Penggunaan internet dalam media alat transportasi

Pengunaan Internet Bagi Masyarkat

dalam media alat transportasi

normal_fakultas_ilmu_komputer

Transportasi umum adalah alat transportasi yang disediakan untuk masyarakat untuk memenuhi kebutuhan transportasi mereka sehari-hari. Terutama pada kota Jakarta, terdapat banyak jenis transportasi umum seperti bus besar maupun bus kecil, kereta api, bajaj, dan lain-lain. Dengan menggunakan transportasi umum, banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat. Masyarakat tentunya tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian dan juga menghemat ongkos yang dikeluarkan. Jakarta Pusat merupakan kota administrasi kota Jakarta. Sebagai kota administrasi, Jakarta Pusat memiliki tingkat kesibukan yang tinggi dengan tingkat kepadatan 19.000 orang per kilometer persegi (thejakartaglobe.com, 2013). Waktu dipertaruhkan dalam perjalanan menggunakan transportasi umum, karena itu dibutuhkan sejumlah alat transportasi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas di Jakarta Pusat. Intensitas penggunaan kendaraan pribadi jauh lebih banyak dibandingkan transportasi umum. Jumlah kendaraan bermotor di Jakarta mencapai 9 juta unit, didominasi oleh sepeda motor (6,6 juta unit), mobil pribadi (2,1 juta unit), angkutan umum dan truk (300 ribu unit) (jurnas.com, 2012). Salah satu penyebab timpangnya penggunaan kendaraan pribadi dengan transportasi umum adalah kebingungan masyarakat dalam mencari jalur 2 yang dilalui angkutan umum yang efektif dalam mencapai tujuan dikarenakan kurangnya informasi mengenai trayek angkutan umum yang begitu banyak, khususnya bagi warga luar Jakarta yang berkunjung ke kota Jakarta (pkpp.ristek.go.id, 2012). Orang yang tidak tahu hal-hal diatas cenderung tidak memilih untuk menggunakan transportasi umum. Aplikasi yang dikembangkan dapat menentukan rute transportasi umum di Jakarta Pusat serta informasi transit, tarif, dan estimasi jarak yang dibutuhkan. Aplikasi penentuan rute yang dikembangkan ini berjalan di platform Android sebagai native application. Platform Android digunakan karena menurut IDC, pada kuartal 1 tahun 2012, Android menguasai pangsa pasar smartphone sebanyak 59% (tekno.kompas.com, 2012). Banyak aplikasi yang menggunakan web based application, namun faktor efisiensi waktu menentukan seberapa lama aplikasi dapat memberikan informasi dengan cepat dan efisien. Pada native application, pengguna hanya perlu menjalankan aplikasi pada smartphone. Sedangkan pada web based application, pengguna harus membuka browser dan mengetik alamat URL.

 

Luas Jakarta yang hanya 661,52 kilometer persegi dihuni oleh 8,36 juta jiwa pada tahun 2000 sehingga kepadatannya mencapai 12.756 jiwa/km2 menjadikan Jakarta sebagai salah satu kota terpadat di dunia (Yandri, 2008) dan jumlah itu terus meningkat hingga 9.607.787 jiwa PENYEDIAAN DAN PEMANFAATAN LAYANAN SISTEM INFORMASI TRANSPORTASI BERBASIS INTERNET DI KOTA JAKARTA SILVIA SHELLY ADELINA Universitas Gadjah Mada, 2015 | Diunduh dari http://etd.repository.ugm.ac.id/ 3 (sensus penduduk tahun 2010). Perkembangan Jakarta dan kota-kota di sekitarnya seperti Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi atau yang lebih sering dikenal dengan JABODETABEK dikatakan sebagai monocentric pattern yang menempatkan Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis. Tidak hanya itu, perannya sebagai Ibukota Negara Indonesia juga menjadikan Jakarta sebagai pusat pemerintahan. Hal tersebut merupakan daya tarik kuat yang dapat menyebabkan terjadinya urbanisasi dari berbagai daerah di Indonesia. Jakarta, dengan penduduknya yang sangat padat mempunyai permasalahan yang cukup berat berkaitan dengan transportasi (Sakti, 2008). Kemacetan di Jakarta tidak hanya terjadi di pusat-pusat kota tetapi sudah semakin meluas ke daerah-daerah pinggiran, tidak lagi hanya di jalan-jalan utama tetapi sudah meluas hingga ke jalan-jalan kecil, bahkan jalan di kawasan perumahan. Salah satu penyebab kemacetan adalah sebagian besar warga Jakarta bertempat tinggal di luar kota atau di daerah penyangga sehingga waktu tempuh yang dibutuhkan dari tempat tinggal menuju ke pusat ekonomi dan bisnis ± 1-2 jam. Pelayanan transportasi yang kurang memadai dari segi fasilitas pelayanan dan keamanan serta ketidaknyamanan dalam menggunakan jasa angkutan umum mengakibatkan semakin meningkatnya pemakaian kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, yang akhirnya memperparah kemacetan. Guna mengatasi persoalan kemacetan lalu lintas tersebut, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah salah satunya adalah dengan menerapkan program smart transportation. Melalui smart transportation, berbagai macam data dan informasi yang ada di seluruh wilayah Jakarta dapat dikumpulkan melalui sensor-sensor yang terpasang di setiap sudut kota yang kemudian akan dianalisis menggunakan aplikasi yang cerdas dan dapat disajikan sesuai kebutuhan pengguna melalui aplikasi yang dapat diakses menggunakan berbagai jenis gadget melalui fasilitas internet. Internet di kota besar seperti Jakarta merupakan kebutuhan wajib guna mendukung aktivitas sehari-hari penduduknya seperti untuk belajar, bekerja atau hiburan. Saat ini sebagian besar penduduk ibukota memiliki jaringan PENYEDIAAN DAN PEMANFAATAN LAYANAN SISTEM INFORMASI TRANSPORTASI BERBASIS INTERNET DI KOTA JAKARTA SILVIA SHELLY ADELINA Universitas Gadjah Mada, 2015 | Diunduh dari http://etd.repository.ugm.ac.id/ 4 internet dalam peralatan elektronik atau gadget yang mereka miliki, bahkan tak jarang satu orang memiliki dua atau lebih perangkat komunikasi yang terkoneksi dengan internet. Internet mampu memudahkan seseorang dalam memperoleh informasi dan berita secara mudah dan cepat. Pengguna internet juga dapat perpartisipasi aktif sebagai sumber data dengan mengirim informasi ke pusat data melalui gadget atau smart phone yang mereka miliki untuk kemudian diolah dan disajikan kepada pengguna lainnya. Sarana berbagi informasi lalu lintas ini disebut juga sebagai sistem informasi transpotasi. Informasi yang dapat diperoleh untuk memantau kondisi lalulintas Jakarta antara lain kecepatan rata-rata yang dapat ditempuh, gambar (foto maupun video), kondisi cuaca, dan bahkan dapat mengetahui lokasi aksi demonstrasi, kriminalitas, ketersediaan parkir dan lain sebagainya. Pengguna dapat saling bertukar informasi dan atau rekomendasi rute alternatif yang lebih baik atau menggunakan moda transportasi lain seperti kereta atau Trans Jakarta. Berdasarkan permasalahan diatas dapat diuraikan beberapa rumusan masalah, yaitu :

  1. Sistem informasi transportasi berbasis internet apa saja yang disediakan oleh pemerintah Kota Jakarta bagi penduduknya?
  2. Bagaimana masyarakat memanfaatkan keberadaan sistem informasi transportasi tersebut?

 

 

  1. Mengenal Apa Itu Grab

Mengawali pembahasan sejarah grab, pendiri grab, dan call center grab tentu kita harus mengenal apa itu grab. Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi penyediaan transportasi adalah perusahaan yang mulanya didirikan di Malaysia. Perusahaan ini sudah terkenal dan menjadi platform pilihan utama bagi masyarakat di regional Asia Tenggara.  Perusahaan berbasis online ini menawarkan penyediaan kendaraan roda dua dan empat.

Call center penumpang Grab

Sejarah grab di Indonesia di mulai tahun 2014 dengan mendirikan anak perusahaan P.T. Grab Indonesia. Dengan ketenaran dan nama besar, perusahaan ini berhasil menggaet pengemudi atau driver sebanyak 5 juta di tahun 2017. Apalagi sejak adanya aplikasi grab, calon pengguna dengan mudah menggunakan layanan ini untuk menjangkau tempat kerja, sekolah, cafe, ataupun tempat lain.

Sejarah Grab, Pendiri Grab, dan Call Center Grab

Setelah mengetahui sedikit apa itu grab melalui informasi diatas, ada baiknya masyarkat atau pengguna setia mengenal sejarah perusahaan daring trnsportasi grab. Permulaan grab didorong dengan kemudahan untuk mengakses dan menjelajah dunia internet. Selain itu, perkembangan smartphone turut memiliki andil besar dalam memajukan grab itu sendiri. Perusahaan start up juga dituntut untuk bisa mengembangkan fitur terbaik dan memberikan rasa nyaman kepada penggunanya.

Baca juga  Daftar Grab Bayar Berapa? Biaya Bisa Gratis!

Perusahaan start up juga tidak langsung muncul dan menjelma menjadi start up raksasa dunia. Siapa sangka bahwa perusahaan ini ide mulanya muncul dari kontes atau kompetisi bisnis pada tahun 2012 dengan kontes Harvard Businessman School. Secara mengejutkan, Grab bukanlah pemenang ada kontes tersebut. Perusahaan ini hanya memiliki predikat sebagai finalis. Jadi, bagi pembaca yang memiliki ide bisnis, jangan takut untuk mulai mengekespresikan ide kaliaan dan mengikuti kompetisi bisnis. Siapa tau dari situ, bisnis kaliaan bisa menjelma menjadi sebesar Grab.

  1. Pendiri Grab

Sebuah perusahaan tidak akan bisa berdiri secara instan tanpa ada orang atau dua orag yang mempeloporinya. Hal ini juga berlaku di perusahan start up grab. Siapa pendiri grab menjadi lanjutan ulasan seputar sejarah grab, pendiri grab, dan call center grab. Apakah pembaca asing dengan nama Anthony Tan dan Hook Ling Tan? Nama ini terasa asing, namun siapa sangka dua nama itulah pendiri dan penggagas perusahaan start up terkenal didunia Grab.

Siapa pendiri Grab

Anthony Tan adaah orang yang pertama kali memiliki ide untuk mendirikan perusahaan Grab. Tan saat itu memiliki kerasahaan tentang sistem transportasi yang ada di negaranya Malaysia. Dia berusaha untuk melahirkan sesuatu yang bisa membenahi sistem transportasi yang ada. Maka muncullah ide untuk membuat sistem transportasi yang mudah dan tidak ribet.

Saat itu juga dia mulai mengajak rekannya, Hook Ling Tin untuk mengembangkan aplikasi untuk memudahkan masyarakat menggunakan jasa transportasi. Setahun berikutnya, kedua pria tersebut mengikut sertakan ide mereka ada ajang kompetisi bernama Harvard Businessman School dan menjadi finalis pada ajang tersebut. Sejak saat itu, kedia pria Malaysia keturunan Tiongkok ini mengembangkan bisnis. Pada mulanya, Grab erhasil menguasai pasar Malaysia dan dalam tiga tahun, Grab berhasil mengembangkan pasar di Indonesia, Singapura dan Thiland dan sampai akhir tahun 2018, Grab sudah berhasil mengepakkan bisnis di hampir semua negara Asia Tenggara.

Baca juga  Ini Rahasia Grab Gacor Murni Memberi Keuntungan Lebih

Cakupan Layanan Grab

Pada dasarnya, grab adalah saah satu layanan transportasi yang melayani antar dan jemput penumpang dari satu tempat atau titik ke titik lainnya secara mudah. Tetapi saat ini grab sudah berkembang dan menghadirkan beberapa cakupan layanan bisnis di Indonesia. Berikut cakupan layanan bisnis yang ada

Sejarah Grab Indonesia

Grab Car: Fitur ini adalah layanan utama yang diatwarkan sejak start up ini diluncurkan pertama kali. Calon pengguna bisa merasakan kenyamanan untuk berpindah dari satu tempat ke temat lain secara mudah menggunakan mobil.

Grab Bike: Ingin melawan kemacetan? Atau sedang dikejar waktu? Grab memberikan solusi dengan menghadirkan fitur layanan grab bike. Pengguna juga akan diberi kemudahan karena mereka tidak perlu membawa helm dan menunggu waktu lama. Menariknya lagi, pengguna akan diberikan tarif yang sudah ditentukan dan tidak ada tarif baru yang harus dibayarkan.

Grab Food: Malas untuk pergi mencari makan karena hujan? Dikejar deadline dan tidak ada waktu untuk pergi makan? Grab memberikan kemudahan kepada pengguna dengan memberikan layanan antar makanan.

Grab Express: Apakah ada dianatar pemabaca yang memiliki bisnis online dan sering mengantar barang dalam satu kota? Grab express memberikan kemudahan kepada masyarkat untuk mengirimkan barang secara cepat dan tepat dengan fitur layanan grab express.

 

 

 

Kesimpulan

Adanya apk grab seperti ini membuat kita semakin mudah  melakukan berbagai aktivitas seperti:

  • Kita tidak perlu lagi keluar cari makan, kita hanya perlu pesan lewat grab food, lalu makanan itu akan dikirim oleh driver grab foodnya
  • Kita tidak perlu lagi ribet membayar listrik di tempat pembayaran listrik, kita hanya cukup membayar lewat grab

 

 

Saran

Ojek online merupakan inovasi yang sangat revolusioner, terutama di indonesia. Penggunaan ojek online membawa perubahan yang cukup besar di indonesia karena tidak terbatas hanya untuk mengantar orang saja, namun juga makanan dan dokumen

Kami berharap grab memberikan pelayanan yang lebih baik karena ojek online sangatlah membantu kepentingan banyak orang

 

Daftar Pustaka

file:///C:/Users/windows10/Downloads/S1-2015-302094-introduction%20(3).pdf

http://mutiagustin.blogspot.com/2017/11/my-homework-melakukan-analisa-terhadap.html

https://www.academia.edu/36255644/TUGAS_SISTEM_INFORMASI_MANAJEMEN_MAKALAH_BISNIS_ONLINE_GRAB_BIKE_NAMA_NIM