Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI yang Perlu Kita Ketahui

Perubahan zaman menuntut seseorang untuk bisa mengakses teknologi di kehidupan sehari-hari. Segala macam kemudahan dari perkembangan iptek secara tidak langsung berdampak pada kehidupan seseorang. Karena itu, pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI bisa kita telaah lebih dalam. Sehingga ada beberapa tanda bahwa masyarakat sudah siap dalam menghadapi perubahan zaman akibat teknologi yang semakin berkembang cepat.

Solusi tepat ketika ada masalah di bidang ekonomi ataupun lainnya adalah penggunaan iptek. Seakan tidak bisa terlepas dari berbagai masalah, dari setiap solusi iptek mampu memberi dampak besar ke masyarakatnya. Karena itu, NKRI menjadi sebuah subjek mengenai dampak besar sebuah perkembangan iptek saat ini.

Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI

Sejauh ini masyarakat masih menerima beberapa perubahan teknologi karena memberi keuntungan. Akan tetapi, bagaimana sebuah iptek justru digunakan untuk tindakan kurang baik, yang nantinya bisa mengancam keutuhan NKRI.

Sudah ada bukti bahwa sebuah negara bisa runtuh akibat penggunaan media teknologi yang kurang bijak. Karena itu, ada sejumlah contoh soal pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI yang sekarang ini berdampak langsung ke masyarakatnya.

1. Pengaruh di Bidang Politik

Sejauh ini bidang politik juga memperoleh dampak besar dari pengembangan iptek. Sehingga ada beberapa keterbukaan kemudian kebebasan berpolitik. Sekarang kita bisa lihat bahwa ada perubahan cepat di bidang politik, sehingga pejabat politik bisa melihat langsung di kalangan masyarakat. Tindakan anarki masih bisa terjadi di bidang politik. Sehingga dampaknya langsung berpengaruh pada sistem politik dan keutuhan NKRI.

Banyak masyarakat masih belum paham bahwa sejumlah peluang baru dalam melihat reaksi dunia politik terhadap perkembangan teknologi dan pengetahuan seharusnya memberi solusi tepat. Semua masalah seperti gerakan radikalisme hingga terorisme seharusnya bisa dihindari. Sehingga bidang politik inilah yang kerap mendapat pengaruh besar dari perubahan teknologi dan pengetahuan.

2. Pengaruh di Bidang Ekonomi

NKRI menjadi bagian penting dalam persatuan bangsa. Oleh sebab itu, pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI harus dicermati. Pada bidang ekonomi juga mendapat dampak dari pengembangan iptek saat ini seperti bertambahnya jumlah barang impor dari luar negeri.

Akibatnya ekonomi masyarakat mendapat persaingan ketat apalagi harga dari barang impor biasanya lebih murah. Gerakan mencintai produk dalam negeri akan mendapat dampak buruknya.

Maka dari itu, melihat semua pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI di bidang ekonomi sebaiknya diperhatikan kembali. Sebab NKRI menjadi satu tolak ukur keberhasilan ekonomi sehingga masyarakat bisa memperoleh peluang untuk mendapatkan keuntungan di sektor ekonomi. Kesenjangan sosial bisa terjadi lebih tajam akibat persaingan dagang dan penggunaan iptek yang salah.

Untuk itu harus ada kebijakan konkrit dari pihak pengatur ekonomi negara. Sehingga masyarakatnya harus mendapat subsidi lebih baik.

3. Pengaruh di Bidang Budaya

Cukup vital dimana budaya selalu menjadi bahan pertaruhan ketika kemajuan iptek dirasakan semua masyarakat. Ada efek buruk dan positif dari setiap pengembangan iptek. Akan tetapi pengaruh positifnya masih belum terlalu besar dibanding pengaruh negatifnya.

Pada bidang budaya, sebuah iptek bisa memberi manfaat terutama pada aspek komunikasi lebih cepat dan memudahkan penyebaran berita baik di sejumlah media.

Untuk itu, dari dampak buruk perkembangan iptek di sektor budaya juga sudah mulai terlihat salah satunya munculnya gaya westernisasi. Masyarakat mulai meninggalkan kearifan lokal karena ada budaya lain yang masuk melalui teknologi dan pengetahuan.

Karena itulah banyak informasi seputar iptek bisa kita dapatkan dalam portal berita teknologi. Sampai akhirnya ada beberapa patokan terbaik yang bisa dirasakan untuk memanfaatkan momen tepat dalam mengakses sebuah media iptek.

Pengaruh Bidang Keamanan dan Pertahanan

Cukup banyak bukti bahwa kemajuan iptek memberi manfaat baik bagi masyarakatnya. Namun, kita bisa melihat pengaruh lainnya bisa dirasakan ketika masyarakat salah menggunakan iptek.

Pada sisi keamanan dan pertahanan sering mendapat dampak buruknya. Apalagi masyarakat sekarang ini cenderung mudah mengkritik sehingga dari potensi ketahanan nasional masih cukup rentan berubah.

Manfaat baik dari kemajuan iptek terhadap NKRI masih banyak diperjuangkan. Sehingga tidak sedikit bidang keamanan dan pertahanan bisa melihat bahwa pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI cenderung bisa dikontrol.

1. Bagaimana Iptek Bisa Menjaga NKRI di Era Modern

Banyak pertanyaan masih sering mencuat bahwa teknologi dan perkembangannya di masyarakat cenderung kurang bisa dimaksimalkan. Sehingga dari metode menjaga NKRI di era modern seperti sekarang juga butuh pengembangan lebih lanjut. Sehingga ada beberapa opsi dari penggunaan iptek yang seharusnya bisa menjaga NKRI di era modern seperti sekarang.

2. Menjadi Media Penyebaran Berita Baik

Tentu saja media penyebaran berita baik bisa berawal dari pengembangan iptek yang saat ini dibutuhkan masyarakat. Era modern memaksa masyarakat untuk mengakses berbagai informasi dalam banyak media. Karena itu, tidak sedikit media informasi dikembangkan lebih masif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

3. Memberi Solusi Terhadap Masalah di Masyarakat

Persatuan NKRI adalah modal penting untuk menjaga kekuatan bangsa. Karena itu, penggunaan iptek diharapkan bisa memberi solusi tepat terhadap masalah yang sering terjadi di masyarakat.

Untuk itulah ada sejumlah hal baru membuat perkembangan iptek selalu dilakukan dalam waktu cepat. Sehingga banyak pihak merasakan bagaimana manfaat terbaik dari penggunaan iptek saat ini.

Berbagai bukti berupa pengaruh kemajuan iptek terhadap NKRI sampai detik ini masih terus dikembangkan lebih lanjut. Karena itu, masyarakat masih bisa merasakan bagaimana iptek berperan penting dalam pengembangan masyarakat hingga menjaga keutuhan NKRI. Era modern menjadi awal untuk memperkuat NKRI, sehingga tidak ada dampak buruk dari iptek yang semestinya memberi manfaat lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *