Pengantar Interaksi Manusa & Komputer

Latar Belakang

Komputer memiliki prinsip input > proses > output, sedangkan manusia (user) biasanya hanya melihat dari sisi interface nya saja tanpa mempelajari proses yang ada didalam sistem komputer itu sendiri, sehingga muncul istilah User Friendly WYSWYG (Wha You See What You Get).

Pengertian Interaksi Manusia & Komputer

Interaksi Manusia & Komputer (IMK) adalah ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi sistem komputer yang interaktif untuk digunakan manusia.

Tujuan disusunnya IMK

  • Untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer
  • Mendapatkan berbagai umpan balik selama bekerja pada sistem komputer.
  • Menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif, dan efisien

Faktor-faktor pendewasaan IMK

1. Faktor Linguistik

  • Peran bahasa sebagai antarmuka
  • Memudahkan dalam penggunaan sistem
  • Menghindari kesalahpahaman dalam penggunaan sistem

2. Faktor Kecerdasan Buatan(Artificial Intelligence)

  • Suatu bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia, dimana merupakan penggabungan cara berpikir manusia dan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan pembelajaran

3. Faktor Ergonomik

  • Ilmu yang mempelajari bentuk tubuh manusia terhadap suatu benda
  • Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman
  • Ilmu yang mempelajari perancangan dan pengaturan barang-barang yang digunakan manusia

4. Faktor Antropologi

  • Memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing
  • Dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang cara kerja dari setiap kelompok karyawan yang ada dalam satu perusahaan, dimana terjadi komunikasi antara manusia dan peralatan yang digunakan

5. Faktor Sosiologi

  • Berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial

6. Faktor Multimedia

  • Tampilan menjadi lebih menarik
  • Lebih mudah dimengerti oleh user
  • Adanya gambar, suara, teks, grafik, dsb

7. Faktor Design Grafis

  • Penggunaan design grafis dalam ilmu komputer sudah menjadi kebutuhan dimasa sekarang
  • Banyak aplikasi yang tidak hanya berbentuk teks, tetapi sudah dalam bentuk multidimensi

8. Faktor Teknik Penulisan

  • Teknis menulis adalah penyajian informasi yang membantu pembaca memecahkan masalah tertentu
  • Merupakan bentuk panduan secara manual dari suatu produk
  • User diharapkan akan mudah berinteraksi dengan sistem jika sudah mempelajari panduan manual tersebut

9. Faktor Psikologi

  • Setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda
  • Siapa target pengguna program
  • Bagaimana lingkungan dari user
  • Perilaku user secara umum
  • Pengetahuan dan keahlian pengguna

10. Faktor Bisnis

  • Semakin banyak permintaan pasar yang datang dari pengguna gadget (komputer, ponsel, komputer tablet, dsb)
  • Semua mengacu dari perkembangan teknologi informasi yang merupakan peluang bisnis

11. Faktor Matematika

  • Pembuatan sistem berdasarkan perhitungan matematika agar bisa efisien

12. Faktor Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

  • Instruksi yang bila dieksekusi akan memberi fungsi dan kerja yang diinginkan
  • Struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proposional
  • Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program
  • RPL ini merupakan suatu faktor yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien serta user friendly sehingga darinya dapat menghasilkan suatu mesin yang betul- betul diinginkan oleh user.

Arti Kata Interaksi Manusia & Komputer

  • Interaksi

Merupakan jembatan yang menghubungkan antara user dan komputer (user interface). Interaksi membantu manusia, karena merupakan implementasi dari apa yang terjadi antara user dan sistem.

  • Manusia

Manusia (user) adalah sumber proses / inputan yang nantinya akan diproses oleh komputer.

  • Komputer

Didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut.

Antarmuka Manusia & Komputer

Antarmuka komputer harus user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu :

  • antarmuka yg bagus
  • mudah dioperasikan
  • mudah dipelajari
  • pengguna merasa senang menggunakan software tersebut

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar