Sample User Interface & Interaksi

1. Natural Language

Natural Language merupakan salah satu cabang ilmu AI yang berfokus pada pengolahan bahasa natural. Bahasa natural adalah bahasa yang secara umum digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi satu sama lain.  Bahasa yang diterima oleh komputer butuh untuk diproses dan dipahami terlebih dahulu supaya maksud dari user bisa dipahami dengan baik oleh komputer.

2. Error Handling

Error Handling merupakan satu penanganan kesalahan (error) pada berbagai macam keadaan dalam pemrograman. Setiap ada kesalahan, maka eksekusi program tidak akan dihentikan secara tiba tiba, tetapi akan diteruskan ke baris program yang terdapat script penanganan kesalahan.

3. Response Time

Response Time merupakan waktu tanggap yg diberikan oleh interface ketika user mengirim permintaaan ke komputer. Semakin cepat waktu respon maka semakin baik, pada umumnya respon yang lebih dari 14 detik akan membuat perhatian user terpecah pada aktifitas lainnya, waktu tanggap yang kurang dari 2 detik dianggap cukup memadai.

What are 'standard' ping response times? - Quora

4. Direct Manipulation

Direct Manipulation merupakan penyajian langsung dari suatu aktifitas dalam sebuah sistem kepada user, sehingga aktifitas akan langsung dikerjakan oleh komputer ketika mendapatkan instruksi langsung dari user.

5. User Documentation

User Documentation merupakan dokumentasi dari suatu produk atau service yang disediakan untuk end users. User Documentation di desain untuk membantu end users dalam menggunakan suatu produk/service.

Jenis User documentation :

  • User documentation Fisik
  • User documentation Non-Fisik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar