguruaan Tinggi Negeri mereka sudah mempersiapkanya sejak lama. Misalnya saja mereka biasanya mmencoba melatih soal-soal tahun lalu dari kakak tingkat yang pernah mengikuti seleksi untuk masuk di Perguruaan Tinggi Negeri.

Jika kalian ingin masuk di perguruaan tinggi negeri maka belajar adalah salah satu kunci utama sebab kita tidak bisa hanya mengandalkan keberuntungan yang ada dalam diri kita, usaha dan doa harus di perjuangkan dalam bisa masuk di perguruaan tinggi negeri, sebagian bagi calon mahasiswa yang mempunyai banyak uang ada dari mereka yang sampai menggunakan cara yang tidak jujur, misalnya sebagian dari mereka ada yang ingin menyogok untuk bisa masuk di Perguruaan Tinggi Negeri, namun hal tersebut tidak menjamin calon mahasiswa dapat di terima di perguruaan tinggi negeri, banyak calon mahasiswa yang kecewa sebab sudah membayar/mengeluarkan uang namun tidak bisa di terima di perguruaan tinggi negeri.

Hal yang di gunakan calon mahasiswa memang bermacam-macam untuk bisa masuk di perguruaan tinggi negeri bahkan sebagian dari mereka menggunakan cara yang tidak wajar, sehingga membuat mereka semakin kecewa jika tidak di terima di universitas negeri. Bagi kalian yang tidak bisa di terima di perguruaan tinggi negeri sebaiknya tidak perlu berputus asa karena menempuh pendidikan tidak hanya di universitas negeri tapi bisa di universitas swasta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *