Direct Manipulation

Pengertian

Direct Manipulation adalah penyajian langsung dari suatu aktifitas dalam sebuah sistem kepada user, sehingga aktifitas akan langsung dikerjakan oleh komputer ketika mendapatkan instruksi langsung dari user.

Holographic human machine direct manipulation interfaces system in ...

Karakteristik Sistem Direct Manipulation

  • Obyeknya nampak
  • Respon cepat dan memungkinkan aksi dapat dibatalkan
  • Menggantikan syntaks sistem perintah yang kompleks dengan manipulasi obyek secara langsung

Penerapan Direct Manipulation

  • Kontrol Proses : suatu proses kegiatan yang ditampilkan pada layar komputer sehingga memudahkan operator dan memberikan kenyamanan dalam melakukan kegiatan.
  • Editor text : pengolahan data yang memberikan kemudahan kepada pengguna sehingga memberikan hasil cetakan seperti yang diharapkan pengguna.
  • Simulator : sistem miniatur yang mencoba menirukan kerja suatu sistem dan dapat dipelajari sehingga memberikan informasi tentang pelaksanaan kegiatan.
  • Perancangan berbasis komputer : program aplikasi yang dapat melakukan perancangan suatu sistem.

Contoh Sistem Manipulasi Langsung

1. Command-line vs display editor vs word processors

  • Pada tahun 1980-an, mengedit teks dilakukan dengan bahasa perintah berorientasi baris (command-line).
  • Dengan display editor kinerja meningkat dan waktu belajar berkurang.
  • Awal tahun 1990-an, word processor yang bersifat WYSIWYG (What You See Is What You Get) diperkenalkan.

Beberapa kelebihan WYSIWYG (What You See Is What You Get) word processor :

  • Menampilkan sehalaman penuh teks.
  • Menampilkan dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan.
  • Menampilkan aksi kursor yang terlihat.
  • Mengendalikan kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif.
  • Menggunakan ikon berlabel.
  • Menampilkan hasil aksi segera.
  • Memberikan respons dan tampilan yang cepat.
  • Memungkinkan aksi dibatalkan.
WYSIWYG word processing editor : Microsoft Word 2007

2. Spreadsheet

Yaitu lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris.

Contoh : VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.

Contoh Spreadsheet

3. Video Games

Yaitu bidang aksi visual yang membangkitkan minat. Perintah berupa aksi fisik dan hasilnya langsung terlihat.

4. Spatial Data Management

Yaitu representasi spasial dalam bentuk peta. Digunakan dalam sistem informasi geografis (GIS).

Contoh : Google Maps.

5. Computer-Aided Design (CAD)

Untuk merancang mobil, rangkaian elektronik, arsitektur, pesawat terbang. Aplikasi ini menyenangkan untuk digunakan karena objek yang diinginkan dapat dimanipulasi secara langsung. Berhubungan dengan Computer-Aided Manufacturing (CAM).

6. Office Automation

Sistem office automation dewasa ini menggunakan prinsip-prinsip manipulasi langsung.

Contoh : GUI: Windows, Mac OS.

Teknologi yang Diturunkan dari Pengolah Kata :

  • Grafik, spreadsheet, animasi, foto, dan lain-lain terintegrasi dalam badan dokumen.
  • Desktop publishing software, Contoh : Adobe PageMaker, Corel Ventura.
  • Slide-presentation software, Contoh : Microsoft PowerPoint.
  • Hypermedia environments, Contoh : WWW, HyperCard.
  • Spell checker and thesaurus, Contoh : Microsoft Word.
  • Grammar checkers.

IKON

Adalah gambar atau simbol yang mewakili suatu konsep

žPedoman perancangan ikon :

  • Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal
  • Buat agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya
  • Pertimbangkan ikon tiga dimensi: menarik tapi bisa mengalihkan perhatian
  • Pastikan ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih.
  • Pastikan ikon dapat dibedakan dari yang lain
  • Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon
  • Rancang animasi pergerakan ikon
  • Tambahkan informasi rinci.

Karakteristik Ikon (Gambar) :

  • Visually appealing.
  • Manusia lebih ingat/cepat menangkap makna gambar daripada membaca teks.
  • Icon harus cukup besar.
  • Salah satu trik menangani ambigu adalah icon + teks.

Keuntungan Penggunaan Dialog Berbasis Direct Manipulation :

  • žMempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata
  • Mengurangi waktu pembelajaran
  • Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata
  • Penampilan visual yang bagus
  • Mudah dioperasikan
  • Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung

Kerugian Penggunaan Dialog Berbasis Direct Manipulation :

  • Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar
  • Memerlukan tampilan grafis ber-kinerja tinggi
  • Memerlukan piranti masukan seperti mouse, track ball
  • Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar