5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Pas Untuk Lulusan Sekolah

Kelulusan sekolah adalah momen berharga bagi siswa kelas XII SMA atau SMK. Selepas kelulusan pasti sudah punya gambaran ingin melanjutkan kuliah atau mencari pekerjaan dong. Tentunya dengan berbagai pertimbangan untuk menentukan pilihan tersebut. Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah tentu juga sudah sudah menyiapkan diri untuk masuk ke kampus impian.

Kamu bisa mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang tentunya memiliki persaingan yang ketat. Selain itu kamu juga bisa memilih kampus swasta sesuai keinginan dan minat yang kamu miliki, karena saat ini kampus swasta juga memiliki berbagai fasilitas yang tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri.

Memilih Jurusan Kuliah

Namun sebelum memilih kampus yang ingin kamu tuju, tentunya kamu sudah menentukan pilihan jurusan atau program studi yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Jangan sampai kamu salah memilih jurusan atau asal memilih jurusan ketika kuliah yaa…. Berikut adalah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang pas buat lulusan sekolah yang bisa kamu praktikan.

1. Memahami Potensi Diri

Setiap orang memiliki potensi berbeda-beda dalam kehidupan. Ada anak yang pintar mengerjakan matematika namun kesulitan mengerjakan bahasa inggris, begitu juga sebaliknya. Ada juga yang menyukai mata pelajaran IPA dibandingkan dengan IPS. Hal ini bisa menjadi dasar untuk menentukan jurusan kuliah yang hendak kamu ambil.

Misalnya Andi adalah anak yang menyukai tentang membatik atau menggambar. Ketika ingin melanjutkan kuliah sebaiknya Anda memilih jurusan seni agar sesuai dengan minat dan juga bakat yang selama ini dimiliki.

2. Mempertimbangkan Biaya Kuliah

Biaya kuliah adalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih jurusan kuliah. Setiap jurusan kuliah mempunyai biaya yang berbeda, hal ini karena mata kuliah yang diajarkan juga berbeda. Ada jurusan kuliah dengan biaya cukup mahal hingga ratusan juta dan ada pula yang kurang dari sepuluh juta. Salah satu hal yang mempengaruhi tingginya biaya kuliah adalah praktikum atau praktek lapangan.

Alangkah baiknya sebelum memilih jurusan kuliah, kamu terlebih dahulu diskusi dengan orangtua. Jangan sampai kita memilih jurusan dengan biaya yang tinggi dan memberatkan orangtua untuk membiayainya. Untuk mensiasatinya, kamu bisa memilih jurusan lain atau mencari beasiswa ketika sudah menjadi mahasiswa nanti.

3. Melihat Peluang Kerja

Salah satu tujuan kuliah adalah mempermudah ketika mencari pekerjaan. Dengan melihat jurusan kuliah tentu juga perlu memperhatikan peluang kerja ketika lulus nanti. Pada dasarnya setiap jurusan kuliah memiliki peluang kerja masing-masing. Misalnya jurusan perhotelan nanti akan bekerja di bidang hotel atau menjadi pengelola dalam perhotelan. Ketika memilih jurusan pelayaran, maka akan memperoleh peluang kerja sebagai ABK atau bekerja di perusahaan pelayaran.  Kamu bisa melihat alumni jurusan untuk mengetahui pekerjaan apa yang bisa dimasuki jurusan tersebut.

4. Jangan Terbawa Pilihan Teman

Sederhana namun hal ini bisa merugikan kamu jika salah memilih jurusan hanya karena mengikuti jurusan yang sedang ngetren atau terlebih ikut-ikutan teman. Jangan sampai kita mengambil jurusan hanya karena ada teman yang memilih jurusan tersebut. Pilihlah jurusan yang sesuai minat dan potensi diri kamu. Yakinkan pada diri bahwa kamu telah memilih jurusan yang tepat. Karena bisa jadi jurusan tersebut cocok untuk temanmu tetapi tidak cocok untuk kamu. Hal ini tentu akan menyulitkan jika jurusan tersebut tidak sesuai dengan bakatmu. 

5. Meminta Pendapat Orang Lain

Tips selanjutnya adalah meminta pendapat orang lain. Jangan pernah sungkan untuk meminta pendapat orang lain, terutama orang tua, sahabat atau saudara yang pernah kuliah. Carilah informasi jurusan yang ingin kamu masuki dan mintalah saran kepada mereka. Tentunya dengan senang hati mereka akan memberikan saran untuk kamu dan tentu saja hal ini bisa menjadi referensi dan juga pertimbangan untuk menentukan jurusan yang tepat.

Memilih jurusan memang susah-susah gampang, yang terpenting adalah bisa mengembangkan potensi dalam diri kita. Kamu juga mencari info tentang jurusan yang ingin kamu masuki dengan mencari internet. Semakin banyak info yang kamu peroleh, tentu akan memantabkan pilihan untuk mengambil jurusan tersebut.

Salah satu website yang mengulas berbagai jurusan perkuliahan adalah Academic Indonesia. Di sana kamu akan menemukan berbagai info menarik tentang dunia pendidikan yang akan menambah referensi tentunya. Tidak hanya itu, di sana kamu juga bisa menemukan info beasiswa untuk meringankan beban orang tua.

Jadi tetap semangat ya, kamu bsa mempraktikan tips di atas untuk mendapatkan jurusan yang tepat untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *